Manfaat Makan Kedelai Supaya Kenyang Lebih Lama, Tidak Mudah Lapar

Anda sedang berjuang menurunkan berat badan, tapi perut tidak bisa diajak kompromi karena lapar terus? Kabar baiknya, ada makanan super yang bisa bikin Anda kenyang lebih lama, yaitu kedelai. Ya, manfaat makan kacang kedelai ternyata bisa sampai membantu Anda kenyang lebih lama sekaligus menjaga nafsu makan, lho.

Kok bisa? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Kacang kedelai tinggi serat dan protein

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan manfaat makan kedelai. Selain mudah diolah menjadi beragam panganan nikmat, kacang kedelai ternyata menyimpan segudang manfaat kesehatan yang tak boleh Anda sepelekan. Hal ini berkat kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya.

Memiliki gelar makanan bernutrisi tinggi, kedelai merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan protein serta sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Bahkan, kandungan protein dalam kedelai jauh lebih tinggi ketimbang telur, lho!

Mengutip dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), 100 kacang kedelai segar mengandung protein sebanyak 30,2 gram dan serat 2,9 gram. Sementara dalam 100 gram kacang kedelai kering, kandungan proteinnya melonjak naik menjadi 40,4 gram, begitu pula kandungan seratnya bertambah menjadi 3,2 gram.

Meski tinggi protein dan serat, kedelai mengandung lemak total dan lemak tak jenuh yang cenderung rendah. Itu sebabnya, manfaat makan kedelai bisa baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat makan kedelai, bisa bikin kenyang lama

edamame kedelai

Penelitian menemukan bahwa salah satu manfaat makan kedelai yaitu membantu mengontrol asupan kalori Anda. Ketimbang karbohidrat dan lemak, protein membutuhkan lebih banyak kalori agar tubuh bisa mencernanya. Semakin tinggi kandungan protein dalam makanan Anda, maka kalori yang akan dibakar tubuh juga akan lebih banyak.

Protein dan serat dalam kedelai juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda makan lebih sedikit sepanjang hari. Pasalnya, protein dan serat cenderung diserap oleh tubuh dalam waktu yang lebih panjang. Anda pun jadi tidak memiliki hasrat untuk makan terus. Selain itu, efek kenyang dari protein dan serat dalam kedelai masih akan terasa dalam waktu yang lebih lama.

Kedelai juga termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Makanan dengan nilai indeks glikemik rendah berarti tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat setelah makan. Nah, kadar gula darah dan insulin dalam tubuh yang stabil dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak di tubuh.

Secara umum, manfaat makan kacang kedelai dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Jika sedang berusaha untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan, rutin makan kedelai tentu jadi pilihan yang tepat.

Perhatikan cara mengolah kedelai

cara memasak yang bikin berat badan naik

Supaya manfaat makan kedelai bisa dirasakan secara optimal, jangan lupa perhatikan cara pengolahannya. Ingat, cara Anda mengolah makanan memengaruhi kandungan nutrisi dan gizi dari makanan itu sendiri.

Jangan sampai nutrisi dalam kacang kedelai terbuang sia-sia karena Anda salah mengolahnya. Sebaiknya, hindari memasak kedelai atau produk olahan kedelai dengan cara digoreng. Pilihlah alternatif memasak yang lebih sehat, seperti ditumis, direbus, atau dipanggang.

Tak hanya itu, jangan hanya terbatas pada kedelai saja. Anda sebaiknya juga memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan lain seperti sayur dan buah supaya target Anda menurunkan berat badan bisa cepat tercapai.

Baca Juga:

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *