Mengenal Kebutuhan ASI Pada Umumnya dan Nilai Penting ASI Pada Bayi

Daftar Indodax

Mengenal kebutuhan ASI pada umumnya dan nilai penting asi pada bayi adalah sesuatu yang utama dan tidak bisa terpisahkan. ASI menjadi sumber kehidupan pada seorang bayi yang baru lahir dan asupan paling utama untuk kesehatannya. Itulah kenapa asi menjadi hal yang paling baik dan merupakan sumber utama memberikan gizi. Oleh karena itu, Ibu harus sehat dan makan makanan bergizi agar menghasilkan produksi ASI yang terbaik. Inilah hal yang bisa dipahami tentang ASi dan nilai penting ASI untuk kehidupan bayi.

Tentang Asi

Mengenal kebutuhan ASI pada umumnya menjadi hal penting bagi seorang Ibu untuk memberikan ASI terbaiknya untuk anak. ASI atau Air Susu Ibu yang mana hal tersebut diberikan kepada bayi sejak bayi lahir sebagai makanan dan asupan penting. Maka peranan ASI menjadi sangat krusial dan Ibu harus mampu memproduksi ASI dengan kualitas terbaik.

Produktifitas ASI yang dihasilkan Ibu Berasal dari makanan yang dikonsumsinya, maka haruslah makanan yang mengandung gizi baik. Seperti makanan 4 sehat 5 sempurna, dengan konsumsi lengkap ada karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan sebagainya. Dengan asupan makanan Ibu yang bergizi maka akan berpengaruh pada ASI yang diproduksi sehingga sangat berkualitas. Sehingga kualitas ASI untuk menyusui bayi merupakan ASI paling sehat dan terbaik yang diberikan Ibu.

Pada pertumbuhan dua tahun awal kehidupan bayi mulai dari umur 0-2 tahun, ASI merupakan makanan pokoknya. Sehingga selama itu Ibu memberikan kebutuhan ASI untuk menyusui anaknya. Apalagi saat anak masih bayi, ASI merupakan hal paling sering diberikan oleh Ibu kepada bayinya. Dengan durasi waktu yang cukup sering bahkan intens. Oleh karena itu, produktivitas ASI ibu harus baik dan tidak mengalami kendala.

Mengenal Kebutuhan ASI Pada Umumnya

Pada umumnya kebutuhan ASI tentu sangat penting dan frekeunsi bayi dalam menyusui pun bertahap. Semakin bertambah hari, bayi semakin sering meminta ASI, karena kebutuhannya untuk berkembang semakin besar. Inilah beberapa hal yang menjadikan ASI begitu penting bagi bayi hingga anak usia dua tahun.

1.Sebagai Asupan Gizi dan Makanan Yang Penting Bagi Bayi

Pada saat bayi baru lahir, bayi hanya mengenal satu sumber makanan, yaitu ASI. Maka ASI tersebut menjadi yang paling utama dalam asupan gizi serta sumber makanan penting untuk bayi. Dan bayi yang sehat akan meminta ASI dan semakin hari frekuensi serta volume ASI semakin sering.

  1. Untuk Proses Perkembangan Bayi

Bayi yang lahir kemudian diberi ASI maka akan berkembang sesuai tahapannya, karena ASI merupakan sumber utama. Bahkan berdasarkan penelitian dan mengenal kebutuhan ASI pada umumnya mampu membantu tumbuh kembang sensorik dan motorik pada bayi. Sehingga bayi bisa tumbuh dengan baik dan sesuai dengan tahapan usia yang dijalaninya dengan bantuan ASI.

3.Ketahanan Tubuh Bagi Bayi

Kadungan ASI yang sangat kaya nutrisi serta adanya zat antibody memberikan efek baik pada bayi dan anak. sehingga mampu memberikan daya tahan untuk tubuh dari beragam penyakit yang ada. Bahkan ekslusif ASI selama 6 bulan mampu menekan angka kematian pada bayi disebabkan radang paru-paru dan diare pada bayi berkurang.

4.Pemberian ASI Mudah Dicerna

ASI merupakan komposisi yang sangat baik dan sempurna dibandingkan dengan susu formula yang ada. Oleh karena itu, ASI ini sangat mudah dicerna dan langsung diserap tubuh sebagai zat penting guna perkembangan bayi. Dengan mengenal kebutuhan ASI pada umumnya untuk asupan terbaik pada si kecil agar sehat.

5.Terhindar Dari Kondisi Stunting

Pentingnya pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan kemudian berlanjut ASI hingga dua tahun akan mencegah dari Stunting. Dimana kondisi stunting ini merupakan suatu kondisi perkebangan bayi tumbuh lebih pendek dari usia anak lainnya. Maka sebaiknya ibu memberikan ASI secara ekslusif hingga 2 tahun untuk anaknya agar tidak terjadi stunting.

Itulah beberapa hal yang mendasar dalam memahami dan mengenal ASI pada umumnya dan menjadi penting untuk anak-anak di usia tumbuh kembang. Selain itu, setelah 6 bulan bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk tambahan gizi.

Dengan memahami tentang ASI serta  mengenal kebutuhan ASi pada umumnya, seorang ibu mampu memproduksi ASI yang melimpah. Sehingga kebutuhan bayi hingga usia dua tahun akan tetap terpenuhi. Dan tentunya membantu anak menjadi sehat dan berkembang sesuai usia pertumbuhannya dengan ASI yang diberikan ibu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *