Mengukur Kekuatan Militer Perancis yang Ternyata Paling Menakutkan se-Eropa

Daftar Indodax

Wikimedan.comPerancis belakangan jadi negara yang paling banyak dibicarakan, tak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga dunia. Penyebabnya tentu seperti yang kita tahu yakni terkait celotehan sang presiden Emmanuel Macron terhadap Islam dan Nabi Muhammad. Beragam protes dari dalam dan luar negeri membanjiri negara menara Eiffel ini.

Terlepas dari segala huru-hara yang sedang ditujukan kepada tetangga Spanyol ini, Perancis adalah negara dengan militer yang kuat. Mereka bisa dibilang jadi yang paling gahar seantero Eropa. Bahkan jika dilihat dari peringkat dunia, mereka ini berada di urutan ke tujuh terkuat, di mana Indonesia sendiri menempati posisi ke 16.

Lalu bagaimana kekuatan militer negara satu ini? Dilansir dari Globalfirepower.com, berikut ulasan menariknya.

Jumlah total tentara aktif

Ilustrasi pasukan elit Perancis [sumber gambar]Dengan pamor terkuat di Eropa, ternyata Perancis jika dilihat dari sisi jumlah tentara ternyata tidak terlalu hebat. Menurut data, negara ini hanya memiliki sekitar 268 ribu tentara aktif. Negara-negara dengan militer tak mentereng seperti Kolombia atau Maroko masih lebih banyak. Namun demikian, tentara Perancis cukup disegani lantaran memiliki jajaran pasukan elite yang punya pamor bagus.

Kekuatan armada darat Perancis komplit

Salah satu tank andalan Perancis [sumber gambar]Beralih ke kekuatan darat, armada-armada yang dimiliki Perancis lumayan lengkap dengan jumlah yang cukup. Dalam artian tidak yang sangat melimpah, tapi juga tak sedikit. Untuk tank mereka memiliki 528 buah, lalu kendaraan lapis baja sekitar 6.028 buah, artileri tarik sebanyak 12 buah, artileri gerak sejumlah 109, serta 13 rocket projector.

Alutsista udara Perancis sangat lengkap

Ilustrasi jet tempur Perancis [sumber gambar]Tak hanya punya mainan lengkap di matra darat, Perancis juga banyak koleksi di alutsista udara. Tercatat negara ini memiliki 269 pesawat tempur, 187 pesawat latih, 45 pesawat misi khusus, 121 pesawat transport, 589 helikopter, serta 62 buah helikopter tempur. Jika digabung semuanya, kekuatan udara Perancis nomor delapan terkuat di dunia.

Kehebatan sesungguhnya Perancis ada di armada lautnya

Salah satu kapal induk Perancis [sumber gambar]Tak hanya mantap di darat dan udara, kekuatan laut Perancis juga tak kalah gahar. Di ranah ini mereka juga memiliki alutsista yang sangat lengkap. Misalnya koleksi empat buah kapal induk, sembilan kapal selam, 11 destroyer, 17 kapal patrol, 11 frigate, dan 17 kapal penyapu ranjau. Untuk jumlah kapal induk sendiri, Perancis urutan kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Untuk urusan jumlah alutsista dan tentara mungkin Perancis bukan yang paling banyak. Tapi ketika semua dikombinasikan negara ini jadi menakutkan. Tak heran kalau kemudian mereka dinobatkan sebagai yang terkuat di Eropa. Kalau menilik sejarah, negara ini memang dikenal dengan cerita masa lalunya sebagai negeri penakluk. Namun, apa pun itu mudah-mudahan kegaduhan yang sedang terjadi sekarang ini, tidak sampai berakhir dengan menurunkan deretan alutsista di atas ya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *