Mata Uang Euro Mendominasi EURGBP, Menunggu Data Inggris dan Zona Euro Untuk Lebih Lanjut

Saat ini mata uang Euro terhadap Pound sedang berada di level paling tinggi dalam 5 bulan terakhir. Pada pengamatan terakhir pasangan EURGBP masih memiliki menahan diri untuk bergerakan kembali mendekati pertemuan penting yaitu G-20 dan rilis beberapa data ekonomi yang mammpu menggerakkan pasar. Sekarang pasangan ini sedang berada di level harga 0,8970 saat mendekati pembukaan perdagangan sesi kawasan Eropa.
Mata uang Euro tampaknya telah mengambil dan memanfaatkan momentum dari Brexit yang sangat membebani Poundsterling. Selain itu saat ini juga sedang terjadi ketidakpastian kondisi perpolitikan di Inggris yang bisa terus berdampak bagi pasangan EURGBP. Sementara itu euro terus mendapatkan dorongan-dorongan pembelian yang semakin membuat kenaikan tinggi. Secara teknikal, saat ini sudah mencapai titik jenuh beli yang sudah membatasi kenaikan pasangan ini. Untuk selanjutnya akan lebih fokus ke data dai kawasan Eropa dan Inggris serta pertemuan G-20 yang akan menggerakkan sentimen resiko global.
Data mengenai indeks harga konsumen kawasan Eropa diprediksi tidak akan mengalami perubahan dan tetap di angka 1,2 persen hitungan tahunan selama Juni. Walaupun pada indeks harga konsumen inti masih berpotensi mengalami kenaikan menuju ke 1,0 persen dari sebelumnya di 0,8 persen dengan hitungan yang sama. Data dari Inggris juga akan menjadi perhatian pasar yaitu merilis data mengenai produk domestik bruto dan data transaksi berjalan selama kuartal pertama tahun 2019 ini.
Angka PDB Inggris diprediksi sesuai dengan harpaan awal yaitu di 0,5 persen hitungan kuartal dan 1,8 persen hitungan tahunan. Neraca transaksi berjalan kemungkinan defiti lebih besar menuju ke -32.000 Miliar Euro dan sebelumnya di -23.000 Miliar Euro. Selain dari sisi data, rilis hasil pertemuan pemimpin dunia di G-20 juga akan mampu menggerkan pasar mata uang Euro terhadap Pound.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *