Minum Air Es Saat Haid Sebabkan Kista, Mitos atau Fakta?

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Akhir-akhir ini begitu banyak informasi seputar kesehatan di media sosial yang tak semuanya benar. Namun masyarakat terkadang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran. Baru-baru ini terdapat pendapat kalau kebiasaan makan atau minum yang dingin bisa memicu terjadinya kista. Terutama ketika haid. Benarkah kista bisa disebabkan dari makanan atau minuman?

Salah satu contohnya di dalam artikel yang menyebar di media sosial itu ketika seseorang minum air dingin serta es kelapa bisa memicu kista karena mengganggu area dinding rahim.

“Itu mitos. Hoax. Makanan atau minuman seperti es kelapa dan air es enggak ada hubungannya dengan kista,” tegas Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K) dalam konferensi pers baru-baru ini.

menstruasi, periode haid, pantangan haid, mitos atau fakta,
Ilustrasi. Minum air dingin sering dikatakan akan menyebabkan kista. (The Trent)

Selain itu, dr. Bee juga memaparkan beberapa fakta seputar kista. Salah satunya kista bisa menyebabkan seseorang mengalami nyeri. Lalu, operasi kista bisa mengurangi cadangan sel telur. Namun jika kista sudah sangat besar bisa menekan sel telur.

“Kista bisa diatasi dengan terapi. Namun sering bertentangan dengan prpgram kesuburan. Maka kami tanya pasien, targetnya apa nih? Mau hamil sehingga kista dihilangkan, atau hanya mau hilangin nyeri akibat kista?,” jelas dr. Bee.

Masih soal makanan, menurut dr. Bee ada ekstrak bunga mahkota dewa yang sudah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada pengidap kista. Lalu obat pereda nyeri lainnya yang biasa digunakan misalnya Paracetamol.

“Namun obat pereda nyeri misalnya saat haid atau nyeri lainnya, efek sampingnya biasanya bukan gimana-gimana, tetapi bisa berdampak pada masalah lambung. Selebihnya tak masalah,” ujarnya.

(ika/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *