Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Spotify, Lengkap dan Detail


Wikimedan.com – Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Spotify, Lengkap dan Detail. Podcast atau siniar kini menjadi medium baru untuk berkarya. Lewat podcast, kita bisa membicarakan apa saja. Mulai dari keseharian hidup, hobi dan minat kita, hingga hal-hal faktual yang tengah terjadi.

Banyak platform yang bisa dipakai untuk membuat podcast. Spotify adalah salah satunya. Platform asal Swedia ini kini tak hanya menyediakan beragam lagu saja. Tetapi, juga bisa dijadikan tempat dibuatnya sebuah podcast.

Banyak sudah kreator yang membuat podcast di Spotify. Bila kamu mau menjadi kreator berikutnya, kamu harus pantengin artikel ini sampai tandas.

Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Spotify, Lengkap dan Detail

1. Menentukan Tema

Tema sangatlah penting dalam sebuah podcast. Tanpanya, kamu tak akan tahu apa yang mau kamu bicarakan saat rekaman podcast nanti. Untuk itulah, mengapa tema menjadi hal pertama yang harus kamu tentukan.

Sebagai saran, pilihlah tema yang dekat dengan keseharianmu. Entah itu berupa hobi, pekerjaan, atau keresahanmu selama ini. Memilih tema yang dekat dengan diri sendiri bakal bikin kamu lebih jujur dan lepas selama pembuatan podcast. Lagipula, saat ini para pendengar sudah mulai menghargai podcast yang temanya dekat dengan si podcaster itu sendiri.

2. Menuliskan Poin-Poin yang Hendak Kamu Sampaikan

Cara ini sebetulnya opsional. Boleh kamu lakukan ataupun tidak. Kalau kamu lebih suka berbicara secara ngalir dan ngalor-ngidul, langkah ini bisa kamu lewatkan saja.

Namun, kalau kamu ingin lebih terstruktur atau takut lupa, langkah ini bisa kamu lakukan. Tuliskan poin-poin yang hendak kamu sampaikan, entah itu di buku tulis, ponsel, ataupun di laptopmu. Tak harus mendetail, kamu hanya perlu menuliskan garis besar dari poin yang hendak kamu sampaikan.

3. Rekaman

Inilah cara yang cukup krusial dalam pembuatan podcast di Spotify. Untuk melakukan cara ini, pastikan kamu telah menyiapkan laptop dan mikrofon USB. Untuk laptop, pastikan sudah terpasang aplikasi perekam suara untuk laptop.

Adapun salah satu aplikasi yang sangat disarankan adalah Audacity. Aplikasi ini bisa dipasang di laptop bersistem Windows ataupun Mac OS. Jika sudah, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan mikrofon USB yang kamu punya sudah terhubung di laptop yang telah dipasangi Audacity.
  • Mulailah rekaman dengan mengklik logo mikrofon di Audacity. Untuk memperlancar proses rekaman, kamu bisa melihat poin-poin yang telah kamu buat sambil terus rekaman.
  • Klik stop bila sudah selesai rekaman. Habis itu, coba dengarkan kembali hasil rekaman.
  • Bila sekiranya ada yang perlu diedit, editlah hasil rekaman itu sesuai dengan kebutuhan.
  • Selama pengeditan, disarankan untuk memakai format ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 dengan bitrates 96 – 320 kbps.
  • Simpanlah hasil rekaman yang telah kamu edit dalam format MP3. Jangan lupa untuk memberi nama di hasil rekaman podcast-mu itu.
  • Pastikan ukuran file-mu tak lebih dari 200 MB, agar bisa dimasukkan ke Spotify.

4. Tentukan Nama dan Cover Image untuk Podcast Buatanmu

Di langkah sebelumnya, kami sempat menyebutkan soal memasukkan nama podcast-mu. Bila kamu bingung soal pemberian nama untuk podcast-mu, langkah satu ini bisa kamu perhatikan.

Untuk soal nama, pastikan pilih nama yang singkat namun menarik. Dan tentu saja, merepresentasikan tema yang kamu bahas. Disarankan untuk membuat nama yang panjangnya tidak lebih dari 20 karakter.

Selain nama, cover image juga sangat penting untuk sebuah podcast. Cover image sendiri bisa menjadi identitas dan ciri khas dari podcast buatanmu. Kamu bisa membuat sendiri cover image dari podcast-mu.

Jika tidak, kamu bisa minta dibuatkan ke temanmu yang jago desain grafis. Kalau masih tidak memungkinkan, kamu bisa pakai gambar di internet yang bebas copyright. Untuk cover image, pastikan agar ukurannya minimal 1400 x 1400 piksel, serta memiliki rasio 1:1.

5. Tentukan Host Website untuk Podcast-mu

Sebelum diunggah ke Spotify, pastikan agar podcast-mu sudah memiliki host website. Host website sendiri nantinya bisa memberikan RSS feed, di mana RSS feed sendiri merupakan salah satu syarat agar podcast-mu bisa masuk Spotify.

Host website juga bisa membuat podcast-mu tersedia di internet secara bebas. Untuk host website, kamu bisa menggunakan SoundCloud, Blubrry, ataupun Anchor. Semua host website itu bisa kamu pakai secara gratis, walau memiliki sejumlah batasan.

6. Unggah Podcast Buatanmu ke Spotify

Ini adalah cara terakhir yang harus kamu lakukan. Mengunggah podcast ke Spotify sendiri membutuhkan sejumlah langkah khusus. Adapun langkah-langkah tersebut adalah:

  • Bukalah halaman Spotify for Podcaster.
  • Bila sebelumnya kamu sudah punya akun Spotify, kamu tinggal langsung masuk saja ke program Spotify tersebut. Bila belum, maka buatlah terlebih dulu akun Spotify. Bila sudah, masuk ke menu ‘Get Your Podcast’, kemudian klik ‘Get Started’.
  • Centanglah kotak pada kolom ‘Terms and Conditions’, setelah itu tekan tombol ‘Continue’.
  • Masukkanlah RSS feed podcast-mu pada kotak yang telah disediakan. Nantinya, judul dan cover image podcast-mu bakal muncul secara otomatis. Bila keduanya sudah muncul, kamu bisa langsung klik tombol ‘Next’.
  • Nantinya, kamu bakal menemukan kolom ‘Add Podcast Info’. Di kolom tersebut, kamu bisa mengisi informasi lengkap soal podcast-mu. Mulai dari bahasa, kategori, negara, dan lain sebagainya.
  • Tekan tombol ‘Next’ bila semua informasi podcast-mu telah terisi. Cek kembali informasi-informasi tersebut, setelah itu barulah tekan ‘Submit’.

Podcast yang telah kamu unggah itu akan di-review oleh tim Spotify selama beberapa jam ataupun hari. Barulah setelahnya, akan ditayangkan langsung oleh mereka.

Beberapa Referensi Podcast yang ada di Spotify

Sebelum menutup artikel ini, Wikimedan akan memberikan beberapa referensi podcast yang kini ada di Spotify. Siapa tahu bisa menjadi inspirasimu saat nanti akan membuat podcast. Adapun beberapa referensi tersebut adalah.

1. Rapot

Ini adalah podcast yang dibuat oleh empat orang MC dan penyiar ternama. Reza Chandika, Ankatama, Natasha Abigail, dan Radhini adalah keempatnya. Di podcast ini mereka membicarakan hal-hal yang pernah mereka alami. Mulai dari pengalaman mereka sebagai MC, kenangan masa kecil, hingga pengalaman di ranah percintaan. Untuk mendengarkan podcast ini, kamu bisa langsung ke sini.

2. Unfaedah Podcast

Kalau yang satu ini dibuat oleh para pendiri Lawless Jakarta. Di Unfaedah Podcast, Gofar Hilman cs menceritakan apa saja yang mereka mau. Mulai dari pengalaman mereka saat pertama kali mendirikan Lawless, hingga kenakalan-kenakalan mereka di masa lalu.

Dengan gaya bahasa mereka yang ceplas-ceplos dan apa adanya, podcast satu ini terasa begitu jujur dan asyik untuk didengarkan. Unfaedah Podcast bisa kamu dengarkan langsung di sini.

3. Podkesmas

Kalau dianalogikan, podcast satu ini adalah perpaduan antara Rapot dan Unfaedah Podcast. Dikatakan demikian karena podcast ini juga diisi oleh empat penyiar kenamaan layaknya Rapot, namun disampaikan dengan gaya bahasa a la Unfaedah Podcast.

Digawangi oleh Imam Darto, Surya Insomnia, Ananda Omesh, dan Angga Nggok, podcast satu ini akan bikin kamu tertawa karena hal-hal yang mereka bicarakan. Silakan langsung ke sini bila kamu tertarik untuk mendengarkannya.

Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Spotify. Podcast kini menjadi medium baru dalam berkarya. Kamu bisa membahas apa saja lewat medium satu ini. Bila kamu tertarik untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti cara-cara yang sudah kami sampaikan di atas.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *