Mirip Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Realme U1 dan Realme 3

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha – Diperbaharui 27 Maret 2019

Ada banyak kisah vendor yang menghadirkan ponsel dengan tipe berbeda tetapi memiliki spesifkasi yang hampir sama. Malah kadang, ponsel suatu vendor yang hadir di generasi tahun ini tidak terlalu jauh dengan generasi tahun lalu. Umumnya, vendor hanya memperbarui penampilan atau hanya sekadar melakukan upgrade minior saja. Contoh paling nyata adalah Redmi Note 6 Pro yang tidak terlalu jauh berbeda dengan Redmi Note 5.

Vendor lain juga melakukan hal serupa, Realme contohnya. Merek yang merupakan “anak perusahaan terpisah dari Oppo” ini menghadirkan dua ponsel yang peluncurannya tidak terlalu jauh tetapi memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Kedua ponsel tersebut adalah Realme U1 dan Realme 3.

Jika desain Realme 2 dan Realme 2 Pro sedikit mirip, itu adalah hal yang wajar karena dihadirkan berbarengan. Beda kasus dengan Realme U1 dan Realme 3 yang perbedaan peluncurannya hanya 3 bulan saja. Dan kedua ponsel tersebut justru hadir dengan spesifikasi yang hampir mirip. Tetapi sesuai dengan judul yang mirip atau serupa tidaklah selalu sama, seperti Realme U1 dan Realme 3 yang memiliki 7 perbedaan berikut ini.

Spesifikasi Realme U1

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 3

  • Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)

  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB

  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP

  • Kisaran Harga: Rp 2.399.000

Spesifikasi selengkanya…

1. Bodi dan Layar yang Beda

Realme U1 vs Realme 3

Realme U1 hadir dengan desain bodi yang menarik dengan tampilan bodi belakang yang “kekaca-kacaan.” Hal serupa juga terlihat dari tampilan desain bodi Realme 3 yang memang juga hadir dengan gradasi warna yang menarik. Hanya perlu diingat, bodi Realme 3 ini adalah bodi plastik.

Realme 3 memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Bobotnya adalah 175 gram sementara Realme U1 memiliki bobot 168 gram. Meski memiliki bobot yang ringan, Realme U1 ternyata hadir dengan dimensi layar yang lebih panjang yakni 6,3 inci. Sementara Realme 3 hadir dengan dimensi 6,22 inci.

Perbedaan 0,1 inci jelas tidak terlalu berpengaruh karena jika disandingkan, kedua ponsel memang tampak mirip. Terlebih layar pada Realme U1 dan Realme 3 sama-sama hadir dengan notch kecil di bagian tengah, tempat kamera depan berada. Selain itu, layar kedua ponsel sama-sama dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Baik Realme 3 maupun Realme U1, keduanya sama-sama hadir dengan rasio layar 19,5:9. Bedanya, Realme 3 hadir dengan resolusi 720 x 1520 piksel dan memiliki kerapatan layar 270 ppi sementara Realme U1 hadir dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan kerapatan layar 409 ppi.

2. Chipset Berbeda Tetapi Performa Tidak Beda Jauh

MediaTek Helio P70 vs Helio P60

Realme U1 dan Realme 3 sama-sama hadir dengan chipset Mediatek. Perbedaanya, Realme U1 hadir dengan chipset Helio P70 (12 nm) sementara Realme 3 hadir chipset Helio P60 (12 nm). Berdasarkan angka chipset, jelas chipset Realme U1 lebih unggul karena hadir dengan prosesor yang lebih baik.

Realme U1 hadir dengan prosesor 4x 2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53 dan dukungan GPU Mali-G27 MP3. Realme 3 yang datang dengan Helio P60 menawarkan prosesor octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dengan GPU GPU Mali-G27 MP3.

Chipset yang ada pada Realme U1 dan Realme 3 memang berbeda tipe seri. Namun untuk performa, meskipun Helio P70 sedikit lebih baik tetapi Helio P60 juga tidak terlalu buruk. Bahkan, performanya cenderung hampir sama. Hal ini dapat dilihat dari nilai Antutu Realme 3 yang mencapai 137 ribuan sementara nilai Antutu Realme U1 ada di angka 144 ribuan.

Berdasarkan data tersebut, terlihat kalau secara performa, Helio P60 yang ada di Realme 3 tidak berbeda jauh dengan Helio P70 di Realme U1. Selisih performanya cukup dekat sehingga memang klaim perbedaan performa tidak terlalu jauh memang benar adanya.

3. Sensor Kamera Belakang Sama dengan Detail Berbeda

[block]7[/block]

Realme U1 dan Realme 3 hadir dengan kamera belakang yang sama. Kedua ponsel ini hadir dengan kombinasi kamera belakang 13 MP + 2 MP. Kamera 2 MP di kedua ponsel tersebut berfungsi sebagai depth sensor alias untuk memberikan fungsi bokeh.

Kedua kamera ini juga sama-sama mendukung LED flash dan HDR. Sayangnya, Realme 3 tidak mendukung panorama sementara Realme U1, kamera belakangnya mendukung panorama. Meski tidak mendukung panorama, Realme 3 mendukung fitur PDAF sementara Realme U1 tidak mendukung fitur ini. Untuk video, kedua kamera menawarkan kamera dengan kemampuan merekam video sampai 1080p.

Perbedaan cukup kentara di antara kedua ponsel ini adalah bukaannya. Kamerea 13 MP pada Realme U1 memiliki bukaan f/2.2 sementara kamera belakang Realme 3 hadir dengan bukaan f/1.8. Hal ini jelas membuat hasil tangkapan kamera Realme 3 sedikit lebih baik karena memiliki bukaan yang lebih besar.

Oh ya, satu perbedaan mencolok di kamera belakang kedua ponsel ini adalah posisinya. Realme U1 hadir dengan desain kamera berbentuk horizontal dengan lampu flash di luar lingkaran dua kamera belakang. Sementara Realme 3 hadir dengan kamera belakang horizontal dengan lampu flash di bagian lingkaran, menyatu dengan kedua kameranya.

4. Perbedaan Kamera Depan Cukup Signifikan

Realme-U1-review_-11

* sumber: www.smartprix.com

Baik Realme 3 maupun Realme U1, keduanya hadir dengan kamera depan yang hadir di bagian notch kecil. Kameranya ini hadir dengan fitur mendukung HDR dan rekaman video 1080p 30 fps. Kedua kamera ini juga memiliki bukaan yang sama, yakni f/2.0.

urcdkey

Meskipun secara spesifikasi, kedua sektor kameranya sama, Realme 3 hadir dengan ukuran sensor yang berbeda dengan Realme U1. Realme 3 hadir dengan kamera depan 13 MP sementara Realme U1 hadir dengan kamera depan 25 MP. Sensor kamera depan yang besar, jelas membuat tangkapan kamera depan Realme U1 lebih baik jika dibandingkan Realme 3.

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Baterai Realme 3

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti gambar di atas, Realme 3 ternyata memiliki ketahanan baterai sampai 108 jam. Kemampuan baterainya bisa melakukan panggilan 3G sampai 37 jam, internetan sampai 15 25 menit, dan memutar video dengan waktu 13 jam 31 menit. Rating yang didapatkan ini tergolong bagus.

Sebenarnya, ketahanan baterai Realme 3 cukup wajar. Hal ini karena Realme 3 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.320 mAh. Bandingkan dengan Realme U1 yang hanya memiliki baterai berkapasitas 3.500 mAh. Berdasarkan pengujian dari GSMArena, menunjukan kalau angka yang didapatkan Realme 3 seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

realmeu1 batt

* sumber: www.gsmarena.com

Dari sisi daya tahan baterai, jelas Realme 3 unggul lebih baik. Namun, baik Realme 3 maupun Realme U1, keduanya ternyata sama-sama mendukung pengisian cepat. Teknologi pengisian cepat yang dimiliki kedua ponsel ini adalah fast charging 10w.

6. Versi OS Android yang Berbeda

realmeu1

* sumber: www.smartprix.com

Realme 3 karena datang lebih baru, jelas sistem operasi yang dimilikinya lebihh baru. Realme 3 ini hadir dengan ColorOS 6 yang berbasis OS Android 9.0 Pie. Sementara Realme U1 pertama kali hadir datang dengan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1. Namun, tampaknya ColorOS yang ada di Realme U1 bisa saja mendapat pembaruaan kedepannya. Khusus untuk tipe Androidnya, belum ada informasi apakah bakal dapat update atau tidak.

7. Varian RAM Sama Selisih Harga Dekat

Harga Realme U1 vs Harga Realme 3

Realme U1 dan Realme 3 hadir di kelas harga yang sama, yakni di renang harga Rp2 jutaan. Kedua ponsel ini juga memiliki selisih harga yang berbeda, seperti terlihat pada gambar di atas. Realme U1 varian RAM 4 GB ternyata memiliki selisih harga sampai Rp300 ribu dengan Realme 3 RAM 4 GB. Perbedaan harga juga tidak terlalu jauh untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB untuk kedua ponsel tersebut.

Harga yang tidak terlalu jauh ini jelas akan membingungkan orang. Terlebih karena kedua ponsel memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Namun, dari angka sudah jelas jika Realme U1 sedikit lebih mahal. Faktor chipset dan juga sensor kamera depan yang lebih baik tentu jadi alasan mengapa Realme U1 sedikit lebih mahal.

Simpulan

Meskipun memiliki desain yang hampir mirip, jeroan Realme U1 dan Realme 3 sedikit berbeda.  Berdasarkan spesifikasi yang ditawarkannya, Realme U1 lebih cocok untuk yang suka ponsel dengan kamera depan baik dan performa yang cukup unggul di kelas harganya. Sementara Realme 3 ditujukan untuk yang butuh ponsel murah dengan kemampuan fotografi yang baik dan juga daya tahan baterai yang lama.

Tertarik dengan Realme U1 dan Realme 3? Jika tertarik dengan Realme U1, silakan beli Realme U1 di Bukalapak lewat link ini. Jika tertarik dengan Realme 3, tidak perlu ragu untuk membeli Realme 3 di Bukalapak lewat link ini.

Komentar
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *