Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS Sense 4 Plus


Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sharp AQUOS Sense 4 Plus – Mengangkat tagline “Maximize The Fun”, Sharp kembali mengumumkan model terbarunya yakni Sharp Aquos Sense4 Plus. Kehadiran Sense4 Plus tentunya disambut hangat oleh para penggemarnya terkhusus gamers, pasalnya produk tersebut mengklaim akan menyuguhkan tampilan gambar yang luar biasa dengan baterai yang tahan lama.

Senada dengan visi yang diusung, Sharp AQUOS Sense4 Plus akan menyokong berbagai aktivitas pengguna dengan kecanggihan teknologinya. Sharp AQUOS Sense4 Plus ini dirilis pada akhir Januari 2021 dengan dipatok harga Rp4,5 juta ke pasaran.

Sebenarnya apa yang membuat produk besutan Jepang ini menarik untuk dilirik? Untuk mengetahui lebih lanjut coba perhatikan dan baca spesifikasi Sharp AQUOS Sense4 Plus di bawah ini:

Spesifikasi Sharp AQUOS Sense4 Plus

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: IPS, 6,7 inci, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD, microSDHC, microSDXC
  • Kamera Belakang: 8 MP + 0,8 MP +  0,8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-po 4.120 mAh, tidak dapat dilepas

Kelebihan Sharp AQUOS Sense4 Plus

Selepas kamu membaca spesifikasi Sharp AQUOS Sense4 Plus, setidaknya kamu mulai menyadari kalau ponsel pintar ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Sharp AQUOS Sense4 Plus memiliki kelebihan dan keunikan yang mesti diulik lebih dalam.

Maka kali ini Wikimedan akan merangkum beberapa poin mengenai kelebihan dari Sharp AQUOS Sense4 Plus yang harus kamu ketahui, terlebih jika kamu ingin memilikinya. Yuk, langsung saja kita bahas satu persatu!

1. Konfigurasi Kamera Tinggi

Meski fokus penawaran dari Sharp AQUOS Sense4 Plus ialah sebagai ponsel gaming kelas menengah, tetapi Sharp berusaha untuk memberikan kualitas yang maksimal dalam urusan kamera baik dari software atau pun hardware-nya.

Hal tersebut bukan omong kosong, ini dibuktikan dengan kehadiran empat lensa pada kawasan kamera utama yakni lensa utama dengan konfigurasi 48 MP, lensa wide 5 MP, lensa makro dan lensa kedalaman yang sama-sama memiliki resolusi 1,9 MP.

Untuk kawasan kamera depan, Sharp AQUOS Sense4 Plus telah menyematkan kamera ganda atau punch hole dengan konfigurasi 8 MP beraparture F/2.0 dan disokong dengan lensa kedalaman 1,9 MP. Dengan konfigurasi yang tinggi ponsel pintar ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang hobi fotografi.

Perlu kamu ketahui kalau lensa kedalaman baik yang ada di kamera depan maupun belakang, mampu meningkatkan dan menciptakan kualitas foto bokeh yang ciamik. Adapun dua fitur menarik yang juga dimiliki Sharp AQUOS Sense4 Plus adalah AI Live Shutter dan AI Live Beauty.

2. Dapur Pacu yang Cepat

Di bagian jeroan, Sharp Aquos Sense 4 Plus mendapatkan dukungan dari Qualcomm Snapdragon 720G Elite Gaming Octa-core dengan fabrikasi 7 nm yang ditempatkan pada motherboard dengan paket grafis Adreno 618. Juga dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, tatkala membuat perangkat anti nge-lag alias lancar dan meningkatkan penggunaan sehari-hari.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga menawarkan fitur menarik yakni Gaming UI yang akan menyuguhkan kenyamanan tanpa batas ketika menjalankan sebuah aplikasi gim. Kehebatan dari fitur ini juga bisa memblokir notifikasi secara otomatis. Lalu, perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan video capture dan quick search, yang tentunya semakin mempermudah aktivitas penggunanya.

3. Bertabur Beragam Sensor

Sharp Aquos Sense4 Plus juga disematkan dengan berbagai sensor mulai dari sidik jari di bagian belakang cangkang, akselerometer untuk mengubah tampilan layar dari portrait ke landscape dan sebaliknya, proximity yang berguna sebagai tameng layar sentuh dari sentuhan yang tidak disengaja.

Sebagai ponsel gaming, tentunya tidak lengkap bila tidak ada kehadiran dari sensor gyro. Sensor yang juga dibenamkan pada Sharp Aquos Sense4 Plus, berfungsi sebagai penunjang dari akselerometer untuk mengetahui orientasi posisi ponsel sehingga ketika menjalankan aplikasi permainan, pengguna bisa menggerakan perangkat untuk berbelok ke kiri atau ke kanan.

Adapun sensor compass atau disebut juga dengan Magnetometer, yang dapat pengguna Sharp Aquos Sense4 Plus jalankan untuk mengukur suatu kekuatan arah medan magnet pada titik dalam ruang. Tidak hanya itu, sensor ini bermanfaat saat pengguna kehilangan arah atau dapat diaplikasikan untuk mencari arah kiblat.

4. Bodi Besar dan Layar Tangguh

Produk garapan negeri Sakura ini tidak hanya ingin dicap pintar oleh para konsumennya, tetapi juga tangguh. Ini dapat terlihat dari ukuran Sharp Aquos Sense4 Plus yang besar 6,7 inci, yang merupakan ukuran paling besar di jajaran ponsel Aquos milik Sharp. Ini membuat Sharp Aquos Sense4 Plus berhasil mendapatkan gelar sebagai ponsel pintar pertama di lini Aquos.

Juga ponsel ini dibalutkan dengan IPS LCD Panel yang bisa memproduksi 16 juta warna. Sharp ini juga telah dibekali dengan resolusi 1080 X 2400 piksel kualitas Full HD+, memiliki refresh rate 90Hz, dan ketajaman layar ~392 ppi, sehingga akan menyajikan tampilan layar yang semakin mulus dan memanjakan mata pengguna saat menggunakan perangkat ini.

Perangkat ini juga sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang berguna untuk menghindari terjadi goresan akibat benturan yang disengaja atau pun tidak sengaja. Adapun fitur menarik lainnya yaitu Waterproof IP68 yang menjadi andalan Sharp Aquos Sense4 Plus, diklaim sangat mampu bertahan dari air dan debu.

5. Kehadiran Fitur NFC

Melihat tren transaksi digital yang semakin marak di masyarakat modern, Sharp juga menghadirkan fitur NFC atau Near-field Communication pada Sharp Aquos Sense4 Plus. Fitur komunikasi nirkabel ini mampu memindahkan data seperti kilat dalam jarak dekat tanpa perlu menggunakan media kabel.

Selain dapat membantu proses pembayaran secara cashless, NFC pada Sharp ini diklaim memiliki kemampuan dalam membaca data seperti smart card, menandai lokasi tertentu dengan menempelkan NFC tag khusus, serta mengoneksikan dua perangkat secara dua arah untuk mengirim dan menerima file tanpa harus tersambung dengan jaringan LTE atau Wi-Fi.

Kekurangan Sharp AQUOS Sense4 Plus

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membungkus Sharp Aquos Sense4 Plus, kamu harus tahu juga mengenai kekurangan yang ada pada perangkat garapan Sharp ini. Berikut Wikimedan telah merangkum beberapa poin untukmu, dibaca sampai tuntas yah!

1. Opsi Ruang Penyimpanan Tidak Banyak

Tampaknya bagi kamu yang ingin memboyong Sharp Aquos Sense4 Plus tidak bisa leluasa memilih kombinasi dari RAM dan ROM (memori internal). Pasalnya model ini hanya menawarkan satu varian saja yakni RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Memang Sharp menawarkan kapasitas yang besar dalam urusan ruang penyimpanan, tetapi dengan tawaran satu kombinasi maka ini berimbas pada dana yang harus kamu keluarkan. Dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB kamu harus menyiapkan Rp4,5 juta, beda lagi jika Sharp memiliki opsi berukuran kecil mungkin akan memberikan harga yang sedikit lebih murah.

2. Sistem Operasi

Sharp Aquos Sense4 Plus ini dikudai dengan sistem operasi Android 10, mungkin akan lebih afdol kalau misalnya sistem operasi yang diusung ditingkatkan menjadi sistem operasi Android 11. Mengingat untuk dapur pacu yang dimilikinya sudah mumpuni, ditambah dengan kehadiran Gaming UI.

Tidak hanya itu untuk ponsel di kelas menengah saat ini rerata mulai mengenakan sistem operasi Android 11, tampaknya sayang jika dalam hal ini Sharp Aquos Sense4 Plus kurang dimaksimalkan. Dengan demikian, umumnya pengguna yang ingin meningkatkan ke sistem operasi terbaru harus melakukan upgrade secara mandiri.

3. Desain yang Kurang Kekinian

Ponsel yang diramu dalam tiga warna yaitu hitam, ungu, dan putih ini, secara fisik memiliki bagian belakang yang mengkilap. Kamera belakangnya tersusun dalam bentuk persegi empat yang ditempelkan di tengah atas cangkang. Didampingi dengan pembaca sidik jari yang nangkring di bagian tengah belakang panel, tepat di bawah kamera belakang. Pada area depan, ada poni yang terletak di kanan atas layar untuk menyematkan kamera selfie.

Untuk sebagian orang mungkin desain yang ditunjukkan oleh Sharp Aquos Sense4 Plus terbilang unik. Namun, bila menengok tren sekarang desain yang dimiliki Sharp Aquos Sense4 Plus agak ketinggalan zaman dan tampak kaku  untuk sebuah ponsel di kelas menengah.

4. Kapasitas Baterai Standar

Untuk mendukung aktivitas para penggunanya, Sharp Aquos Sense4 Plus menanamkan baterai Li-po berukuran 4120 mAh. Namun, dengan kapasitas daya yang dimilikinya dapat dikatakan kalau baterai ponsel ini tergolong biasa saja. Kendati, perangkat ini telah didukung juga dengan teknologi pengisian cepat.

Padahal Sharp Aquos Sense4 Plus memiliki dapur pacu yang mumpuni untuk kegiatan multi-tasking dan menjalankan aplikasi permainan. Sehingga, bagi pengguna yang menggunakan ponsel dalam waktu lama tampaknya harus mengisi ulang baterai di tengah hari.

Simpulan

Secara keseluruhan dapat dibilang Sharp Aquos Sense4 Plus cocok untuk mereka yang hobi bermain gim ponsel atau memiliki aktivitas banyak, sebab perangkat ini telah ditunggangi dengan dapur pacu yang mumpuni dan kualitas layar jempolan di kelasnya.

Selain itu, pengguna juga disuguhkan dengan berbagai sensor, fitur NFC, dan konfigurasi kamera yang tinggi. Sayangnya, Sharp Aquos Sense4 Plus memiliki kapasitas baterai masih standar, opsi ruang penyimpanan yang sedikit, desain yang kurang kekinian, hingga sistem operasi yang belum update.

Demikianlah pemaparan dari poin-poin kelebihan dan kekurangan Sharp Aquos Sense4 Plus. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam menentukan keputusan sebelum meminang Sharp Aquos Sense4 Plus. Jangan lupa untuk ikuti terus perkembangan dunia ponsel pintar di Wikimedan, yah!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *