Pabrik Tembaga Raksasa Kebanggaan Jokowi Beroperasi di 2024

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Pabrik Tembaga Raksasa Kebanggaan Jokowi Beroperasi di 2024. PT Freeport Indonesia (PTFI) memastikan proyek fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga yang berada di Gresik Jawa Timur dapat beroperasi pada 2024 mendatang. Adapun pembangunan proyek di akhir 2022 ditargetkan dapat mencapai 50%.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas berharap progres pembangunan proyek smelter dapat mencapai 50% di penghujung akhir tahun ini. Dengan demikian, proyek tersebut dapat beroperasi pada 2024.

“Progres sekarang sudah per akhir November sudah 47,4% diharapkan akhir tahun ini 10 hari lagi itu bisa mencapai 50%. Dan di akhir 2023 ini physical construction mechanical completion sudah selesai tinggal kita commissioning hingga Mei 2024 sudah mulai berproduksi,” kata Tony dalam acara Mining Zone CNBC Indonesia, dikutip Selasa (27/12/2022).

Lebih lanjut, Tony mengungkapkan bahwa PTFI sendiri sebetulnya sudah memiliki satu smelter yakni PT Smelting Gresik dengan kepemilikan saham 40%. Bahkan perusahaan berencana untuk meningkatkan porsi kepemilikan saham menjadi 66%.

Hal tersebut dapat dilakukan setelah ekspansi selesai. Adapun biaya ekspansi tersebut nantinya akan dikonversi menjadi saham. “Kira-kira nantinya akan menjadi 66%, setelah ekspansi selesai dan biaya ekspansi yang kita biayai itu akan dikonversi menjadi saham,” katanya.

Seperti diketahui, proyek smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur ini resmi dimulai pembangunannya pada 12 Oktober 2021 dan disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Presiden bahkan tak segan mengungkapkan kebanggaannya. Dia mengatakan, ini merupakan proyek smelter single line terbesar di dunia. “Kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, terbesar di dunia,” kata Jokowi saat acara groundbreaking smelter, Selasa (12/10/2021).

“Bayangkan 1,7 juta ton. Kalau dinaikkan truk, yang kecil itu, biasanya bisa angkut 3-4 ton. Jadi berapa truk yang akan berjejer di sini? Kalau tiga ton satu truk kecil, berarti ada 600 ribu truk berjejer di sini. Ini gede sekali,” ungkapnya.

Jokowi berharap, kehadiran pabrik smelter Freeport dapat menjadi daya industri lain untuk masuk ke dalam KEK Gresik, khususnya industri tembaga dan turunannya. “Pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh, dan menjaga iklim investasi semakin baik,” tegasnya

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *