Menteri Keuangan Perancis Memperingatkan, Dia ‘Tidak Bisa Menanggapi’ Libra Facebook

Pasang Iklan Disini

Menteri ekonomi dan keuangan Perancis telah mengulang kritiknya terhadap mata uang digital Facebook, Libra, dengan mengatakan ia tidak bisa membiarkan keberadaannya.
Dalam sebuah opini untuk Financial Times pada 17 Oktober, Bruno Le Maire mengklaim Libra akan mengambil alih kekuasaan atas mata uang dari pemerintah nasional.
Komentarnya menggemakan reservasi serupa dari menteri keuangan Jerman, Olaf Scholz, awal bulan ini. Le Maire menulis:

“Saya tidak bisa menyetujui salah satu alat paling kuat dari negara berdaulat, kebijakan moneter, berada di bawah kewenangan entitas yang tidak tunduk pada kontrol demokratis.”

Perancis telah mengambil sikap garis keras terhadap Libra, yang terus menghadapi tekanan dari pemerintah di seluruh dunia.
Sebelumnya, Le Maire mengumumkan bahwa Perancis sebagai yurisdiksi yang tidak dapat mengizinkan pengembangannya, karena risiko yang dirasakan terkait dengan struktur keuangan Uni Eropa ada di antara masalah lainnya. 
Facebook, logikanya, tidak bisa mendapatkan kepercayaan yang sama dengan sistem keuangan tradisional pemerintah dan bank sentral. Le Maire menyimpulkan:

“Posisi Perancis jelas: kami ingin inovasi keuangan untuk menghormati kedaulatan negara. Baik kedaulatan politik maupun moneter tidak dapat dibagi dengan kepentingan pribadi.”

Disisi lain, sebelumnya, Dewan Federal Swiss terus mengawasi proyek-proyek stablecoin global dan kemungkinan peluang serta tantangannya.
Dalam rilis berita pada 16 Oktober, Dewan Federal Swiss menyatakan bahwa mereka baru-baru ini diberitahu tentang “peluang dan tantangan saat ini terkait dengan stablecoin” dan bahwa Swiss akan terus memantau perkembangan teknologi digital baru, seperti blockchain dan teknologi buku besar yang didistribusikan.
Dewan Federal menyatakan bahwa, sementara negara Eropa yang bergunung-gunung itu umumnya dipandang sangat ramah terhadap kripto dan “terbuka terhadap pendekatan inovatif di pasar keuangan,” tetap berkomitmen untuk menangani risiko terkait stablecoin dan cryptocurrency, dengan mengatakan:

“Dewan Federal berkomitmen untuk memastikan bahwa tantangan kebijakan mata uang dan stabilitas, khususnya, ditangani melalui kerjasama internasional antara pemerintah, bank sentral dan otoritas pengawas, dengan penyedia swasta juga termasuk.”

 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *