10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

Salah satu “primadona” Oppo di 2019 adalah Oppo Reno 10x Zoom. Mengapa disebut “primadona”? Karena HP ini menawarkan spesifikasi tinggi, teknologi canggih, desain kelas atas, dan juga hal-hal yang membuat Oppo Reno 10x Zoom bukanlah HP Oppo sembarangan.

Oppo Reno 10x Zoom adalah salah satu HP Oppo terbaik. Kelasnya serupa dengan Oppo Find X dan lebih tinggi jika dibandingkan Oppo R17 Pro. Di Indonesia, HP ini dihadirkan secara resmi bersama saudaranya, Oppo Reno versi standar.

Namun, tentu Oppo Reno 10x Zoom lebih menarik perhatian. Apa yang jadi istimewa dari HP ini? Setidaknya, ada 6 poin keunggulan yang menarik yang ditawarkan HP ini. Tetapi HP ini bukan tanpa cela, ada juga 4 poin kekurangannya. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan HP ini? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom

  • Chipset: Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)

  • RAM & Memori: 8 GB & 256 GB

  • Kamera: Dual 48 MP + 5 MP

  • Kisaran Harga: Rp 7.499.000

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Oppo Reno 10x Zoom

Tertarik membeli HP Oppo Reno 10x Zoom? Kalau begitu, Anda perlu tahu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh HP yang jadi jagoan Oppo di kelas flagship ini, ya.

1. Desain dan Build Quality yang Bagus

HP dari Oppo belakang hadir dengan desain yang menawan dan cantik. Desainnya yang membulat juga selalu jadi ciri khas dari HP Oppo, termasuk HP Oppo kelas atas. Hal yang sama juga berlaku dengan Oppo Reno 10x Zoom.

Oppo Reno 10x Zoom masih mempertahankan identitas desain khas Oppo. Bedanya, desain yang cantik ini didukung dengan rancang bangun atau build quality yang baik. Seperti yang disampaikan oleh AndroidAuthority, HP ini memiliki kualitas rancang bangun yang baik.

Hal ini terlihat dari penggunaan bingkai logam dan lapisan kaca di bagian belakang bodi HP ini. Selain itu, HP ini memiliki layar yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6. Tidak ketinggalan, berbagai teknologi dan sistem kamera tersembunyi membuat HP ini memang tampak solid dan berkualitas dibandingkan HP Oppo kelas atas lainnya.

2. Layar AMOLED Memesona

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Oppo Reno 10x Zoom hadir dengan layar 6,6 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel. Layarnya mengusung rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 387ppi. Layarnya ini memiliki bezel tipis dan hampir seluruh tepian layarnya menyisakan bingkai yang tipis. Tidak ada tempat untuk kamera depan karena HP ini memiliki kamera depan tersembunyi.

Layar HP ini hadir dengan panel AMOLED yang tergolong bagus dan memesona. Dengan tingkat kecerahan layar sebesar 440 nits, layarnya tampak cerah. Meskipun panel layar ini kalah dengan panel OLED dari Samsung tetapi tampilan layarnya masih tergolong cerah.

AndroidAuthority sendiri memuji kualitas tampilan layar HP ini yang cerah dan tampak lega. Warna-warna dari layar OLED HP ini memang tampak cerah, bahkan ketika digunakan dibawah sinar matahari langsung, layarnya masih tetap jelas,

3. Daya Tahan Baterai yang Lama dan VOOC

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Oppo Reno 10x Zoom dibekali dengan baterai berkapasitas 4.065 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar tetapi pertanyaan apakah kapasitas tersebut mampu memberikan daya tahan baterai yang lama?

Untuk menjawab pertanyaan, tersebut, mari lihat hasil pengujian yang dilakukan GSMArena. Hasil pengujian tersebut menunjukan jik Oppo Reno 10x zoom  mampu mendapat skor 107 jam. Skor tersebut terbilang bagus mengingat jarang sekali HP kelas atas mendapat skor tinggi. Terlebih HP ini memiliki dimensi layar yang besar.

 

 

Bencmark baterai Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.gsmarena.com

Data pada gambar di atas menunjukan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang bagus. Hal ini juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Pocket-lint. Menurut mereka, HP ini dapat bertahan sampai dua harian dengan penggunaan sedang, bahkan kedang tersisa 50%. Saat digunakan main gim berjam-jam, sisa baterai juga tidak cepat habis.

Hal ini jelas menegaskan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik. Selain itu, HP ini juga dibekali pengisian cepat VOOC 3.0 20W. Meski tidak secepat Super VOOC, tetapi durasi pengisian selama 30 menit mencapai 52% persentase tentu adalah sesuatu yang patut diapresiasi.

4. Performa Bagus

Oppo Reno 10x Zoom

Aneh rasanya, jika sebuah HP dengan Snapdragon 855 tidak memiliki performa kencang. Seperti halnya Xiaomi Mi 9, OnePlus 7 Pro, Asus Zenfone 6, dan HP lainnya yang menawarkan dapur pacu Snapdragon 855, jelas Oppo Reno 10x Zoom memiliki performa yang kencang.

ruangguru

Performa yang kencang dari Oppo Reno 10x Zoom ini terbukti dari benchmark yang memiliki nilai tinggi. Benchmark Geekbench 4 menunjukan Oppo Reno 10x Zoom mampu menghadirkan skor 3.082 untuk single-core dan 11.218 untuk multi-core. Benchmark OpenGL di angka 5.666 dan Antutu di angka 355.179.

Benchmark Oppo Reno 10x Zoom

AndroidAuthority, mengatakan kalau performa HP ini ketika diajak bermain gim tergolong bagus. Selain itu, HP ini memiliki teknologi yang memungkinkan panas dibuang dengan baik sehingga HP ini tidak mengalami overheating. 

Situs Pocket-lint juga memuji performa dari Oppo Reno 10x Zoom. Performanya secara umum tergolong cepat, lancar dan dapat memainkan gim dengan grafis paling intens sekali pun. Tentu saja bermain PUBG Mobile, atau game dengan kebutuhan grafis tinggi lainnya bisa dijalankan dengan baik di HP ini.

5. Kualitas Kamera yang Baik dan Jempolan

Oppo Reno 10x Zoom

Kamera adalah salah satu yang jadi andalan dari HP ini. Betapa tidak, HP ini memiliki kamera yang super oke. Kamera depannya saja mengusung teknologi motorized pop-up 16 MP. Teknologi ini memungkinkan kamera bisa sembunyi dan muncul dalam bentuk sirip ikan hiu atau Oppo menyebutnya sebagai “Pivot Rising Camera”.

Kamera depan HP ini memiliki kemampuan menangkap gambar yang tajam, termasuk untuk kebutuhan selfie. Terlebih ada mode HDR Otomatis yang menurut GSMArena, fitur ini mampu bekerja dengan baik, termasuk untuk pemotretan dalam kondisi menjelang malam hari.

Kamera belakang HP ini jelas lebih keren lagi. Kamera belakang ini hadir dengan tiga kamera utama yang memiliki fungsi berbeda-beda. Kamera pertama adalah kamera utama dengan ukuran sensor 48 MP dengan bukaan f/1.7 dan dukungan  Laser/PDAF dan OIS.

Kamera ini memakai sensor Sony IMX586 Quad Bayer yang secara bawaan menghasilkan gambar 12 MP. Sensor yang cukup banyak digunakan di HP kelas atas yang menawarkan sensor 48 MP.

Kamera lainnya di bagian belakang adalah kamera 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang berfungsi sebagai kamera ultrawide. Satu kamera lagi adalah kamera 13 MP dengan tipe telefoto yang menggunakan teknologi Periscope.

Teknologi kamera periscope inilah yang jadi bahan perbincangan.  Kamera Periscope ini memiliki kemampuan 5x optical zoom, Laser/PDAF, dan OIS. Menariknya, kamera ini juga mampu melakukan hybrid zoom 10x. Karena hal inilah, HP ini memiliki nama “Oppo Reno 10x Zoom”.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera telefoto periscope 13 MP di HP ini? Bagaimana pula dengan kamera ultrawide dari HP ini? Simak saja contoh 4 hasil foto Oppo Reno 10x Zoom berikut ini.

Oppo Reno 10x Zoom Ultrawide Lens

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Oppo Reno 10x Zoom 2x zoom setting

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Oppo Reno 10x Zoom 6x zoom setting

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Oppo Reno 10x Zoom 10x zoom setting

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Foto pertama adalah foto yang diambil memakai lensa ultrawide 8 MP. Gambar kedua adalah hasil foto yang ditangkap memakai teknlogi 2x zoom. Yang kedua adalah 6x zoom dan yang keempat adalah 10x zoom. Dari hasil tangkapan tersebut, jelas tangkapan kamera HP ini tergolong bagus, bahkan yang 1ox zoom sudah tergolong baik.

Menurut Digitalcameraworld.com, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong impresif. Ketiga kamera yang ada di bagian belakang mampu menunjukan kualitas foto yang baik dan dynamic range HP ini tergolong kompetitif. Bahkan, Digitalcameraworld.com juga menyebutkan kalau hasilnya malah lebih baik dibandingkan Huawei P30 Pro.

GSMArena juga memuji kualitas foto yang dihasilkan kamera belakang Oppo Reno 10x
Zoom. Foto yang dihasilkan ternyata memiliki rentang dinamis yang tinggi, warna yang akurat dan kontras yang baik. Hasil foto juga menunjukan gambar dengan penajaman yang baik. Berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang lainnya dari HP ini.

* sumber: www.androidauthority.com

* sumber: www.androidauthority.com

* sumber: www.androidauthority.com

Oppo Reno 10x Zoom juga menawarkan mode malam alias “night mode”. Hasil tangkapan “night mode” di HP ini menurut GSMArena tergolong bagus. Banyak detail foto yang tidak hilang, dan mode malam mampu menyeimbangkan pencahayaan dengan baik.

Selain itu, mode malam juga bisa digunakan di tiga kamera belakang, jadi bukan hanya satu. Lantas, bagaimana hasilnya? Foto pertama di bawah ini adalah foto mode biasa di malam hari. Sementara di bawahnya adalah foto yang diambil dengan mode malam.

* sumber: www.androidauthority.com

* sumber: www.androidauthority.com

Tidak hanya GSMArena dan Digitalcameraworld.com yang memuji kualitas kamera HP ini. Situs Yugatech juga memuji kualitas kamera dari  Oppo Reno 10x Zoom. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera HP ini mampu menghadirkan warna yang akurat, detail yang kaya, dan kontras serta rentang dinamis yang bagus.

Pendapat tersebut jelas menegaskan kalau kamera belakang Oppo Reno 10x Zoom memang bukan kaleng-kaleng. Hal ini menegaskan kalau hasil tangkapan kamera Oppo Reno 10x Zoom tergolong bagus dan bersaing dengan HP lain di kelas harga yang sama.

6. Sensor Sidik Jari di Layar yang Cepat

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Oppo Reno 10x Zoom dibekali dengan teknologi sensor sidik jari di bawah layar. Teknologi ini memang merupakan teknologi yang sekarang banyak diadopsi di HP kelas menengah. Permasalahannya kan sekarang seberapa cepat teknologi sensor sidik jari ini hadir di HP ini?

Menurut AndroidAuthority, berdasarkan penggunaan pemakaian HP ini, sensor sidik jari  di HP ini sangat cepat dan akurat. Respon kecepatan serupa dengan sensor sidik jari konvensional dan hampir jarang ditemukan respon lambat saat penggunaan sensor sidik jari ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pocket-lint. Menurut mereka, sensor sidik jari di layar  HP ini tergolong cepat dan fantastis. Tim Pocket-lint menduga kalau Oppo meningkatkan kemampuan sensor optik yang ada di HP ini sehingga bisa membuat respon membaca sidik jari lebih cepat dan lebih bisa diandalkan.

Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

Meski jadi HP kelas atas dan memiliki berbagai kelebihan, ternyata Oppo Reno 10x Zoom ini punya beberapa kekurangan lho. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Tidak Memiliki Sertifikasi Anti Air

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.techradar.com

Oppo Reno 10x Zoom adalah HP kelas atas. Kelasnya jelas sama dengan HP kelas atas semacam Samsung Galaxy S10 series atau HP lainnya. Spesifikasi HP ini jelas cukup mentereng tetapi masih tetap kalah lantaran tidak memiliki sertifikasi anti-air, sesuatu yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S10 series.

Sebenarnya bisa jadi alasan tidak hadirnya sertifikasi anti-air karena HP ini menawarkan kamera tersembunyi yang bisa muncul ketika mengakses aplikasi kamera. HP dengan tipe kamera seperti ini memang agak sulit mendapat sertifikasi anti-air tetapi tentu seharusnya ada usaha lebih bagi Oppo agar HP ini memiliki nilai lebih selain teknologi kamera pop-up.

2. Tidak Ada 3.5mm Jack atau Adapternya

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.digitalcameraworld.com

Tampaknya memang sekarang era HP untuk meninggalkan port 3.5mm audio jack. Tidak ada port untuk headset audio jack di HP ini. Port yang tersedia hanyalah USB Type-C yang memang bisa memiliki banyak fungsi.

Tapi sedihnya juga, dalam paket penjualan, Oppo tidak menyertakan adapter USB Type-C to audio jack. Hilangnya port audio jack seharusnya bisa digantikan dengan kehadiran adapter pengganti. Karena itu, faktor ini jadi kekurangan tersendiri dari Oppo Reno 10x Zoom.

3. Tidak Mendukung Wireless Charging

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Satu kekurangan lain dari Oppo Reno 10x Zoom adalah HP ini tidak mendukung pengisian baterai tanpa kabel alias wireless charging. Mengapa hal ini sangat penting? Karena HP lain di kelas yang sama, bahkan yang harganya lebih murah memiliki teknologi pengisian cepat tanpa kabel ini.

4. Masalah Harga

Oppo Reno 10x Zoom di Indonesia dijual dengan harga Rp12,999.000 alias hampir Rp13 juta. Untuk sebuah Hp kelas atas, harga tersebut cukup wajar. Sayangnya, fitur yang dihadirkan tampak masih kurang masuk akal.

Bandingkan dengan HP lain dengan harga yang sama tetapi memiliki keunggulan yang lebih baik, seperti anti-air atau fitur pengisian tanpa kabel. Seharusnya, harga banderol HP ini lebih murah meskipun memang teknologi kamera tersembunyi dan kamera periskop di HP ini patut diapresiasi.

Simpulan

Oppo Reno 10x Zoom merupakan HP kelas atas dari Oppo yang memiliki fitur dan teknologi yang menarik. Fitur seperti kamera periscope telefoto, kamera depan tersembunyi, dan keunggulan seperti performa dan daya tahan baterai tentu jadi nilai lebih tersendiri.

Sayangnya, dari sisi harga, jelas HP ini tidak untuk semua orang. Barangkali mereka yang memang memiliki dana cukup banyak dan penasaran dengan teknologi yang dihadirkan Oppo ini, bisa lirik Oppo Reno 10x Zoom. Tertarik? Jika tertarik, silakan beli HP ini di  di Bukalapak dengan klik link ini.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *