Pengalaman Fotografi Seru dengan Kamera Samsung Galaxy A31


Berita Teknologi – Galaxy A31 adalah smartphone mid-range Samsung yang dirilis pada awal Mei 2020 di Indonesia. Ponsel ini hadir dalam dua varian memori, yakni RAM 6 GB atau 8 GB dengan harga jual di angka Rp 3 jutaan.

Samsung Galaxy A31 dibekali dengan sejumlah fitur andalan. Di antaranya adalah pengaturan empat kamera yang canggih di belakang dan satu sensor besar untuk swafoto di depan, baterai berkapasitas jumbo dengan pengisian cepat, RAM hingga 8 GB, dan layar Super AMOLED yang super cerah.

Fotografi Seru dengan Galaxy A31

Bagi yang hobi fotografi, Samsung Galaxy A31 adalah rekomendasi yang bagus untuk dipilih. Pengaturan kameranya tergolong canggih untuk pengalaman fotografi yang seru dan menyenangkan.

Kamera utamanya adalah sensor 48 MP Quad Bayer yang dapat diandalkan dalam banyak kesempatan. Kamera ini memiliki bukaan f/2.0 serta PDAF. Lalu ada pembidik ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang menjadi kamera sekundernya.

Kamera ketiga dan keempat masing-masing berukuran 5 MP dan memiliki bukaan f/2.4. Modul 5 MP pertama adalah kamera makro yang dapat digunakan untuk foto jarak dekat atau close-up. Sedangkan modul 5 MP yang keempat adalah sensor kedalaman untuk menghasilkan efek bokeh pada foto.

Keempat kamera tersebut terbilang bagus untuk pengalaman fotografi sehari-hari, terutama bagi mereka yang menyukai fotografi potret dan close-up. Sementara itu, kamera depannya yang berupa sensor besar 20 MP siap menjadi teman baik pecinta swafoto dan swafoto video.

Kamera Utama 48 MP

Sensor yang digunakan sebagai unit kamera utama Galaxy A31 adalah Samsung ISOCELL S5KGM2. Menurut Samsung, sensor ISOCELL S5KGM2 hadir dengan teknologi Tetracell khusus yang menggabungkan empat piksel 0,8um yang saling berdekatan untuk bertindak sebagai piksel 1,6um tunggal. Ini meningkatkan sensitivitas cahaya dari sensor gambar hingga empat kali lipat sehingga ideal saat mengambil gambar 12 MP yang terang di malam hari atau di dalam ruangan.

Sementara saat berada di area yang cukup terang seperti di luar ruangan, sensor tersebut menggunakan algoritme Remosaic untuk mengatur ulang warna pada larik filter warna ke pola RGB Bayer untuk mengambil foto 48 MP yang sangat detail. Lalu ada teknologi ISOCELL Plus yang memungkinkan sensor mengemas 48 juta piksel 0,8um dalam sensor kecil 1/2,25” dan menghasilkan gambar dengan ketepatan warna dan kualitas tinggi.

Ada banyak pengalaman fotografi menarik yang bisa kamu lakukan dengan kamera Samsung Galaxy A31. Salah satu yang populer di kalangan pecinta fotografi modern adalah mirror photography (fotografi cermin atau refleksi). Di sini kamu hanya perlu menggunakan mode 48 MP untuk menghasilkan foto refleksi yang keren.

Bagi yang belum mengenal apa itu fotografi cermin, ini adalah teknik mengambil foto menggunakan permukaan reflektif untuk menciptakan gema artistik dari sebuah pemandangan. Secara teknis, lensa apa pun akan berfungsi untuk fotografi refleksi, dan di sini A31 bisa menjadi medium yang dapat diandalkan untuk melakukannya.

Nah, bagi yang ingin mencoba melakukan fotografi cermin dengan Galaxy A31, berikut adalah tips yang bisa diaplikasikan dengan mudah.

  • Mulai dengan menyiapkan cermin apa saja yang berbentuk persegi atau persegi panjang.
  • Lalu hias cermin tersebut dengan unik dan estetik. Ini bisa menghemat uang hingga jutaan rupiah daripada membeli cermin hias yang sudah jadi.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan. Untuk hasil yang bagus, pilih spot yang terang dan gunakan latar belakang yang polos.
  • Gunakan kamera utama Galaxy A31 yang memiliki lensa sudut lebar agar kamu dapat menangkap lebih banyak gambar.

Fotografi Potret dan Close-up

Bagi yang hobi melakukan fotografi potret dan close-up, kamera Samsung Galaxy A31 juga bisa menjadi alat yang bagus untuk melakukannya. Seperti yang telah disebutkan di atas, HP ini membawa sepasang kamera 5 MP yang berupa lensa makro dan sensor kedalaman. Kedua kamera ini bisa dikatakan menawarkan performa yang bagus di bidangnya masing-masing.

Untuk bidikan potret, sensor kedalaman Galaxy A31 bekerja dengan baik dalam mengumpulkan informasi untuk menghasilkan bidikan tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur Live Focus Samsung untuk mengambil foto potret dengan mudah. Fitur ini memungkinkanmu untuk menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang sehingga subjek terlihat menonjol.

Selain itu, kamu juga mengubah suasana foto dengan Live Focus. Bahkan setelah mengambil foto, kamu tetap bisa menyesuaikan kembali keburaman hingga menemukan pengaturan yang ideal. Kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk mempelajari cara menggunakan Live Focus di Galaxy A31.

  • Dari halaman aplikasi. Ketuk “Camera
  • Pilih fitur “Live Focus” pada layar Preview kamera
  • Geser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur penyesuaian tingkat blur pada latar belakang subjek tertentu
  • Ketuk icon Camera untuk memulai mengambil gambar
  • Pilih Foto yang sudah diambil sebelumnya, dengan fitur “Live Focus
  • Ketuk “Adjust Background Blur” untuk mengatur tingkat Blur latar belakang foto
  • Geser kekiri atau kekanan untuk mengatur tingkat blur pada latar belakang foto
  • Ketuk tanda “Checklist” untuk menyimpan hasilnya

Lalu bagaimana dengan foto close-up? Foto ini diambil dengan menggunakan lensa makro. Kamera makro Galaxy A31 dan jajarannya (Galaxy A71, A51, atau A21) mampu menangkap bidikan close-up yang menakjubkan, menonjolkan detail ultra halus dan menerapkan keburaman latar belakang alami untuk membantu menonjolkan subjek yang diambil.

Mengambil foto close-up dengan Galaxy A31 bukanlah hal yang sulit, namun membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan jarak dari subjek dengan tepat. Kamu bisa mengikuti panduan ini untuk mengambil foto close-up dengan Galaxy A31.

  • Dari halaman aplikasi. Ketuk “Camera
  • Geser pada mode kamera lalu pilih “More
  • Ketuk mode “Macro
  • Pastikan subjek yang hendak difoto berada dalam jarak 3-5 cm
  • Sesuaikan skala untuk menambah atau mengurangi jumlah cahaya yang ditangkap dalam bidikan. Kemudian ketuk tombol ambil untuk mengambil bidikan makro.
  • Setelah kamu berhasil mengambil bidikan, kamu akan dapat melihat hasilnya di dalam Galeri.

Nah, itulah beberapa pengalaman fotografi seru menggunakan kamera Galaxy A31. Kamu juga bisa menggunakan kamera depannya yang bersensor besar untuk swafoto dan swafoto video yang menakjubkan.

Lebih dari itu, Samsung Galaxy A31 tidak hanya bagus untuk kegiatan fotografi saja. Namun kamu juga bisa mengandalkannya untuk hiburan lain, salah satunya adalah menonton pada layarnya yang berkualitas tinggi. Siap melakukan banyak keseruan dengan Galaxy A31?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *