Kenali 3 Gejala Penyakit Crohn yang Hanya Dirasakan Oleh Wanita

Pasang Iklan Disini

Penyakit Crohn adalah gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan peradangan usus kronis. Namun tidak seperti radang usus buntu biasa, penyakit Crohn dapat menimbulkan gejala yang berbeda pada pria dan wanita. Apa saja gejala penyakit Crohn yang biasanya dialami oleh wanita? Berikut penjelasannya.

Gejala penyakit crohn yang umum

Penyakit Crohn dapat menimbulkan gejala yang bervariasi. Bisa parah, ringan, bahkan tanpa gejala sama sekali sampai kondisinya memburuk. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja gejala umum penyakit Crohn yang mungkin terjadi. Antara lain:

  • Nyeri perut.
  • Diare.
  • Perdarahan rektum (perdarahan dari anus; BAB berdarah).
  • Demam.
  • Nafsu makan menurun dan berat badan berkurang.
  • Mudah lelah.

Lalu, apa saja gejala yang hanya muncul pada wanita?

nyeri perut saat haid menstruasi

Selain gejala umum seperti di atas, wanita juga merasakan gejala lainnya, seperti:

1. Menstruasi tidak teratur

Meski menyerang sistem pencernaan, ternyata penyakit Crohn juga berdampak pada siklus haid Anda. Peradangan kronis menghambat kerja usus menyerap nutrisi sehingga jadi mengganggu produksi hormon dalam tubuh yang berkaitan dengan siklus haid.

Selain itu, stres yang secara tidak langsung muncul akibat penyakit ini juga ikut membuat menstruasi Anda makin tidak teratur.

Pada kebanyakan  wanita, siklus haid yang tidak teratur dapat berdampak pada kesuburan. Artinya, besar kemungkinan wanita yang mengidap penyakit Crohn lebih sulit hamil daripada wanita lainnya.

Umumnya, masalah kesuburan lebih sering muncul pada wanita yang tidak mengalami gejala khusus selain mens tidak teratur.

2. Kekurangan zat besi

Penyakit Crohn membuat tubuh Anda kesulitan menyerap nutrisi dari makanan. Inilah yang membuat wanita pengidap Crohn berisiko lebih tinggi untuk mengalami anemia defisiensi zat besi ketimbang wanita lainnya.

Risiko defisiensi zat besi juga terjadi karena perdarahan pada usus akibat penyakit Crohn yang semakin menganggu penyerapan zat besi dari makanan.

Jika Anda memiliki penyakit crohn disertai perdarahan selama mentruasi yang cukup berat, Anda mungkin butuh obat tambahan untuk mencegah kekurangan zat besi.

3. Nyeri saat berhubungan seks

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa nyeri saat berhubungan seks (dispareunia) bisa menjadi gejala penyakit Crohn. Kondisi ini biasanya muncul ketika peradangan pada usus sudah menyebar sampai ke area anus dan vagina.

Dispareunia bisa juga menunjukkan terbentuknya fistula (saluran abnormal yang berkembang di antara dua organ).

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *