Kadis dan Administrator Pemkab Sergai di Rotasi, Bupati Ingatkan Pesan Penting


SERGAI (Sumut) Wikimedan.com | Kadis dan Administrator Pemkab Sergai di Rotasi, Bupati Ingatkan Pesan Penting. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) melantik 18 pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator, Senin (5/7/2021). Pelantikan berlangsung khidmat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai di Sei Rampah.

Dalam sambutannya, Darma mengata kan bahwa proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilaksanakan melalui mekanisme seleksi terbuka dengan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1944/KASNS/05/ 2021 Tanggal 31 Mei 2021 tentang Rekomendasi hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemkab Sergai.

“Kegiatan ini telah mendapatkan izin pengangkatan dan pelantikan dari Mendagri nomor 821/3763/SJ Tanggal 2 Juli 2021. Sedangkan proses mutasi dan rotasi pejabat administrator telah dikon sultasikan sebelumnya ke Kementerian Dalam Negeri sebagai upaya pelaksana an amanat pasal 162 ayat 3 UU No 19 Tahun 2016,” paparnya.

Turut hadir Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekdakab Faisal Hasrimi, sejumlah Asisten, staf ahli, Kepala Dinas dan pejabat lainnya.

Persetujuan pengangkatan dan pelan tikan ini juga tertulis dalam Surat Menteri Dalam Negeri No 821/4289/OTDA Tanggal 30 Juni 2021.

“Selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik. Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian,” katanya.

Ia turut menyampaikan bahwa rotasi dan mutasi dalam suatu organisasi peme rintahan adalah hal yang lumrah dan merupakan kebutuhan sebagai upaya menempatkan aparatur berkompetensi, semangat kerja, loyalitas, dan memberi kan penyegaran di lini strategis dalam mewujudkan visi misi Sergai Maju Terus.

Mantan Wakil Bupati ini turut membeber kan enam pesan penting yang harus dilakukan dalam membantu program kerja Bupati dan Wakil Bupati.

Pertama yakni para pejabat harus memaksimalkan kemampuan manajerial dan sosio kultural dalam mengoptimal kan kinerja di masing-masing lingkungan jabatan. Kedua, Bupati meminta kepada agar secepatnya mengenali tupoksi di OPD yang baru, beradaptasi dan mening katkan akselerasi kinerja.

“Bagi saudara yang diberi amanah sebagai camat, untuk dapat menggali potensi di setiap wilayah yang dipimpin dan melakukan langkah inovatif bidang pelayanan, pembangunan terutama dalam upaya penanganan Covid-19 di tengah ruang lingkup fiskal yang sangat sulit karena kebijakan refocusing anggaran belanja pembangunan daerah,” lanjutnya.

Ia juga meminta percepatan pencapaian target kinerja, melaksanakan efisiensi anggaran dengan memprioritaskan program/kegiatan yang berkontribusi langsung.

Terakhir, pria yang akrab disapa Wiwik ini menugaskan kepada tim penilai kinerja untuk memantau secara khusus kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator yang baru saja dilantik serta evaluasi atas kinerja selama tiga bulan pertama.

Pada kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya juga memastikan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati tidak pernah meminta imbalan apapun kepada para pejabat dan masyarakat yang ingin masuk CPNS.

“Saat ini banyak beredar akun palsu yang mengatasnamakan saya di Media Sosial. Sekali lagi saya pastikan bahwa itu bukan saya. Dan saya tidak pernah meminta imbalan apapun kepada pejabat yang hari ini saya lantik apalagi ke masyarakat,”tegasnya lagi.

Iapun berpesan kepada masyarakat yang menemukan akun palsu yang mengatas namakan dirinya yang menjanjikan sesuatu agar tidak digubris.

“Jangan asal kasih data diri kita. Saya tegaskan sekali lagi bahwa saya dan pak Wakil Bupati tidak pernah ikut campur dalam perekrutan CPNS atau PPPK/ honorer. Apalagi sampai meminta imbalan,”tandasnya.

Adapun pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik hari ini berjumlah enam orang. Mereka adalah Suwanto Nasution sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Sofyan Suri sebagai Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kahar Efendi sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dedy Iskandar sebagai Kadis Pertanian, Arianto sebagai Kadis Sosial, dan Elinda Sitianur sebagai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

Sementara 12 nama pejabat adminis trator yakni Raden Cici Sistiansyah (Kabag Kesejahteraan Rakyat), Jalinar Simanjuntak (Kabid Anggaran BPKA), Tri Budi Utama (Kabag Pengadaan Barang dan Jasa), Efraim Barus (Kabid Peralatan dan Pengendalian Mutu Dinas PUPR), Syahriati Lubis (Sekretaris Dinsos), Sariful Azhar (Sekretaris Dinas PMD).

Kemudian Abdi Rasoki Pulungan (Sekretaris Inspektorat), Gidion Tarigan (Kabid Aset BPKA), Muryani (Camat Serba Jadi), Mariadi (Sekcam Serba Jadi), Roy Sandi Luther Sipayung (Kabid Perkebunan Dinas Pertanian), dan Maslina Rotia Sagala (Kabid Perikanan Tangkap Diskanla).

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *