Kisah Ika, Mantan Guru yang Tak Malu Alih Profesi Jadi Montir Meski Dicibirin Tetangga

Daftar Indodax

Kisah Ika, Mantan Guru yang Tak Malu Alih Profesi Jadi Montir Meski Dicibirin Tetangga. Masa pandemi memang membuat semua orang harus bisa beradaptasi, bukan hanya sebatas gaya hidup baru yang dibatasi oleh protokol, orang juga harus bisa menjalani pekerjaan baru jika pekerjaan sebelumnya terdampak. Tentu bukan satu dua orang saja yang memutuskan banting setir untuk bisa bertahan.

Belakangan ini viral seorang mantan guru yang memilih untuk bekerja di bengkel selama pandemi. Foto-fotonya yang tersebar di media sosial pun sontak jadi perhatian netizen. Memang, dari dandanannya yang anggun sangat kontras dengan pekerjaan yang dia lakoni. Lantas, siapa sih sebenarnya mantan guru ini?

Roihatul Jannah alias Ika yang dulunya guru

Adalah Roihatul Jannah, atau yang biasa disapa Ika, perempuan 33 tahun yang merupakan sarjana pendidikan guru sekolah dasar. Ika sebelumnya merupakan guru sekolah dasar, selain itu Ika juga mengajar di taman kanak-kanak selama tiga tahun. Dikutip dari akun Instagram @medsoskediri, Ika mengaku tidak masalah meski harus menjalani profesi yang berbeda dengan latar belakang pendidikannya. Baginya, tidak ada yang tidak bisa dilakukan asal memiliki tekad dan niat yang kuat.

Alasan banting setir

Ika menjelaskan jika pekerjaannya sebagai montir sudah ia lakoni selama setahun ini. Dalam menjalankan usaha bengkel tersebut, Ika tak sendiri, melainkan bersama dengan sang adik—Ferdian Muzakki. Bengkel dengan nama Sumber Arta Motor tersebut ternyata didirikan oleh orang tua Ika di kaki Gunung Wilis, Kediri. Perihal adanya pandemi, sekolah TK memang tak lagi aktif. Hal itu yang membuat Ika memutuskan untuk membantu sang adik di bengkel.

Dicibir warga dan teman-temannya

Alih profesi menjadi montir mungkin memang cukup mengejutkan, khususnya bagi orang-orang yang mengenal Ika. Tak hanya satu dua orang yang mencibir, bahkan mempertanyakan keputusan Ika bergelut dengan motor-motor rusak. Beberapa tetangga dan teman kuliahnya dulu sangat menyayangkan, karena pendidikan yang ditempuh selama ini berakhir dengan ‘tangan kotor’ karena oli. Ika sendiri mengaku jika tidak ambil pusing pendapat orang, karena selama ini profesi yang dijalaninya halal, Ika bangga dan mengaku akan berusaha sekuat tenaga.

Tanggapan para netizen

Berbeda dengan tanggapan warga sekitar dan teman-teman kuliah Ika, para netizen yang menanggapi foto-foto Ika yang viral justru salut. Tak jarang yang memberikan ucapan pujian dan juga dukungan, mengharap Ika tetap semangat mengais rezeki halal. Ada pula yang memberikan komentar candaan, berharap bisa servis motor tiap hari karena montirnya cantik. Sayangnya, Mbak Ika ini tidak jomblo, melaikan sudah menikah, gaes.

Itulah sedikit ulasan tentang Roihatul Jannah, guru yang ganti profesi jadi montir bengkel. Meski banyak yang mencibir, toh pekerjaan tersebut yang sejatinya membanggakan, selain halal juga bermanfaat bagi yang membutuhkan, bukan?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *