Ketahui 6 Perbedaan Black Shark 3 & Black Shark 3 Pro Ini!

Pada Maret 2020 telah hadir generasi lanjutan dari seri ponsel gaming milik Xiaomi, yakni Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro. Setelah mendulang sepak terjang yang memukau semenjak 2018, lini produk Black Shark semakin sering dinanti para penggiat game di seluruh dunia.

Di seri yang ketiga ini Xiaomi kembali menghadirkan dua varian, yakni versi reguler dan versi Pro. Umumnya embel-embel Pro selalu menandakan spesifikasi dan fitur yang lebih mumpuni, serta harga lebih mahal. Lantas apakah Black Shark 3 Pro lebih layak dibeli ketimbang yang biasa? Simak perbedaan Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 3

  • Rilis: Maret 2020
  • Layar: AMOLED 6.67 inches
  • Chipset:Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB, 12 GB RAM
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4720 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 3 Pro

Xiaomi Black Shark 3 Pro

  • Rilis: Maret 2020
  • Layar: AMOLED 7.1 inches
  • Chipset:Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB, 12 GB RAM
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro

Dibuat khusus gaming, baik Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro tentunya sudah dihadirkan dengan spesifikasi sangar serta fitur-fitur yang bisa membuat performa gaming lebih meningkat lagi. Berikut adalah perbedaan antara kedua ponsel ini.

1. Dimensi dan Bobot

black shark 3 5g

Dibandingkan dengan Black Shark 3 yang agak ramping, sayangnya Black Shark 3 Pro terasa lebih berat dan bodinya pun lebih besar. Ini karena Black Shark 3 Pro memiliki dimensi 177.8 x 83.3 x 10.1 mm dengan berat 253 gram.

Kalau Anda ingin ponsel gaming yang terasa lebih ramping dan pas di tangan, Black Shark 3 lebih cocok untuk Anda. Soalnya, ponsel gaming ini memang memiliki ukuran lebih kecil yakni 168.7 x 77.3 x 10.4 mm serta memiliki berat 222 gram.

Dengan bobot yang lebih ringan Anda pun tidak akan mudah pegal saat bermain dengan durasi yang sangat panjang. Bagi Anda yang seorang mobile gamer profesional, tentunya kenyamanan menjadi faktor yang cukup penting untuk mendapatkan pengalaman gaming yang optimal.

2. Ukuran Layar

black shark 3 tanpa sertifikasi ip

Dimensi yang lebih besar memang agak menyulitkan dari sisi portabilitas. Tapi dari sisi immersion, Black Shark 3 Pro lebih unggul dengan menghadirkan ukuran layar lebih besar pula. Berbeda dengan Black Shark 3 reguler yang hanya dibekali layar AMOLED 6,67 inci, Anda bisa lebih puas bermain dengan Black Shark 3 Pro yang memiliki layar 7.1 inci.

Perbedaan ini tidak hanya terletak pada ukuran layar saja melainkan juga resolusi dan kepadatan piksel. Black Shark 3 Pro juga lebih mampu memberikan tampilan yang tajam berkat resolusi 1440 x 3120 piksel yang dihadirkannya. Sementara, Black Shark 3 hanya memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel saja.

Sedangkan, kepadatan piksel Black Shark 3 Pro juga lebih baik. Layar pada ponsel ini memiliki kerapatan 484 ppi, masih jauh lebih unggul ketimbang Black Shark 3 yang memiliki kerapatan 395 ppi.

3. Varian RAM dan Memori Internal

memori internal dan ram besar black shark 3

Selain dari ukuran layar yang berbeda, Anda pun akan menemukan varian RAM dan memori internal yang berbeda pula. Walau sama-sama menghadirkan kapasitas yang besar, pilihan yang tersedia berbeda.

Xiaomi Black Shark 3 menghadirkan varian 8/128 GB (LPDDR4X), 12/128 GB, serta 12/256 GB yang keduanya mengusung teknologi LPDDR5. Sementara itu, varian Pro-nya melewatkan kapasitas 128 GB dan langsung menawarkan kapasitas 256 GB dengan pilihan RAM 8 GB dan 12 GB. Tentu saja untuk varian Pro ini, keseluruhan kombinasi RAM dan memori internal ini sudah menggunakan LPDDR5.

Kemudian, baik varian Pro maupun reguler sama-sama menghadirkan teknologi UFS 3.0 yang menjadikan keduanya lebih cepat saat melakukan loading pada game.

4. Kapasitas Baterai

black shark 3 fast charging

Kemampuan baterai adalah salah satu kelebihan Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro yang pastinya akan disukai oleh berbagai pemain game casual maupun profesional.

Pasalnya, Anda dijamin bisa menjalankan sesi permainan dengan durasi panjang berkat kapasitasnya yang besar serta salah satu teknologi fast charging tercepat di dunia.

Black Shark 3 dibekali dengan dua buah baterai dengan masing-masing kapasitas 2360 mAh, sedangkan varian Pro-nya lebih unggul dengan mengandalkan dua baterai berkapasitas 2500 mAh.

Kedua ponsel ini tidak hanya awet, tapi juga bisa dicas dengan kilat berkat dukungan fast charging 65 W yang diklaim bisa mengisi daya hingga full dalam waktu 38 menit.

Untuk Black Shark 3, ketersediaan fast charging 65 W ini tidak hadir pada varian memori internal 128 GB. Tapi jangan khawatir, pengguna masih dapat menikmati fast charging 30 W untuk varian 128 GB ini.

Kalau Anda menginginkan ketersediaan fast charging 65 W yang tidak terbatas pada varian tertentu, Xiaomi Black Shark 3 Pro lebih layak dijadikan pilihan.

Selain dari pengecasan biasa, baik Black Shark 3 Pro dan Black Shark 3 biasa sama-sama memiliki kemampuan pengecasan magnetis (menggunakan daya 18 W) yang disambungkan pada port di punggung bodi. Hal ini supaya tangan Anda tidak terhalangi oleh kabel casan saat bermain game.

5. Ketersediaan Tombol Mekanis Pop-Up

master trigger

Seri Black Shark memang tidak hanya unggul di spesifikasi saja, karena beberapa fiturnya pun memang dirancang khusus untuk bermain game. Hal ini tercermin pada Black Shark 3 Pro yang menghadirkan tombol tambahan di bahu bodi sepanjang 21 mm, selayaknya tombol L dan R pada kontroler atau PS Vita. Sehingga, Anda pun bisa memainkan game tembak-tembakkan dengan sensasi konsol.

Kehadiran tombol yang terintegrasi ini pun hanya akan muncul ketika membuka game sehingga tidak akan mempengaruhi tampilan bodi secara keseluruhan jika sedang tidak dipakai.

Fitur tombol mekanis ini sayangnya tidak tersedia pada Black Shark 3 varian biasa – Anda harus mengandalkan kontroler tambahan jika ingin merasakan sensasi yang dahsyat saat bermain PUBG M atau COD Mobile.

6. Harga

black-shark-3-1583299427

Siapapun bisa menebak kalau varian Pro memang pasti lebih unggul dari varian biasa secara keseluruhan. Tapi hal ini juga berakibat pada harganya yang lebih mahal, tak terkecuali pada Black Shark 3 Pro yang memang dibanderol dengan harga lebih tinggi.

Black Shark 3 Pro varian 256 GB dan RAM 12 GB dihargai dengan banderol Rp14-jutaan. Sementara itu, varian Black Shark 3 reguler sudah bisa dibawa pulang dengan membayarkan Rp11-jutaan saja di Indonesia (varian 128/8 GB).

Dengan perbedaan harga ini Anda pun bisa menentukan prioritas apakah fitur-fitur eksklusif pada varian Pro sepadan untuk dimiliki atau tidak. Sementara itu jika Anda sekadar ingin ponsel dengan performa gahar, tentu Black Shark 3 juga sudah lebih dari layak untuk memenuhi keinginan bermain game.

Simpulan

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan utama antara Xiaomi Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro yang perlu diketahui. Untung saja, perbedaan-perbedaan tersebut tidak begitu jauh sehingga bagi Anda yang terkendala budget tidak usah ragu membeli varian reguler.

Black Shark 3 Pro adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang lebih puas dengan ukuran layar menyerupai tablet, atau ingin menggunakan tombol mekanis saat bermain. Selebihnya, Black Shark 3 dan 3 Pro tidak begitu terasa perbedaannya karena kapasitas baterainya hanya terpaut sedikit dan masih menggunakan chipset yang sama.

Untuk membawa pulang Black Shark 3 reguler, Anda bisa mengklik link ini. Untuk Anda yang tidak keberatan mengeluarkan kocek lebih, bisa membeli Black Shark 3 Pro melalui link ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *