Inilah 5 HP Lipat Terbaru 2023

Pasang Iklan Disini

WikimedanInilah 5 HP Lipat Terbaru 2023. HP layar lipat agaknya bakal menjamur sepanjang 2023. Pada awal Januari lalu, Digital Supply Chain Consultants (DSCC) memprediksi penjualan HP layar lipat akan bertumbuh 33% hingga akhir tahun.

Ramalan tersebut diperkuat melalui banyaknya pabrikan HP yang pamer layar lipat di gelaran MWC 2023, Barcelona, Spanyol, beberapa saat lalu.

Hal ini akan membuat pasar HP layar lipat tak lagi didominasi Samsung melalui seri Galaxy Z Fold dan Flip. Berikut 5 HP layar lipat lainnya yang sudah dan akan tersedia tahun ini.

Oppo Find N2 Flip

Setelah diperkenalkan di China pada akhir 2022, Oppo Find N2 Flip akhirnya menyapa pasar global dan dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Sebab, HP ini sudah terdaftar di situs Kemenperin.

Oppo Find N2 Flip mengusung layar lipat beukuran 6,8 inci beresolusi FHD+ dengan model AMOLED dan refresh rate 120Hz. Di bagian punggung, terpatri layar sekunder atau disebut cover screen berukuran 3,26 inci dengan orientasi vertikal (portrait) untuk mengakses cepat notifikasi dan informasi lain.

Di sektor fotografi, Oppo Find N2 Flip mengandalkan kamera utama 50MP (f/1.8, OIS) yang ditemani dengan kamera 8MP (ultrawide, f/2.2). Kamera depannya mengandalkan sensor beresolusi 32MP (f/2.4).

HP ini ditenagai Dimensity 9000+ 8-inti dengan GPU Arm Mali-G710 MC10. Sistem operasinya pakai ColorOS 13.0 berbasis Android 13.

Honor Magic Vs

Di gelaran MWC baru-baru ini, Honor Magic Vs menjadi salah satu HP layar lipat yang dipamerkan. HP ini diklaim meningkatkan lekukan saat HP dilipat, sehingga ketebalannya bisa direduksi hingga 12,9mm.

Beberapa spesifikasi yang diketahui dari HP ini adalah chipset Snapdragon 8+ Gen 1, layar utama jumbo 7,9 inci, serta baterai raksasa 5000mAh. Sayangnya, tingkat kecerahannya terbatas sampai 899 nits saja.

Techno Phantom V Fold

Techno Phantom V Fold. (Dok. mobile-phantom)
Foto: Techno Phantom V Fold. (Dok. mobile-phantom)
Techno Phantom V Fold. (Dok. mobile-phantom)

Pabrikan satu ini terhitung sebagai pemain baru di industri HP. Kendati begitu, Techno percaya diri merilis seri Phantom V Fold yang turut meramaikan pasar HP layar lipat.

HP ini memiliki layar utama 7,85 inci dan layar sekunder LTPO 6,42 inci. Tingkat kecerahannya sampai 1100 nits dan sudah dilindungi Gorilla Glass Victus.

Techno Phanton V Fold juga mengusung tiga kamera yang masing-masing beresolusi 50MP (utama), 50MP (telefoto), dan 13MP (ultrawide).

Motorola Razr

Motorola Razr 2022. (Dok. Motorola)
Foto: Motorola Razr 2022. (Dok. Motorola)
Motorola Razr 2022. (Dok. Motorola)

Seri Motorola Razr menjadi ikonik saat pertama kali dirilis pada 2004 lalu. HP ini menjadi salah satu perangkat lipat paling populer di era 2000-an.

Tahun 2023, Motorola mengonfirmasi akan membawa seri Razr layar lipat untuk unjuk gigi dan meramaikan kompetisi. Yang membedakan dari HP layar lipat lainnya adalah kemampuan layar Razr yang bisa bengkok tanpa adanya lekukan (hinge).

Menurut CEO Lenovo, Yuanqing Yang, Motorola Razr akan hadir tahun ini, namun belum menyebut spesifikasinya secara detil. Ia hanya berharap pasar HP lipat akan berkembang sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

“Ketika teknologi ini sudah matang, harganya juga bisa turun dan memicu minat pasar yang lebih banyak,” kata dia, dikutip dari CNBC International, Senin (6/3/2023).

iPhone Lipat

Apple Foldable Phone Concept. (Tangakapan Layar Youtube #ios beta news)
Foto: Apple Foldable Phone Concept. (Tangakapan Layar Youtube #ios beta news)
Apple Foldable Phone Concept. (Tangakapan Layar Youtube #ios beta news)

Kabar soal iPhone layar lipat sebenarnya sudah terendus sejak beberapa tahun silam. Namun, tahun 2023 ini kabarnya semakin santer terdengar.

Beberapa foto konsep iPhone layar lipat pun sudah berseliweran di internet. Menurut tipster kawakan Ming-Chi Kuo, iPhone layar lipat pertama akan mengusung layar jumbo 8 inci. Namun, laporan lainnya mengatakan iPhone tersebut akan pakai tampilan LG berukuran 7,5 inci.

Selain itu, iPhone ini juga digadang-gadang bakal punya fitur ‘Touch Bar’ yang sebelumnya diperkenalkan pada lini MacBook Pro. Selain itu, ada pula laporan yang menyebut layar lipat iPhone bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Masih sangat terbatas kabar soal HP ini. Kehadirannya pun masih diperdebatkan, antara tahun ini atau 2024 mendatang. Kita tunggu saja.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *