Israel Bawa Petaka Baru Kalau Nekat Banjiri Terowongan Hamas

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Israel Bawa Petaka Baru Kalau Nekat Banjiri Terowongan Hamas. Israel berencana membanjiri terowongan Hamas di Gaza. Namun para peneliti mengingatkan adanya petaka baru jika Israel masih melanjutkan rencananya.

Wall Street Journal melaporkan pasukan Israel berencana membanjiri jaringan labirin dengan ribuan galon air laut. Mereka telah menyelesaikan setidaknya 5 pompa air yang berada 1 mil di utara kamp pengungsian al-Shati.

Tiap pompa air bisa mengalirkan ribuan meter kubik air per jam. Jadi terowongan akan bisa dibanjiri dalam beberapa minggu.

“Ya, itu bisa saja dilakukan dan berhasil,” ujar Professor Michael Clarke, seorang analis militer asal Inggris, dikutip dari SkyNews, Senin (11/12/2023).

Namun Clarke mengingatkan Israel bisa saja membunuh warganya sendiri dengan operasi tersebut. Sebab belum dipastikan apakah tawanan yang disembunyikan Hamas di sana telah dibebaskan atau belum.

“Mereka [Israel] tak tahu apakah ada sandera mereka yang ditahan di sana atau tidak,” kata Clarke.

Clarke juga menambahkan risiko lain yang menghantui adalah aksi tersebut bisa mencemari lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Ini yang membantu pasokan air di Gaza, artinya akan ada risiko besar bagi lingkungan sekitar.

Jika aksi tetap dilakukan, maka akan jadi petaka besar bagi lingkungan. Clarke mengatakan dunia akan mengecam Israel terkait hal tersebut.

Namun Israel kemungkinan tak akan melakukannya dalam waktu dekat. Bisa saja aksi membanjiri terowongan itu hanya bualan semata, dengan harapan membuat warga Gaza di dalamnya akan keluar.

“Cerita seperti ini disebar untuk menyerang psikologis lawan. Jadi, Israel membanjiri mereka dengan kata-kata ketimbang air [sesungguhnya],” ungkapnya.

Asumsi soal terowongan itu dimulai sejak perang Israel dan Hamas pecah 7 Oktober 2023 lalu. Terowongan disebut memiliki luas hingga ratusan mil dan berada 30 meter di bawah permukaan tanah.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231211070150-37-496022/israel-bawa-petaka-baru-kalau-nekat-banjiri-terowongan-hamas

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *