5 Solusi Mengatasi Tumit yang Selalu Terasa Sakit, di Rumah dan di Dokter

Wanita yang hobi memakai high heels mungkin sering merasa tumitnya sakit. Orang-orang yang rutin olahraga lari juga mungkin merasakan hal yang sama. Begitu pula dengan orang-orang yang memiliki rematik atau tendonitis (peradangan tendon). Nyeri tumit kronis tentu bikin aktivitas Anda terganggu karena jalan yang jaraknya dekat saja rasa sakitnya bisa minta ampun. Selain membatasi gerak tubuh, nyeri tumit juga lama-lama dapat mengubah cara Anda berjalan. Adakah cara mengatasi tumit kaki sakit yang efektif?

Cara untuk mengatasi tumit kaki sakit yang efektif

Beberapa cara untuk mengatasi nyeri tumit berikut ini bisa Anda coba, seperti:

1. Minum obat pereda nyeri

Peradangan pada tumit yang menimbulkan rasa nyeri bisa diatasi dengan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, acetaminophen, dan naproxen. Obat-obatan tersebut dapat meredakan nyeri dengan menghambat sekaligus mengurangi peradangan.

Jika obat pereda nyeri ini tidak ampuh Anda bisa beralih ke obat suntik kortikosteroid, dengan pengawasan dokter tentunya.

2. Istirahat

Saat tumit mulai terasa nyeri, sebaiknya jangan paksakan untuk berakivitas. Anda harus beristirahat sampai gejalanya membaik. Jika Anda mengabaikan dan terus beraktivitas, rasa nyeri semakin bertambah perih.

3. Kompres dengan es

Sambil Anda mengistirahatkan kaki, Anda bisa menempelkan kompres es batu yang dibalut handuk pada tumit. Rasa dingin dari es bisa mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Mengompres tumit dengan es batu bisa dilakukan 2 kali sehari saat tumit mulai terasa nyeri.

4. Latihan peregangan kaki

Meski Anda disarankan untuk beristirahat, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan aktivitas fisik sama sekali dengan kondisi ini. Ada latihan peragangan khusus pada kaki yang memperkuat otot-otot kaki serta mengurangi rasa nyeri di tumit. Latihan ini dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • Duduk di kursi sambil meregangkan kaki lurus ke depan dan menyentuh kaki dengan tangan. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.
  • Berdiri menghadap dinding dan tempatkan tumit kaki yang sakit di belakang kaki lainnya. Kemudian, tekuk kaki bagian depan sambil mendorong tubuh bagian atas ke arah dinding dan tempelkan tangan di dinding. Lalu gerakan badan naik turun dan lakukan sebanyak 10 kali.

5. Operasi

Jika pengobatan dan perawatan yang Anda lakukan sebelumnya tidak membuat keadaan Anda lebih baik, maka operasi adalah solusi pengobatan terakhir. Proses pembedahan dilakukan untuk memperbaiki masalah yang mengganggu tumit Anda.

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *