Kenali Sejak Dini Gejala Penyakit Tumor Otak

Penyakit tumor otak merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya pertumbuhan jaringan yang abnormal pada otak. Jenisnya ada dua, bersifat jinak ataupun ganas. Jika tumor jinak pertumbuhannya cenderung lambat akan tetapi bila tumor tersebut ganas maka pertumbuhan akan lebih cepat.

 

Tumor otak bisa terjadi pada siapa saja, bisa menyerang anak – anak hingga orang dewasa baik perempuan maupun laki – laki. Penyebab terjadinya tumor otak karena adanya perubahan atau bisa disebut mutasi genetik sel yang ada pada otak, sedangkan kenapa bisa terjadi mutasi sel tersebut hingga sekarang belum diketahui hanya saja banyak faktor pencetus yang bisa mempengaruhi kondisi tersebut.

Gejala Penyakit Tumor Otak

Penderita yang mengalami tumor otak terkadang sering tidak menyadari adanya gejala – gejala yang timbul sejak dini, sebab gejala yang ditimbulkan biasanya adalah rasa pusing dan sering kali penderita menganggap bahwa hal itu adalah pusing biasa. Oleh sebab itu berikut akan dijelaskan beberapa gejala yang bisa jadi menjadi tanda atau signal yang dikirim oleh tubuh kita bahwa sedang sakit atau ada yang tidak beres dalam tubuh, agar kita lebih peka membaca tanda gangguan kesehatan yang dirasakan oleh tubuh kita. Semakin cepat terdeteksi maka penyakit tumor otak akan segera dapat diatasi.

1.     Pusing atau sakit kepala

Keluhan sakit kepala biasanya umum terjadi pada pasien dengan penyakit tumor otak dan biasanya sering tidak disadari secara dini oleh penderita, sebab memang sangat sulit membedakan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala yang ditimbulkan karena adanya tumor otak.

 

Namun pada penyakit tumor otak, sakit kepala tersebut semakin lama akan semakin memburuk dan meningkat  rasa sakitnya. Bila hal tersebut terjadi terus menerus dan tidak berkurang meskipun sudah meminum obat, maka sangat disarankan Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk bisa dilakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan tubuh Anda. Meski pada nyatanya seringkali sakit kepala bukan menjadi salah satu gejala atau keluhan yang muncul pertama.

2.     Pandangan atau penglihatan kabur

Pasien dengan penyakit tumor otak pada umumnya sering mengalami gejala penglihatan ganda, kabur dan bahkan kehilangan penglihatan yang terjadi secara bertahap. Atau ada juga pasien yang mengalami keluhan melihat adanya titik-titik putih yang terasa mengapung di antara jarak pandang atau dikenal dengan istilah aura.

 

Namun hal tersebut juga sering tidak disadari secara dini, hingga pada akhirnya gejala tersebut semakin memburuk secara bertahap tiap harinya yang akhirnya mengganggu aktivitas Anda sehari – hari. Jadi alangkah baiknya bila Anda mengalami gangguan penglihatan segera periksakan agar dapat diketahui apa yang menjadi penyebabnya.

3.     Mual muntah

Gejala mual muntah yang terjadi pada penyakit tumor otak bukanlah mual muntah biasa, tetapi terjadi secara terus menerus dan bertambah parah tanpa ada alasan tertentu dan tidak diketahu penyebabnya, maka hal tersebut juga harus diwaspadai.

4.     Kejang

Pasien dengan penyakit tumor otak juga mengalami keluhan kejang dan biasanya gejala ini muncul pertama kali. Kejang yang dirasakan tidak selalu terjadi seluruh tubuh, bisa jadi adanya keluhan kaku pada salah satu anggota tubuh atau bagian wajah. Bahkan ada juga yang mengalami kejang hingga kehilangan kesadaran secara sesaat yang juga sering tidak disadari oleh penderita.

5.     Kebas atau mati rasa

Sulit menelan, sensasi mati rasa atau baal pada bagian tubuh tertentu atau pada wajah hingga sulit mengendalikan ekspresi pada wajah juga bisa menjadi gejala yang harus Anda waspadai adanya tumor yang berada pada batang otak.

6.     Mudah lupa atau pikun

Jika Anda memiliki keluhan sering lupa yang cukup mengganggu aktivitas sehari – hari maka ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter karena pasien dengan penyakit tumor otak pada umumnya cenderung bermasalah dengan ingatannya, sering merasa bingung dan mengalami gangguan berpikir.

 

Gejala – gejala di atas merupakan salah satu signal atau tanda yang dikirim oleh tubuh bahwa ada permsalahan yang terjadi. Tidak selalu positif menderita penyakit tumor otak, tetapi pada umumnya pasien dengan tumor otak mengalami keluhan atau gejala yang sudah dijalaskan di atas. Jadi alangkah baiknya bila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut di atas, maka sebaiknya segera memeriksakan kesehatan diri Anda pada dokter agar dapat diketahui lebih dini apa yang menjadi penyebab gangguan kesehatan tersebut.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *