Mengenal Andrea Turk, Cicit W.R Soepratman yang jadi Finalis di Internasional Acoustic Music Awards

Daftar Indodax

IAMA atau yang lebih dikenal dengan Internasional Acoustic Music Awards ini memang ajang bergengsi, di mana siapapun yang menjadi finalisnya pasti bangga. Salah satu orang paling beruntung tersebut tak lain adalah Andrea Turk, yang merupakan cicit dari W.R Soepratman. Berita tersebut juga sudah beredar luas melalui keterangan yang ada di situs resmi IAMA sendiri.

Adapun nama Andrea Turk dikenal sejak beberapa tahun belakangan, tepatnya setelah gadis tersebut tampil dalam upacara kemerdekaan republik Indonesia yang dilaksanakan pada 2019 lalu dan membawakan lagu Tanah Airku. Nah, penasaran dengan sosok Andrea dan apa aja prestasinya? Mari simak informasi lengkapnya!

Masuk kategori Best Female Artist di IAMA

Andrea Turk berhasil mengukirkan prestasinya di bidang musik dengan terpilih menjadi finalis di ajang IAMA. Kategorinya ialah Best Female Artist di mana ia terpilih dalam kategori tersebut berkat single hasil kolaborasinya dengan Dewa Budjana. Single tersebut dinamakan Salem, seperti yang diberitahukan olehnya di akun Instagram.

Pada kategori yang dimaksudkan, nama Andrea juga bersanding dengan beberapa musisi perempuan lainnya yang juga cukup populer. Sayangnya, ia harus puas dengan menjadi finalis saja sebab nyatanya kategori tersebut dimenangkan oleh Brooke Hatala, yang merupakan musisi asal Amerika Serikat, dengan lagunya berjudul Not The Only One in This Town.

Pernah menang di ajang Charleston International Music Competition

Faktanya, prestasi Andrea Turk tidak dimulai sejak tahun 2021 ini, melainkan sudah sejak dulu. Bahkan pada bulan Desember tahun 2020 kemarin, ia juga sempat menjadi pemenang dalam ajang CIMC atau Charleston International Music Competition. Terlepas dari nama besar sang kakek buyut, ternyata Andrea juga bisa mengharumkan nama dirinya sendiri juga keluarga ya. Semoga prestasi Andrea bisa terus melejit dan menjadi inspirasi muda mudi Indonesia.

Memenangkan kompetisi Young Songwriter 2019 di Inggris

Selain dua prestasinya di atas, Andrea juga pernah memenangkan kompetisi Young Songwriter pada tahun 2019 lalu. Kompetisi tersebut konon diadakan oleh organisasi Song Academy yang ada di Inggris. Awalnya, 4 dari 5 lagu yang ia daftarkan berhasil lolos ke 30 besar, hingga kemudian salah satu single-nya berhasil menjadi pemenang.

Andrea sendiri kemudian memutuskan untuk datang dan tampil langsung pada saat acara tersebut diadakan. Ia harus menempuh perjalanan panjang untuk meraih prestasi tersebut, tapi memang perjuangannya sama sekali tidak sia-sia dan membuahkan pengalaman yang mengesankan.

Sempat menjadi penyanyi pembuka konser The Chainsmokers

Dikabarkan bahwa cicit tak langsung dari W.R Soepratman ini menempuh pendidikannya dan tak jauh dari bidang yang disukai, yakni bermusik. Ia berhasil masuk dalam California Institute of Arts, di mana mengambil jurusan Voice Arts. Tentu sangat mengagumkan, bukan? Karena selain cantik, berbakat, ia juga tetap tak melupakan pendidikannya sama sekali.

Fakta menarik lain yang tak kalah mengagumkan dari Andrea Turk ialah gadis tersebut pernah jadi salah satu dari sekian banyak penyanyi yang memeriahkan konser The Chainsmokers. Konser tersebut memang diadakan pada sekitaran Maret tahun 2018 yang lalu. Meski begitu ia juga tidak sendiri dalam menampilkan bakatnya, dalam acara konser itu ia memang menyanyikan lagu Rainbow yang mana karya kolaborasi dengan musisi Weird Genius.

Itu dia beberapa prestasi yang pernah diukir oleh Andrea di mana pada usia semuda itu tentu saja sangatlah mengesankan. Sampai saat ini ia masih tekun dalam melakukan latihan agar bakat bermusiknya semakin terasah dan mampu mengukir prestasi lain yang lebih membanggakan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *