Menengok Sangarnya Kekuatan Militer Myanmar, Negara yang Tengah Digoyang Aksi Kudeta

Daftar Indodax

Menengok Sangarnya Kekuatan Militer Myanmar, Negara yang Tengah Digoyang Aksi Kudeta. Seperti yang kita tahu, Myanmar saat ini sedang menghadapi fase yang kurang menyenangkan, di mana negara tersebut tengah mengalami aksi kudeta kekuasaan oleh pihak militer. Keadaannya sendiri bisa dibilang gawat karena petinggi sipil termasuk Aung San Suu Kyi dan sang presiden sampai ditahan. Pemerintah negara anggota ASEAN ini untuk sementara berada di tangan militer.

Tentang militer Myanmar, angkatan senjata negara ini memang tak bisa dianggap remeh. Meskipun berada di posisi 38 dunia dan urutan 4 di Asia Tenggara, tapi mereka cukup tangguh. Hal ini bisa dilihat dari jumlah tentaranya yang tidak sedikit dan koleksi alutsistanya yang lumayan banyak. Lebih jauh soal militer Myanmar, simak ulasan menariknya berikut yang dilansir dari globalfirepower.com.

Jumlah tentara mereka lebih banyak dari Indonesia

Myanmar adalah negara yang cukup serius dengan militer mereka, hal ini salah satunya bisa dilihat dari jumlah pasukan perangnya yang lumayan banyak. Dilansir dari Globalfirepower, negara tetangga Thailand ini memiliki setidaknya 405 ribu tentara aktif. Tak hanya itu, mereka juga disokong sekitar 110 ribu paramiliter. Indonesia sendiri kalah untuk urusan jumlah tentara aktif karena kita memiliki 400 ribu personel, alias selisih lima ribu orang saja.

Kekuatan udara Myanmar cukup mumpuni

Berbicara soal alutsista angkatan udara, Myanmar juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, mereka memiliki banyak koleksi di berbagai divisi. Misalnya 60 pesawat tempur, 27 pesawat transport, 88 pesawat latih, hingga 86 helikopter. Tak lupa juga ternyata mereka memiliki 9 helikopter serbu. Jumlah di atas mungkin lebih sedikit dari Indonesia, tapi jika semuanya dikerahkan maka siapa pun pasti juga akan gentar.

Kekuatan darat juga lumayan mematikan

Beralih ke matra darat, Myanmar punya koleksi alutsista yang lumayan banyak di ranah ini. Menurut data, mereka memiliki sekitar 595 tank, 1.700 kendaraan lapis baja, hingga 496 pelontar roket. Tak sampai situ, mereka juga memiliki sekitar 1.869 artileri gerak di mana jumlah ini masuk dalam 10 besar terbanyak di dunia. Menakutkan bukan?

Kekuatan laut Myanmar cukup sederhana

Berbeda dengan udara dan darat, ternyata kekuatan laut Myanmar bisa dibilang biasa saja. Hal ini terlihat dari jumlah alutsista laut mereka yang tidak terlalu banyak. Misalnya mereka cuma punya lima kapal frigate, tiga corvette, 79 kapal patroli, dan satu saja kapal selam. Sedikitnya jumlah alutsista Myanmar ini cukup dimaklumi karena area kelautan mereka yang tidak terlalu luas.

Setelah melihat data-data militer Myanmar, tidak mengherankan jika sampai terjadi kudeta militer karena angkatan perang mereka memang kuat. Tapi, terlepas dari itu semoga hal-hal buruk di negara ini tidak berlarut-larut. Susah dibayangkan rasanya sedang dilanda pandemi tapi negara tengah terjadi kudeta.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *