Lee Chong Wei Donasikan 6,7 Miliar Rupiah untuk Persiapan Malaysia ke Olimpiade

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, yang pensiun pada 13 Juni lalu karena masalah kesehatan, pada Sabtu (12/10) menjanjikan uang tunai sebesar RM2mil atau berkisar 6,7 miliar rupiah dari kas Lee Lee Wei Foundation miliknya untuk membantu Federasi Badminton Malaysia (BAM) dalam persiapan mereka untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Dari jumlah dana tersebut, sebanyak RM1,4mil atau berkisar 4,7 miliar rupiah diberikan untuk BAM dan sisanya RM600.000 atau berkisar 2 miliar rupiah untuk NSC.

“Saya mungkin tidak bisa bersaing di Olimpiade Tokyo, tetapi saya berharap dana ini akan berguna ketika atlet nasional bersiap untuk Olimpiade tahun depan,” kata Chong Wei.

“Mudah-mudahan, itu juga akan membantu mereka yang belum memenuhi syarat untuk meraih tiket kualifikasi,” ungkap Chong Wei, yang hadir di Bulan Sukan Negara di Stadion Nasional Bukit Jalil kemarin (12/10).

Chong Wei mendirikan yayasan Lee Chong Wei Foundation pada April 2013 lalu dengan tujuan membantu mereka yang membutuhkan bantuan untuk pengobatan kanker dan penyakit lainnya.

Yayasan ini mungkin sekarang telah memberikan dana untuk olahraga bulu tangkis sebesar RM2mil sebagai permulaan dan berjanji untuk memberikan dukungan lebih banyak kepada para atlet potensial namun mengalami kesulitan untuk mendapatkan sponsor di masa depan.

Chong Wei, yang telah ditunjuk sebagai Chef de Misions Malaysia untuk Olimpiade Tokyo, mengingatkan kepada semua atlet untuk menjaga tubuh mereka dengan hati-hati dengan kualifikasi tersisa selama sembilan bulan mendatang.

Pada 2012, Chong Wei sendiri mengalami saat-saat kritis sebelum kembali ke kebugaran penuh tepat waktu untuk Olimpiade London. Chong Wei menderita cedera ligamen pergelangan kaki kanan yang parah selama gelaran Piala Thomas 2012 lalu, 10 minggu sebelum Olimpiade. Tetapi berkat perawatan yang intensif, ia dapat bangkit kembali sebelum mengklaim medali perak keduanya pada tahun itu.

“Olimpiade adalah kejuaraan olahraga multicabang terbesar di dunia dan setiap atlet perlu memperkuat mental bertanding mereka untuk mengatasi tantangan yang menuntut. Saya juga berharap mereka semua tetap sehat dan terhindar dari cedera,” tegas pemilik tiga medali perak Olimpiade itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, olimpiade tokyo 2020

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *