Mengenal Edge protector Atau Siku Karton Dalam Industri Pengiriman

Pasang Iklan Disini

Edge protector merupakan salah satu produk kemasan yang kegunaannya adalah sebagai pelindung tepian pinggir sebuah barang. Biasa digunakan pada tumpukan kemasan di pallet sebelum diikat dengan straping band. Sehingga keamanan produk yang dikirim terjamin keamanananya selama perjalanan.

Dengan produk ini maka kemasan produk dapat diikat dengan kuat tanpa merusaknya, sehingga sangat dibutuhkan dalam pengiriman. Terutama ketika hendak melakukan pengiriman dengan jarak jauh seperti lintas propinsi.

Mengenal Edge protector Atau Siku Karton

Siku karton ini mampu melindungi dari setiap sudut ataupun tepi dari sebuah produk. Baik sisi kiri, sisi kanan, sisi atas dan juga sisi bawah. Meskipun hanya melindungi setiap sisinya, namun pada kenyataannya dapat melindungi keseluruhan produk yang dikemas.

  1. Terbuat dari Coreboard

Bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan produk ini adalah Coreboard, yakni sebuah kertas yang dibuat dari 100 persen material daur ulang atau yang basa disebut juga recycled pulp. Sehingga pembuatan produk ini ramah lingkungan karena tidak memerlukan satu pohon pun untuk ditebang.

Edge protector yang dibuat dengan coreboard paper sebagai bahan baku utamanya adalah produk yang paling disukai. Bahkan di kalangan pelaku industri adalah adalah produk yang paling diminati dan sebagai standar produk terbaik.

  1. Ukuran Coreboard Yang Digunakan

Pada umumnya gramatur coreboard yang tersedia mulai dari 250 gsm hingga 750 gsm. Dengan ketebalan pada tiap lembar berada di kisaran  0.3 mm – 0.9 mm. Namun demikian ada juga coreboard yang memiliki gramasi dan ketebalan lebih tinggi, namun tidak dapat digunakan sebagai bahan utama.

Coreboard yang memiliki gramasi lebih tebal tidak dapat digunakan untuk pembuatan siku karton. Hal ini disebabkan karena sifat materialnya tidak lagi sesuai terhadap mesin produksi.

  1. Diberi Lem Secara Berlapis

Penggunaan lem sangat dominan dalam proses pembuatan, lapis demi lapis coreboard diberi lem yang diratakan. Kemudian lem tersebut di-wipe pada unit scraper. Sehingga lem yang menempel tidak terlalu tebal karena akibatnya dapat menyebabkan produk akhir rentan deformasi & lembek.

  1. Dilapisi Kertas Kraft

Setelah proses pemberian lem tersebut selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melapisinya dengan kertas kraft coklat, gold ataupun putih. Kertas yang dipilih adalah kertas yang memiliki gramasi 80 sampai dengan 150 gsm sebagai tampilan terluar dari Edge protector ini.

Kemudian proses selanjutnya adalah  memasuki unit press, proses untuk memastikan bahwa seluruh lapisan telah menyatu sempurna. Sehingga sebuah produk yang disebut sebagai flat protector telah terbuat.

Namun untuk membuat siku karton masih ada satu langkah yang harus dilewati. Yakni proses forming yang membentuk flat protector yang datar menjadi siku dengan sudut 90o. Sehingga akhirnya membentuk barang yang hampir siap pakai.

  1. Proses Pemotongan

Langkah selanjutnya agar proses dapat selesai dengan sempurna adalah dengan melakukan pemotongan sesuai permintaan pelanggan. Karena tidak setiap pelanggan membutuhkan ukuran yang sama sehingga ukuran dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Edge protector sebenarnya bukanlah termasuk produksi yang sulit. Hanya saja membutuhkan mesin produksi presisi dan berkecepatan tinggi. Dengan bagian pemotong yang dapat diatur sesuai ukuran permintaan pelanggan, Juga lem kertas yang memiliki solid content yang baik.

  1. Kegunaan Dalam Industri

Fungsi penting yang dimiliki produk ini dalam dunia industri adalah merupakan alat bantu kemasan yang dapat diandalkan. Terutama untuk pengiriman produk-produk industri, yang diekspor ke luar negeri sehingga membutuhkan pengemasan yang aman.

Demikianlah sekilas mengenai siku karton yang dapat anda andalkan untuk menjaga produk anda tetap aman selama pengiriman. Sudah dibuat dengan teknik dan prosedur yang sesuai standar sehingga sangat recomended untuk membantu mempermudah pekerjaan pengiriman Anda.

Share :