Kejutan: Halle Bailey, Ariel Baru

Di tahun 2020, Disney akan membuat film The Little Mermaid versi live-action. Para penggemar  Disney tentu bertanya-tanya siapa yang akan memerankan putri duyung ikonik, Ariel. Disney akhirnya memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut!

Halley Bailey, aktris dan penyanyi R&B berusia 19 tahun. Penggemar setia Disney mungkin sudah menyadari bahwa  pilihan Disney ini menimbulkan kontroversi. Mengapa? Yuk simak fakta tentang Halle Bailey dan film The Little Mermaid.

The Little Mermaid – Live Action

1. Kali pertama Disney memilih perempuan berkulit non-putih (woman of color)

Ini merupakan pertama kalinya Disney mengusung woman of color untuk memainkan karakter yang secara biasanya digambarkan berkulit putih.

2. Ariel digambarkan bermata biru, berkulit putih mulus, dan berambut merah cerah.

Hal ini yang membuat sebagian fans protes. Mereka mengharapkan aktris yang  memerankan Ariel memiliki ciri-ciri yang sama. Sementara Bailey berkulit hitam dan  warna rambutnya juga bukan merah.

3. Jodi Benson, pengisi suara Ariel di film versi animasi, mendukung Bailey

Benson berkata bahwa Disney ingin “berkomunikasi dengan kita semua, audience, sehingga kita bisa terpikat lagi dengan film itu.”

“Spirit karakter adalah yang benar-benar penting,” kata Benson. “Yang berpengaruh adalah hati dan spirit dari karakter itu”

“Yang paling penting dalam sebuah film adalah mampu menyampaikan cerita. Kita perlu  bercerita terlepas dari bagaimana penampilan kita.”

4.  Halle Bailey adalah anak didik Beyonce dan bekerja keras memajukan kariernya sebagai penyanyi

Halle adalah salah satu anggota duo Chloe x Halle dan pernah tur dengan Beyonce. Dia juga pernah dinominasikan pada dua Grammy Awards dan bermain di serial Grown-ish. Pencapaian yang luar biasa untuk penyanyi berusia 19 tahun, bukan?

5.  Film original dirilis pada tahun 1989 dan versi remake-nya telah diumumkan sejak tahun 2016

Film versi live-action ini disutradarai oleh Rob Marshall. Lagu-lagu di film baru ini akan  digarap oleh Alan Menken dan Lin Manuel Miranda.

6. Ada pilihan-pilihan lain yang tidak terduga

Siapa yang menduga bahwa Melissa McCarthy akan memerankan Ursula? Lalu, aktris Awkwafina yang bermain sebagai Peik Lin di Crazy Rich Asian, akan mengisi suara Scuttle.

Berbagai Pendapat tentang Film The Little Mermaid yang Baru

Meskipun sebagian orang marah karena film masa kecilnya tidak diperankan oleh aktris yang mereka inginkan, sebagian lain mendukung keputusan Disney.

Banyak orang rasis dan mereka protes karena Halle berkulit hitam. Akan tetapi, banyak aktor dan aktris Hollywood yang menunjukkan dukungan mereka di Twitter, termasuk Mariah Carey, Halle Berry, dan Chrissy Teigen.

Pernyataan Disney

Disney juga mengeluarkan pernyataan di Instagram, berjudul “An open letter to the Poor, Unfortunate Souls, (Surat Terbuka untuk Jiwa-Jiwa yang Malang). Berikut ini pernyataan dari Disney:

“Yes. The original author of ‘The Little Mermaid’ was Danish. Ariel…is a mermaid. She lives in an underwater kingdom in international waters and can legit swim wherever she wants (even though that often upsets King Triton, absolute zaddy). But for the sake of argument, let’s say that Ariel, too, is Danish. Danish mermaids can be black because Danish *people* can be black. Ariel can sneak up to the surface at any time with her pals Scuttle and the *ahem* Jamaican crab Sebastian (sorry, Flounder!) and keep that bronze base tight. Black Danish people, and thus mer-folk, can also *genetically* (!!!) have red hair. But spoiler alert – bring it back to the top – the character of Ariel is a work of fiction. So, after all, this is said and done, and you still cannot get past the idea that choosing the incredible, sensational, highly-talented, gorgeous Halle Bailey is anything other than the INSPIRED casting that it is because she “doesn’t look like the cartoon one”, oh boy, do I have some news for you…about you”.

“Iya, penulis original “The Little Mermaid” adalah orang Denmark. Ariel…adalah putri duyung. Dia tinggal di kerajaan bawah laut internasional dan dia bisa berenang kemanapun dia mau (walaupun itu sering membuat marah Raja Triton). Tetapi, anggaplah Arial juga berkebangasaan Denmark. Putri duyung Denmark bisa berkulit putih karena *orang* Denmark juga bisa berkulit hitam. Ariel bisa diam-diam muncul ke permukaan dengan teman-temannya  Scuttle dan *ahem* kepiting Jamaika Sebastian (maaf, Flounder!) dan mempertahankan bronze base-nya. Orang Denmark yang berkulit hitam, dan maka dari itu, rakyat duyung, bisa  juga *secara genetik* (!!!) memiliki rambut merah. Jadi, setelah semua ini sudah dikatakan dan terjadi dan kalian masih belum bisa menerima bahwa pemilihan Halle Bailey yang sensasional, sangat bertalenta, cantik, adalah hasil dari casting yang memukau karena dia tidak terlihat seperti  versi kartun nya, oh kami punya kabar untuk kalian…tentang kalian”

Orang-orang akan selalu mempunyai pendapat mengenai film ini, The Little Mermaid akan tetap diproduksi di tahun 2020 nanti. Apakah kalian setuju dengan pilihan Disney yang jatuh pada Halle Bailey?

Penulis: Aileen Velishya dan Elga Theresia

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *