Pemerintah India akan Mengeluarkan Strategi Blockchain Nasional

Pasang Iklan Disini

Pemerintah India sedang mengerjakan strategi blockchain nasional untuk memperluas adopsi teknologi di negara tersebut.

Seperti yang dilaporkan oleh India Times pada 27 November, Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India (MeitY) mengatakan bahwa mereka mengakui potensi teknologi blockchain dan kebutuhan untuk pengembangan infrastruktur bersama untuk melaksanakan kasus penggunaan terkait. Kementerian menambahkan bahwa mereka sedang mengerjakan “Kerangka Kerja Blockchain Tingkat Nasional.”

Menteri Negara untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia, Komunikasi dan Elektronika dan TI, Sanjay Dhotre, mencatat adanya kemampuan dan potensi blockchain di sektor-sektor seperti tata kelola, perbankan, keuangan, dan keamanan siber.

Sebelumnya, negara bagian Tamil Nadu di India sedang mengerjakan kebijakan tingkat negara bagian untuk teknologi blockchain dan kecerdasan buatan (AI). Kebijakan blockchain dan AI Tamil Nadu diharapkan untuk menetapkan aturan dasar tentang bagaimana pemerintah negara bagian dapat menerapkan teknologi yang muncul untuk pemberian layanan dan menyelesaikan masalah tata kelola.

Awal tahun ini, negara bagian Telangana di India Selatan juga mengeluarkan rancangan inisiatif kebijakan blockchain, yang bertujuan untuk membangun ekosistem bagi startup dan lembaga penelitian blockchain. Inisiatif ini dilaporkan memiliki fokus khusus pada proyek yang bekerja untuk mengembangkan aplikasi blockchain untuk sektor perbankan dan keuangan, farmasi, logistik, dan solusi untuk sektor pemerintah.

Sementara negara ini mungkin pro-blockchain, sikapnya terhadap cryptocurrency jelas-jelas berbeda.

Pada bulan Juli lalu, pemerintah negara ini mengusulkan rancangan undang-undang yang berjudul “Larangan Cryptocurrency & Peraturan Mata Uang Digital Resmi,” yang dimaksudkan untuk tidak hanya memberlakukan larangan lengkap tentang penggunaan crypto di India tetapi juga untuk memperkenalkan “Rupee Digital” yang dikeluarkan oleh bank sentral negara itu, Reserve Bank of India.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *