Makna Wajah Baru Telkomsel 2021


Jakarta, Wikimedan – Makna Wajah Baru Telkomsel 2021. Pada 18 Juni 2021, operator selular terbesar di Indonesia memperkenalkan wajah baru. Ini merupakan pembaruan pertama sejak didirikan seperempat abad silam. Tetap mengusung nuansa merah putih, identitas baru ini dikatakan perusahaan guna membangun identitas brand multinasional modern yang mengacu pada nilai budaya Indonesia.

Pada acara pengenalan logo barunya yang bertempat di ICE BSD Jumat lalu, Telkomsel mengungkapkan makna dan alasan pembaruan ikon perusahaan yang kini disebutnya “Portal”. Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh menuturkan identitas baru ini menandakan sebuah awal perjalanan yang akan membuka lebih banyak peluang bagi setiap lapisan masyarakat.

“Selama lebih dari 26 tahun, Telkomsel senantiasa berdedikasi dalam menghadirkan konektivitas di seluruh penjuru Indonesia. Namun, menjadi perusahaan Telekomunikasi saja tidak lagi cukup dalam menghadirkan perubahan-perubahan transformatif yang lebih bermakna untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Identitas Telkomsel yang baru menandakan sebuah awal perjalanan yang akan membuka lebih banyak peluang bagi setiap lapisan masyarakat,” jelas Rachel.

 

Rachel kemudian menjabarkan makna identitas baru perusahaan. Dia mengatakan, pembaruan brand identity telkomsel terdiri dari beberapa elemen, baik visual maupun audio.

1. Logo dan font type: terinspirasi dari warisan unik Indonesia yaitu motif batik, logo baru Telkomsel menyadur ukiran motif batik yang dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik telkomsel: Telkomsel Batik Sans. Font type ini merupakan karya anak bangsa yakni Deni Anggara dari Degarism Studio, Bandung. Selain itu, logo baru Telkomsel memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan.

2. Simbol portal: sebagai pendamping dari logo baru, Telkomsel memperkenalkan sebuah simbol baru berupa portal, yang dapat digunakan secara sendiri atau bersama dengan logo baru. FIlosofi dari portal ini merepresentasikan semangat dari Telkomsel untuk membuka dunia yang penuh dengan peluang kepada Indonesia.

3. Variasi warna: merah dan putih dari bendera Indonesia tetap menjadi warna utama dari Telkomsel. Namun agar bisa menstimulasi perasaan dan terhubung secara lebih emosional kepada seluruh pelanggan, Telkomsel memperkenalkan beberapa warna sekunder yaitu: merah tua, biru navy, kuning kunyit, abu-abu dan hitam.

4. Brand architecture: untuk menyederhanakan brand strategy dari seluruh layanannya, Telkomsel mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand. Dimana dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, merk Telkomsel akan menjadi lebih kuat dan menonjol. Salah satu contohnya adalah penyederhanaan merk simPATI, Kartu As dan Loop menjadi satu nama, yakni Telkomsel Prabayar.

5. Sonic branding: selain elemen visual, Telkomsel juga menghadirkan musik baru yang akan merepresentasikan merk dari Telkomsel. Musik ini memadukan instrumen tradisional dan modern, menjadi sebuah musik yang energik, dinamis, modern dan orisinil.

6. Lagu baru Telkomsel: di momen peluncuran logo baru, Telkomsel bekerja sama dengan Yovie Widyanto, Arsy Widyanto dan Tiara Andini untuk meluncurkan lagu baru milik Telkomsel dengan judul “Memilih aku”. Lirik dan melodi dari lagu ini menggambarkan rasa terima kasih Telkomsel kepada Indonesia yang telah memilih Telkomsel selama 26 tahun, dan komitmen kuat bahwa Telkomsel akan selalu ada untuk Indonesia.

 

Rachel mengungkapkan, logo Telkomsel yang baru terinspirasi dari lekukan dan pola batik sebagai identitas budaya Indonesia. Warna merah yang telah menjadi ciri khas Telkomsel kini akan dilengkapi dengan kombinasi gradasi warna untuk memunculkan semangat excitement dan friendliness.

Melalui wajah baru, Rachel Goh juga menjabarkan nilai-nilai baru perusahaan. Transformasi yang dilakukan ini dilengkapi dengan serangkaian nilai-nilai baru yang diaktualisasikan ke dalam bentuk integrasi produk-produk dan layanan berbasis digital yang lebih menyeluruh.

● Integrity, menjadi landasan Telkomsel menghadirkan transparansi seutuhnya bagi masyarakat.
● Purposeful, sebagai komitmen untuk terus terdepan mendampingi Indonesia melewati tantangan dengan membuka berbagai peluang dan kesempatan.
● Empowering, cara Telkomsel menghadirkan lebih banyak solusi digital yang mampu mendorong kemajuan bagi negeri.
● Exciting, wujud konsistensi kami menghadirkan antusiasme melalui solusi yang mentransformasi kualitas kehidupan lebih jauh lagi.

 

“Bagi Telkomsel, yang kami lakukan akan membawa pengalaman bermakna, karena semua yang kami lakukan akan membawa pada peluang baru dalam memaksimalkan potensi, baik dari individu maupun industri. Dengan Telkomsel yang baru, semua dapat membuka dan memaksimalkan peluang menuju penemuan dan awal untuk sebuah perubahan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia,” tutup Rachel.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *