Inilah 3 Cara Membuat Website Untuk Bisnis Dengan Mudah


Wikimedan – Jika Anda hendak membangun sebuah bisnis, maka salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah website atau situs web. Karena saat ini kita hidup di zaman di mana orang-orang akan googling terlebih dahulu sebelum siap membeli barang yang mereka inginkan, maka kalau Anda tidak memiliki website berarti Anda kehilangan bisnis Anda.

Dengan website, Anda menyediakan peluang bagi pelanggan untuk mengidentifikasi siapa Anda dan apakah mereka ingin membelanjakan uang dengan Anda. Dengan website pula, Anda memiliki kesempatan besar untuk melebarkan sayap bisnis Anda dengan cepat tanpa kehilangan banyak waktu dan biaya.

Cara Membuat Website untuk Bisnis

Saat ini banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah website. Anda bisa menggunakan cara gratisan atau berbayar untuk website yang lebih profesional. Jika memilih yang gratisan, kami menyarankan layanan dari Google yang bernama Google Site dan Google Bisnisku. Sedangkan untuk yang berbayar, Anda dapat menggunakan layanan WordPress atau jasa pembuatan website

1. Google Site

Google Site adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk membangun sebuah website pribadi maupun bisnis dengan mudah. Syaratnya juga sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu memiliki akun Google. Untuk membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di komputer, buka peramban lalu pergi ke alamat sites.google.com/new.
  • Di bagian atas, di bawah “Start a new site,” pilih template.
  • Di kiri atas, masukkan nama situs Anda dan tekan Enter.
  • Tambahkan konten ke situs Anda.
  • Di kanan atas, klik Publish untuk memublikasikan perubahan yang Anda buat.

Setelah berhasil membuat, Anda bisa melakukan perubahan sesuai keinginan, termasuk mengganti nama website, menambahkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan, menambahkan peta, menambahkan tombol, dan lain sebagainya. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah karena UI yang nyaman.

Jika Anda menginginkan tahap yang lebih maju dengan Google Sites, Anda dapat menggunakan layanan ini dengan akun G Suite untuk membuat website berkualitas tinggi tanpa perlu keahlian pemrograman. Tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya untuk ini.

2. Google Bisnisku

Google Bisnisku bukan lagi hal asing di telinga pebisnis saat ini. Layanan ini juga dapat diakses secara gratis. Dengan Google Bisnisku, Anda dapat membuat lokasi bisnis Anda terdaftar di Google Search dan Google Maps. Dengan demikian, pelanggan bisa menemukan toko atau kantor bisnis Anda dengan mudah. Berikut adalah cara membuat website dengan Google Bisnisku.

  • Di komputer, buka peramban lalu pergi ke alamat google.com/intl/id_id/business/.
  • Masuk menggunakan akun Google, atau buat akun. Lalu klik Berikutnya.
  • Masukkan alamat bisnis atau jaringan Anda. Lalu klik Berikutnya.
  • Pilih bagaimana bisnis Anda akan ditampilkan di Google Maps.
  • Telusuri dan pilih kategori bisnis. Lalu klik Berikutnya.
  • Masukkan nomor telepon atau URL situs (kalau sudah punya website), lalu klik Selesai.
  • Lalu pilih opsi verifikasi agar lokasi bisnis Anda muncul di Google Search dan Google Maps.
  • Setelah selesai, klik menu Website untuk membuat website dan buat beberapa perubahan sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai, Anda dapat mempublikasikan website Anda.

Selain melalui komputer, Anda dapat mengelola Google Bisnisku melalui aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. Silahkan baca ketentuan dan bantuan Google Bisnisku untuk kemudahan dan kenyamanan mendaftarkan bisnis Anda.

3. WordPress

WordPress bisa dikatakan sebagai mesin pembuat website. Menurut data, sekitar sepertiga website di dunia dibuat dengan WordPress, sehingga Anda juga bisa menjadi salah satu penggunanya.

Anda tidak memerlukan keahlian pemrograman untuk membangun website dengan WordPress karena platform ini sudah dibuat untuk hal tersebut. Meskipun demikian, pengalaman blogging tetap diperlukan untuk mengurangi kebingungan saat menggunakan WordPress.

WordPress ada dua macam, yaitu WordPress.org dan WordPress.com yang bekerja layaknya Blogger. Untuk pembuatan website bisnis, kami menyarakankan untuk menggunakan WordPress.org karena menawarkan fitur yang lebih lengkap.

WordPress.org memang gratis, namun Anda tidak dapat menggunakannya tanpa berlangganan hosting dan domain sendiri. Jadi, untuk memulainya Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya “kontrakan” dengan penyedia layanan hosting dan domain. Setelah itu Anda baru bisa membuat website dengan mudah menggunakan WordPress.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *