Manfaat Masker Activated Charcoal dan Cara Membuatnya di Rumah

Masker wajah charcoal yang beberapa waktu lalu sempat nge-tren ternyata masih banyak digandrungi pemerhati kecantikan. Efek masker arang aktif ini digadang-gadang baik untuk menghilangkan jerawat. Benarkah demikian?

Apa itu activated charcoal?

Pada dasarnya activated activated atau arang aktif adalah zat yang sering digunakan untuk mengatasi keracunan. Arang aktif terbuat dari campuran batu bara, kayu, dan bahan-bahan lainnya.

Arang disebut aktif ketika diproses menggunakan temperatur tinggi yang digabungkan dengan gas dan zat oksidatif lainnya. Dalam dunia medis, arang aktif dipakai untuk obat keracunan karena bisa meningkatkan kemampuan penyerapan zat kotor dan beracun.

Kemampuan arang aktif untuk menyerap kotoran dan racun didapat dari teksturnya yang berpori-pori dengan muatan listrik negatif. Inilah yang membuat arang dapat menarik  kotoran, minyak, dan debu di wajah. 

Manfaat masker activated charcoal untuk wajah

Masker charcoal aktif punya beberapa manfaat untuk kulit. Salah satunya dapat menarik minyak berlebih pada kulit Anda. Bagi Anda yang punya kulit wajah tipe berminyak, pakai masker arang aktif sekali atau dua kali seminggu dapat mengurangi minyak di wajah.

Masker charcoal juga dipercaya dapat mengatasi jerawat. Meski begitu, nyatanya tidak terlalu berpengaruh.

Penggunaan masker arang hanya efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat ringan. Misalnya jerawat blackhead, whitehead, dan pustula (jerawat merah berisi nanah) yang tidak begitu meradang. Masker wajah ini tidak efektif untuk mengobati masalah jerawat batu atau jerawat karena hormon.

Cara membuat masker activated charcoal di rumah

1. Masker charcoal dan tanah liat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • ¼  sendok teh bubuk arang aktif
  • ½ sendok teh bubuk clay atau tanah liat bentonit
  • 1 ½ sendok teh air

Cara membuatnya:

Aduk hingga rata dan oleskan campuran masker tersebut ke permukaan kulit wajah. Setelah masker mengering, kira-kira selama 10 menit, lap wajah dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

Campuran antara bentonit dan arang punya manfaat kebaikan tersendiri untuk kulit. Bentonit bermanfaat untuk melindungi dan menenangkan kulit yang meradang. Sedangkan masker yang terbuat dari charcoal bisa menyerap kotoran yang menyebabkan peradangan pada kulit wajah.  

2. Masker scrub charcoal dan garam laut

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • ½ sendok makan bubuk arang aktif
  • ½ sendok teh air mawar
  • ½ sendok makan garam laut murni

Cara membuatnya:

Aduk hingga rata dan oleskan campuran scrub tersebut ke permukaan kulit wajah. Setelah scrub di mengering, kira-kira selama 10 menit, lap wajah dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

Mencampurkan garam laut dan charcoal dapat bermanfaat bagi kulit. Garam laut dapat membantu melawan bakteri dan jerawat dan arang aktif membantu membersihkan dan mendetoksifikasi sel-sel kulit. Sedangkan campuran air mawar dapat membantu melembabkan dan melawan peradangan pada kulit

Perhatikan hal berikut sebelum pakai masker charcoal

Arang tidak dapat terserap oleh kulit tubuh. Jadi bila digunakan dengan tepat, kemungkinan besar akan aman dan tidak berbahaya.

Meski begitu, Anda tetap tidak boleh menggunakan masker charcoal berlebihan atau keseringan.

Akan lebih baik untuk konsultasi dulu ke dokter kulit sebelum menggunakan masker jenis apapun. Anda juga disarankan melakukan uji alergi dulu pada masker arang yang akan digunakan.

Caranya dengan mengoleskan sedikit masker ke punggung tangan satu hari sebelum mencobanya di wajah. Jika warna kulit berubah kemerahan dan terasa gatal, sebaiknya jangan dilanjutkan. Bila tidak ada efek samping apapun, Anda boleh menggunakan sesuai takaran yang aman.

Perhatikan juga, masker bubuk arang jangan sampai terhirup masuk ke dalam saluran pernapasan. Arang dapat menyebabkan mual dan muntah, obstruksi saluran cerna, perforasi usus, dan komplikasi saluran pernapasan.

Baca Juga:

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *