Inilah Panduan Lengkap Cara Daftar dan Menggunakan Ovo!

Pasang Iklan Disini

Salah satu dompet digital terkenal di Indonesia adalah OVO. OVO ini banyak digunakan orang Indonesia karena pengguna di Indonesia dekat dengan berbagai layanan yang mengharuskan atau setidaknya memiliki opsi pembayaran dengan OVO.

Anda pun barangkali salah satu orang yang harus memakai OVO. Masalahnya, sebagian besar dari Anda barangkali tidak mengetahui cara menggunakan OVO. Karena itu, Carisinyal bakal bahas cara memakai OVO ini tapi sebelumnya, mari ketahui dulu apa itu OVO?

Tentang OVO

OVO merupakan layanan dompet digital, e-money, atau uang elektronik berbentuk aplikasi digital yang berfungsi sebagai alat pembayaran atau transaksi secara online. OVO ini adalah layanan yang dikembangkan oleh PT. Visionet Internasional, perusahaan yang berada di bawah naungan Lippo Group.

OVO diaplikasikan terlebih dahulu di unit bisnis Lippo Group. Contohnya sebagai metode pembayaran parkir di mall atau gedung yang ada di bawah naungan Lippo Group. Kemudian OVO berkembang di luar ranah bisnis Lippo Group.

Kepopuleran OVO meningkat seiring dengan investasi Lippo di layanan transportasi on-demand Grab. Di aplikasi Grab, OVO menjadi metode pembayaran digital. Selain di Grab, OVO juga jadi metode pembayaran utama dari marketplace terkenal, Tokopedia.

Kedua langkah tersebut yang membuat penggunaan OVO meningkat. Hal ini karena banyaknya orang yang memakai layanan Grab dan Tokopedia. Selain itu, metode pembayaran OVO di kedua layanan terintegrasi dengan aplikasi OVO. Jadi, jika isi saldo OVO, maka saldo tersebut dapat digunakan untuk pembayaran di Grab dan Tokopedia.

Saldo atau uang digital di OVO disebut OVO Cash. Selain jadi alat pembayaran Tokopedia dan Grab, OVO Cash juga dapat digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan, seperti membayar iuran BPJS, listrik, pulsa, dan lainnya. OVO Cash juga dapat digunakan untuk transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan OVO dan biasanya menawarkan cashback.

Setiap transaksi memakai OVO Cash, Anda sebagai pengguna akan mendapatkan poin yang disebut OVO Points.  OVO POints ini adalah semacam loyalty rewards yang dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik atau bisa juga digunakan sebagai potongan untuk melakukan pembayaran di Tokopedia.

OVO Points bisa didapatkan dengan melakukan transaksi. Adapun konversi transaksi yaitu, setiap transaksi minimal Rp10.000, Anda akan mendapatkan 1 OVO Points. 1 OVO Points ini memiliki nilai Rp1. Jadi, jika Anda memiliki 20 ribu OVO Points artinya, Anda memiliki saldo senilai Rp20 ribu rupiah.

Kemudahan penggunaan dan banyaknya layanan yang didukung oleh OVO inilah yang jadi ciri khas dari OVO. Tidak aneh, jika OVO memiliki banyak pengguna. Nah, jika Anda belum menjadi pengguna OVO, silakan daftar. Daftarnya juga cukup mudah, Anda bisa bisa simak caranya berikut ini!

Cara Download dan Daftar OVO 

Untuk menggunakan layanan OVO, Anda perlu menginstal aplikasi OVO terlebih dahulu. Anda tinggal lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Cari di Google Play Store atau App Store, layanan bernama OVO. Anda tinggal mengetikan “OVO” di kolom pencarian.ovo
  2. Download (unduh) dan instal layanan OVO ini. Setelah terunduh, silakan buka OVOovo
  3. Setelah itu masuk ke aplikasi OVO dan pilih “Join Now”. PIlihan “Sign In” adalah pilihan kalau Anda sudah mendaftar di layana OVO. ovo
  4. Silakan isi data pribadi seperti nama, nomor telepon, dan alamat e-mail.
  5. OVO akan mengirimkan kode OTP lewat SMS dan e-mail. Pastikan Anda memasukan kode OTP dengan benar.
  6. Setelah memasukan kode OTP, tunggu proses verifikasi sampai akun OVO Anda benar-benar aktif. Tidak butuh waktu lama kok.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mendaftarkan akun OVO Anda di layanan Tokopedia dan Grab. Jika nomor telepon yang Anda masukan di Tokopedia dan Grab sama dengan aplikasi OVO, maka Anda tidak perlu repot daftar lagi di aplikasi karena satu akun nomor telepon terintegrasi dengan berbagai layanan.

Cara Menggunakan OVO 

Setelah menginstal OVO, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang cara memakai OVO. Bagaimana cara memakai OVO ini? Simak caranya berikut ini!

1. Memakai OVO dengan Pindai QR Code

ovo

OVO bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant atau rekanan yang sudah bekerja sama dengan OVO. Cara pembayarannya juga cukup mudah. Anda tinggal memilih opsi “Scan” di halaman utama.  Scan tersebut diarahkan ke barcode yang ada di merchant-merchant OVO.

2. Membayar Berbagai Layanan

ovo

OVO bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai layanan sehari-hari. Mulai dari membayar PLN, pulsa atau paket data, tv kabel, asuransi dan BPJS Kesehatan. Bahkan, OVO bisa digunakan untuk membayar iuran lingkungan khusus untuk perumahan yang sudah kerjasama dengan OVO.

Untuk melakukan pembayaran ini, Anda tinggal memilih layanan yang sesuai. Misalnya, Anda ingin membayar tagihan listrik, tinggal pilih layanan PLN. Ingin membeli paket data, tinggal pilih paket data.

3. Transfer Sesama Pengguna OVO

ovo

OVO memungkinkan Anda untuk transfer saldo OVO sesama pengguna. Jadi, Anda bisa mengirim saldo OVO ke teman atau keluarga Anda. Hanya saja untuk melakukannya, Anda perlu upgrade dari OVO Club ke OVO Premier.

Untuk diketahui, OVO menerapkan dua jenis keanggotaan, yakni OVO Club dan OVO Premier. Ketika Anda mendaftar pertama kali ke layanan OVO, Anda terdaftar sebagai OVO Club. OVO Club adalah keanggotaan biasa dengan maksimal saldo tersimpan mencapai Rp 1.000.000.

Sementara jika mendaftar OVO Premier, saldo maksimal yang tersimpan mencapai Rp 10.000.000. Selain benefit tersebut, OVO Premier memungkinkan sesama anggota untuk transfer OVO Cash. Untuk upgrade OVO Premier, caranya mudah, tinggal unggah KTP dan mengunjungi kios OVO di berbagai kota besar untuk bertemu dengan agen OVO.

4. Deals dan OVO Poin

ovo

Di aplikasinya, OVO menyediakan fitur deals, yakni fitur yang memungkinkan Anda melihat beragam tawaran dan promo menarik. Selain itu, seperti yang sudah disinggung, OVO juga menghadirkan OVO Points. OVO poin ini dapat dikumpulkan dari berbagai toko yang memiliki tanda OVO Zone.

Poin yang didapatkan bisa langsung ditukar dengan cara redeem. Atau Anda juga bisa melakukan pembayaran menggunakan saldo yang ada di OVO Points. Misalnya, OVO Cash Anda memiliki saldo Rp10.000 tetapi OVO Points Anda memiliki saldo Rp5. ooo.

Katakanlah, Anda berbelanja atau transaksi senilai Rp15.oo0. Anda bisa membayar transaksi ini menggunakan OVO Cash maupun OVO Points. Selain itu, transaksi yang Anda lakukan menghasilkan OVO Points kembali dan Anda bisa melihat riwayat transaksi OVO Points Anda.

Cara Isi Saldo OVO 

OVO Cash dapat diisi dengan mudah oleh Anda. Ada banyak cara mengisi saldo OVO Cash, bisa melalui bank, melalui agen, atau melalui perantara lain. Minimum pengisian saldo umumnya adalah Rp10.000. Namun ada juga yang batas pengisian saldonya lebih dari Rp10.000. Misalnya BCA yang mengharuskan syarat pengisian minimal Rp20.000

Cara isi saldonya juga cukup mudah. Meskipun satu sama lain ada perbedaan, tetapi umumnya cara mengisi saldonya adalah dengan memasukan nomor telepon yang jadi akun utama OVO. Berikut daftar layanan dukungan untuk mengisi saldo OVO

  1. BCA (ATM, m-BCA, klikBCA)
  2. Bank Mandiri (ATM, Mobile Banking Mandiri, Debit Mandiri)
  3. CIMB NIAGA (Go Mobile by CIMB Niaga, ATM, Kartu Debit CIMB NIAGA)
  4. BNI (ATM, Mobile Banking/Internet BNI, Debit BNI)
  5. Bank Permata (ATM, Mobile Banking/Internet Permata, Debit Permata)
  6. BRI (ATM, Mobile Banking/Internet BNI, Debit BRI)
  7. BTPN (ATM, JENIUS, Kartu Debit BTPN)
  8. Maybank (ATM, Maybank2u, Kartu Debit Maybank)
  9. DBS (ATM, Digibank by DBS, Kartu Debit DBS)
  10. BTN  (Kartu Debit BTN)
  11. Top Up OVO Lewat OVO Booth
  12. Top Up OVO Lewat  ATM PRIMA
  13. Top Up OVO Lewat Merchant Rekanan OVO

Oh yah, untuk pengisian saldo OVO. Ada ketentuan yang perlu diperhatikan. Ketentuan pengisian saldo OVO meliputi sebagai berikut

  • Harus dipastikan nomor telepon sudah sesuai dengan yang terdaftar di aplikasi OVO.
  • Pengisian  saldo yang telah berhasil tidak dapat dibatalkan atau dikembalikan.
  • Tidak ada biaya tambahan atau biaya administrasi untuk pengisian  saldo tidak dikenakan biaya tambahan.

Demikianlah penjelasan tentang cara menggunakan OVO. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda yang memang belum mengetahui tentang cara penggunaan OVO.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *