Minyak Dilevel Tertinggi Sejak Maret Karena Permintaan Pulih

Minyak naik pada hari Kamis ke level tertinggi sejak Maret, didukung oleh persediaan minyak mentah AS yang lebih rendah, pemangkasan pasokan yang dipimpin OPEC dan pemulihan permintaan karena pemerintah meredakan Lockdown pada pergerakan masyarakat yang diberlakukan karena krisis corona.

Harga minyak mentah telah merosot pada 2020, dengan patokan global Brent mencapai level terendah 21 tahun di bawah $ 16 per barel pada April karena permintaan runtuh.

Dengan meningkatnya penggunaan bahan bakar dan lebih banyak tanda-tanda bahwa kekenyangan pasokan sedang ditangani, Brent telah meningkat lebih dari dua kali lipat.

Minyak mentah Brent LCoc1 untuk Juli naik 76 sen, atau 2,1%, menjadi $ 36,51 per barel pada pukul 12.20 GMT.

Minyak mentah AS West Texas Intermediate CLc1 naik 51 sen, atau 1,5%, menjadi $ 34,00. Kedua tolok ukur berada pada level tertinggi sejak 11 Maret.

Analis Rystad Energy, Paola Rodriguez Masiu, mengatakan:

“Pasokan global telah dibatasi pada tingkat yang besar. Kami berada di jalur yang jelas menuju pemulihan bertahap sekarang.”

Dalam tanda terbaru pelonggaran pasokan, persediaan minyak mentah AS USOILC = ECI turun 5 juta barel minggu lalu. Analis memperkirakan adanya peningkatan. 

Pada saat yang sama, ada bukti pulihnya penggunaan bahan bakar. Maskapai penerbangan easyJet Inggris berencana untuk memulai kembali beberapa penerbangan pada 15 Juni, menunjuk ke permintaan bahan bakar jet yang lebih tinggi.

Pasar minyak mentah fisik, di posisi terendah bersejarah hanya beberapa minggu yang lalu, kini juga meningkat.

“Sekarang sangat jelas bahwa pasar sedang mengetat dan harga minyak mentah rebound karena pengembalian permintaan,” kata analis di JBC Energy.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak, Rusia dan sekutu lainnya, yang dikenal sebagai OPEC +, sepakat untuk memotong pasokan dengan rekor 9,7 juta barel per hari (bph) mulai 1 Mei untuk mendukung pasar.

Sejauh ini pada bulan Mei, OPEC + telah memotong ekspor minyak sekitar 6 juta barel per hari, menurut perusahaan yang melacak arus, menunjukkan awal yang kuat dalam mematuhi kesepakatan. OPEC mengatakan pasar telah merespon dengan baik.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *