Cerita Ambulans Kota Padang yang Dipakai di Palestina, Ini Faktanya

Daftar Indodax

Cerita Ambulans Kota Padang yang Dipakai di Palestina, Ini Faktanya – Perang antara Israel dan Palestina semakin memanas. Bahkan kabar terbaru menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan belum akan mengakhiri perang yang sudah berlangsung selama tujuh hari tersebut. Sementara korban tewas dilaporkan mencapai hampir 200 orang, termasuk 58 anak-anak. Tindakan Israel yang terus memborbardir Palestina itu membuat penduduk dunia bersimpati pada negara Timur Tengah tersebut.

Berbagai topik mengenai Palestina pun sempat trending di media sosial. Salah satu yang menjadi sorotan netizen adalah foto-foto mobil ambulans berlogo Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat yang sedang membantu warga Palestina saat diserang Israel. Salah satu akun Facebook yang membagikan foto-foto tersebut adalah Diskominfo Kota Padang. Lalu bagaimana cerita di balik viralnya foto ambulans tersebut? Simak fakta selengkapnya.

Ambulans bantuan dari Pemkot Padang dan ACT

Ambulans berwarna putih bergaris kuning dan merah dengan logo Pemkot Padang, terlihat membantu warga Palestina yang sedang terluka. Informasi yang beredar menyebut bahwa ambulans itu merupakan sumbangan dari Pemerintah Kota Padang bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Donasi berupa ambulans dilakukan pada tahun 2020 lalu. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, yang kala itu masih memimpin Pemkot Padang, membenarkan informasi tersebut. “Benar, itu bantuan Pemkot Padang bersama warga Padang pada Maret 2020 lalu,” ungkapnya, seperti yang dilansir dari Kompas.

Beli ambulans langsung dari Palestina

Banyak yang mengira Pemkot Padang membeli ambulans di Padang dan mengirimkannya ke Palestina. Faktanya tak seperti itu. Mahyeldi menuturkan, warga Padang mulai berdonasi pada awal 2020 dan disumbangkan melalui ACT, yang selanjutnya dibelikan ambulans di Palestina. “Mobilnya dibeli di sana, bukan dari Padang,” kata Mahyeldi.

Berikan bantuan operasional

Mahyeldi menyampaikan bahwa Pemkot Padang tak hanya memberikan bantuan satu unit ambulans. Pemkot dan warga Padang juga mendukung operasional untuk ambulans tersebut. Keperluan operasional ambulans langsung dikelola oleh perwakilan ACT dari Palestina.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Ferimulyani Hamid beserta warga Padang berharap, ambulans tersebut dapat memberikan bantuan bagi warga Palestina yang sakit ataupun terluka karena serangan Israel. Ia juga bersyukur ambulans itu bermanfaat untuk warga Palestina. “Alhamdulillah bisa dimanfaatkan. Dalam ambulans itu tentu lengkap. Ada oksigen, untuk pertolongan pertama kedaruratan. Ini bedanya dengan mobil jenazah,” ujar Feri.

Tak hanya warga Padang, bantuan bagi warga Palestina juga datang dari berbagai penjuru dunia. Banyak tokoh terkenal yang memberikan dukungan, salah satunya adalah supermodel Bella Hadid, yang rela turun ke jalan mengikuti aksi demo demi mengecam tindakan keji Israel terhadap warga Palestina. Semoga perang antar kedua negara ini segera berakhir karena perang hanya akan melahirkan kekerasan dan tak pernah berujung pada perdamaian.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *