Pemerintah Akan Tingkatkan TKDN Laptop, Ini Kata Produsen Lokal

Daftar Indodax

Jakarta, Wikimedan Pemerintah Akan Tingkatkan TKDN Laptop, Ini Kata Produsen Lokal. Produk laptop memiliki potensi permintaan yang besar di dalam negeri bila melihat jumlah penduduk Indonesia. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) terus mengimbau dan mengajak semua pihak untuk memprioritaskan produk dalam negeri dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk mendorong penggunaan produksi laptop dalam negeri serta memacu merek global berinvestasi di Indonesia, pemerintah akan memberlakukan kebijakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN)

Kemenperin mencatat, saat ini tedapat lima produsen perakitan laptop di dalam negeri, yaitu PT. Zyrexindo Mandiri Buana (Zyrex),  PT. Tera Data Indonusa (Axioo),  PT. Supertone (SPC), PT. Evercoss Technology Indonesia (Evercoss), dan PT. Bangga Teknologi Indonesia, (Advan).

Timothy Siddik, Direktur Utama, Zyrex saat acara menjelaskan Zyrex turut serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pemakaian produk dalam negeri dengan memperbanyak TKDN hingga 44,59%.

Dikatakan Timothy Siddik, pihaknya berupaya menyambut dukungan pemerintah terhadap pemakaian produk dalam negeri. Menurutnya dengan peningkatan TKDN, akan tercipta ekosistem serta meningkatkan penggunaan komponen lokal, sehingga membuka peluang untuk produksi di dalam negeri.

“Kami sebagai produsen komputer dan laptop lokal sudah berupaya untuk meningkatkan nilai Tingkat TKDN dan mendukung pemerintah untuk meningatkan TKDN, itu memang keinginan kami, jadi pabrik komponen bisa buka di sini nanti tentu produksi laptop harus mencapai 102 juta dulu di dalam negeri, itu hal yang tak mustahil sehingga kalau ke depan TKDN harus 60% akan gampang,” katanya, dalam acara Google For Education yang digelar secara virtual, (03/08/2021).

Saiful Anuar, Senior VP Government & Corporate PT Tera Data Indonusa mengatakan saat ini TKDB ditambah BMP produk laptop Axioo juga sudah di atas 40% mengikuti ketentun pemerintah. Bagi perseroan kebijakan TKDN akan mudah dipenuhi mengingat produksi sudah dilakukan di Jakarta.

Budi Kartiko Head of Marketing Advan menambahkan, saat ini, pemerintah sedang berupaya agar TKDN pada produk teknologi lokal meningkat dengan merancang tata cara perhitungan TKDN produk elektronika dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 22/2020.

Hal itu guna memenuhi Peraturan Pemerintah Nomor 29/2018 Tentang Pemberdayaan Industri menyatakan bahwa produk yang telah mencapai nilai 40% dari penjumlahan nilai TKDN dan BMP sebesar 40% dengan nilai TKDN minimal 25%, wajib digunakan di dalam negeri.

Program laptop Chromebook

Sebagai informasi, Google Indonesia menggelar launching program laptop Chromebook Made in Indonesia. Merupakan program kolaborasi yang terintegerasi baik dari pihak Google, Produsen dan Lini Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, dimana tak hanya melibatkan produsen lokal dalam memproduksi laptop, tetapi juga akan menyerap SDM lokal, yaitu dari para siswa SMK tanah air.

Selain itu juga program ini akan menegakan pilar perekonominian nasional. Laptop Chromebook selain digunakan untuk pendidikan di Indonesia, juga potensial untuk di ekspor. Nantinya akan ada ratusan hingga ribuan laptop Chromebook yang diproduksi oleh keenam produsen lokal tersebut pada tahun 2022 mendatang.

Dan Zyrex salah satunya, dengan OS Chromebook yang ringan, spesifikasi yang dibutuhkan pun lebih rendah, namun tetap memberikan performa yang optimal. Sehingga diharapkan dapat hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan dapat dinikmati oleh pelajar dari seluruh lapisan masyarakat.

Laptop tersebut hanya bisa dibeli di e-katalog yang ada di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Terutama, laptop “lokal” yang sudah memiliki kandungan TKDN.

Adapun persyaratan spesifikasi dari laptop Chromebook Made in Indonesia ini yaitu memiliki layar 11,6 inci 1366×768, prosesor Dual Core 1,1GHz Cache 1MB (Intel Celeron N4020), RAM 4GB LPDDR4, dan Storage 32GB eMMC.

Berikut laptop Chromebook
• ZYREX CHROMEBOOK M432
• ZYREX CHROMEBOOK 360-1
• ZYREX CHROMEBOOK M432-1
ChromeBook Axioo:
• AXIOO CHROMEBOOK+HDMI
• AXIOO CHROMEBOOK
• AXIOO CHROMEBOOK 360
ChromeBook Evercoss:
• EVERCOSS CHROMEBOOK (CB1)
• EVERCOSS CHROMEBOOK (CB1A)
Chromebook SPC:
• SPC CHROMEBOOK X1 TOUCH
• SPC CHROMEBOOK X1 MINI
ChromeBook Advan:
• ADVAN CHROMEBOOK 116

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *