Memilih Earphone yang Tepat, Sesuai Budget dan Kebutuhan

Daftar Indodax

Jakarta, Wikimedan Memilih Earphone yang Tepat, Sesuai Budget dan Kebutuhan. Oppo memiliki serangkaian produk IoT (Internet of Things) seperti audio. Khusus untuk IoT di kategori audio, Oppo telah memasarkan produk headphone pertamanya, MP3 X3 pada 15 tahun silam.

Kini, Oppo terus mengembangkan sejumlah produk wireless earphone mulai yang berjenis earbuds atau true wireless stereo (TWS). Beberapa pilihan earphone Oppo tersedia dengan harga yang terjangkau hingga yang premium, seperti Oppo Enco Q1, Oppo Enco M31, Oppo Enco W11, Oppo Enco W31, Oppo Enco W51, Oppo Enco Free, Oppo Enco Air, Oppo Enco Buds, Oppo Enco Free2, dan Oppo Enco X.

Masing-masing earphone tersebut memiliki harga mulai dari 600 ribuan hingga 2,2 jutaan rupiah, serta kelebihan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Perbedaan Earbuds dan TWS

Earbuds merupakan perangkat earphone yang dirancang untuk muat ke dalam lubang telinga. Kalau digunakan dalam waktu lama perangkat ini bisa membuat telinga kamu sakit, karena bodi plastik earbuds langsung bersentuhan dengan kulit. Awalnya, model ini masih memakai kabel (wired) namun lantas berkembang menjadi perangkat lebih canggih tanpa kabel (wireless). Sebagian besar wireless earbuds yang ada saat ini juga tidak lagi menimbulkan masalah ‘tidak nyaman di telinga’.

Sementara itu, TWS hadir sebagai bagian dari perkembangan dari era earphone nirkabel yang hanya membutuhkan koneksi Bluetooth 5.0. Koneksi audio ini bisa menghubungkan gelombang suara dari smartphone atau laptop ke perangkat earphone dengan minim delay dan real stereo. Pada earphone yang sudah menggunakan teknologi TWS, speaker kiri dan kanan dapat berfungsi secara independen sekaligus juga dapat digunakan bersamaan.

Mencocokkan Ponsel dan Earphone 

Oppo Enco Buds telah mendukung Bluetooth 5.2 yang bisa mewujudkan pengalaman koneksi audio yang lebih stabil. Kamu bisa menggunakan satu atau kedua sisi earphone sesuka hati. Perangkat IoT ini cukup diketuk tiga kali untuk mengaktifkan Mode Game latensi super-rendah 80ms³. Dengan algoritma cerdas berbasis model Deep Neural Network (DNN), suara akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan sekitar selama panggilan. Kamu akan tetap dapat mendengar suara orang-orang favorit Anda di saluran lain meskipun saat terhubung masih berada di tengah keramaian.

Oppo Enco Buds memiliki peringkat tahan air IP54 untuk tahan terhadap hujan ringan dan latihan yang berat. Desainnya dirancang ergonomis dengan berat hanya 4 gram untuk masing-masing earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda. Perangkat ini dapat dikoneksikan dengan ponsel Oppo berbasis ColorOS 11.

Selain Enco Buds, pilihan lain yakni Oppo Enco Air. Perangkat TWS ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih, dengan desain Semi in-Ear yang ergonomis karena menempel pas di lekukan telinga. Baterai Oppo Enco Air bisa diisi secara cepat, hanya perlu waktu 10 menit pengecasan untuk memberikan 8 jam audio berkualitas tinggi. Ketika baterai terisi penuh, Enco Air dapat digunakan selama 4 jam untuk mendengarkan musik.

Oppo Enco Air juga dilengkapi dengan teknologi audio binaural berbasis DNN yang bisa mereproduksi suara manusia seperti suara langsung. Selain itu, Enco Air juga cocok untuk menemani game karena adanya transmisi 80 ms⁴ ultra rendah dalam Mode Game. TWS ini juga telah dibekali generasi baru Bluetooth 5.2 yangmemiliki jangkauan 10 meter. Earphone ini memiliki sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap air dan debu sehingga cocok digunakan saat berolahraga.

Setelah dipasangkan, baik Oppo Enco Buds dan Oppo Enco Air bisa langsung terhubung ke perangkat smartphone segera setelah  membuka casing atau wadahnya. Oppo Enco Buds sepertinya lebih cocok untuk Reno Series, sementara Enco Air menjadi paduan yang tepat untuk smartphone A Series. Nah, dengan ulasan ini yang kalian bisa menentukan pilihan earphone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *