Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Note 7

Makin ke sini, merk HP Infinix semakin menunjukkan kebolehannya dengan menghadirkan produk-produk smartphone berkualitas yang ramah di kantong. Inilah Infinix Note 7, sebuah penerus dari Infinix Note 6 yang hadir dengan berbagai perkembangan pada spesifikasinya.

Series Infinix Note 7 hadir dengan dua varian – reguler dan Lite. Keduanya sama-sama mampu memberikan penawaran yang menggiurkan pada pengguna, meski terdapat beberapa perbedaan di beberapa sektor. Anda bisa membaca artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 Lite untuk mencari tahu lebih lanjut.

Varian yang akan dibahas sekarang tentunya yang varian reguler. Meskipun Infinix Note 7 masuk ke dalam pasar segmen harga murah, Anda dijamin akan terkesima dengan beberapa fakta dari HP ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 yang wajib diketahui sebelum Anda membelinya.

Spesifikasi Infinix Note 7

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,95 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Infinix Note 7

Meski Infinix sangat lekat dengan stigma HP terjangkau, Infinix Note 7 bukanlah produk isapan jempol belaka. Setidaknya ada 8 kelebihan Infinix Note 7 yang layak diketahui, yakni sebagai berikut.

1. Hadir dengan Dual Stereo Speakers

dual speaker infinix note 7

Di zaman ketika YouTube, Netflix, dan drama Korea semakin marak, muda-mudi senantiasa menggunakan HP-nya untuk melepas penat dengan menonton film kesukaan mereka. Oleh karena itu, Infinix Note 7 dihadirkan dengan fitur suara yang dapat memaksimalkan immersion untuk penggunanya.

Yap, Infinix Note 7 sudah dihadirkan dengan dua speaker stereo yang terletak pada atas dan bawah bodi. Kedua speaker ini juga memiliki dukungan pengolah suara DTS untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan lantang. Sehingga, instrumen atau efek suara pada lagu, film, dan game dapat terdengar dengan jelas dan seimbang.

2. Baterai Jumbo dengan Fast Charging

infinix note 7 battery

Seperti yang Anda ketahui, baterai selalu menjadi faktor yang diincar semua orang. Umumnya orang mengasosiasikan harga HP yang murah dengan ketahanan baterai yang kurang baik, tapi tidak dengan Infinix Note 7. Meski memasuki segmen harga entry-level, Anda sudah dapat menikmati kapasitas baterai sebesar 5000 mAh.

Tidak hanya itu saja, baterainya yang besar ini bisa dicas hanya dengan waktu yang sebentar berkat fitur 18W Super Charge 3.0 yang diusungnya. Sebuah video YouTube dari PhoneYear mengatakan bahwa Infinix Note 7 dapat dicas hingga full hanya dalam waktu 2 jam 25 menit saja.

Di video yang sama, dikatakan bahwa baterai Infinix Note 7 mampu bertahan saat menjalankan video 1080p tanpa henti selama 13 jam 25 menit, dengan kondisi pencahayaan di 50% dan volume suara 100%. Pada kondisi tes yang lain, HP Infinix Note 7 hanya kehilangan 48% dari keseluruhan isi baterai saat dipakai beragam aplikasi sosial media selama 4 jam, menggunakan koneksi 4G.

Ini merupakan sebuah prestasi yang cukup mengagumkan bagi HP murah seperti Infinix Note 7. Ternyata untuk bisa mendapatkan durasi pemakaian yang bagus pada HP, Anda tidak perlu membeli HP premium karena Infinix Note 7 sudah mampu mewujudkannya untuk Anda.

3. Desain Bodi yang Memukau

desain bodi infinix note 7

Infinix merupakan salah satu merk HP budget yang selalu memerhatikan unsur tampilan bodi pada setiap produknya. Hal ini bisa dibuktikan dengan desain bodi Infinix Note 7 yang stylish dan elegan.

Terdapat tiga varian warna yang terlihat kece, yakni Forest Green, Aether Black, dan Bolivia Blue. Masing-masing dari varian ini mengusung desain bodi belakang yang nampak seperti potongan berlian dan terdapat modul kamera berbentuk lingkaran – semuanya dikemas secara baik untuk menghasilkan tampilan yang berestetika tinggi.

Kebanyakan HP memiliki desain kamera belakang vertikal memanjang atau kotak. Itulah mengapa desain kamera HP ini merupakan sebuah angin segar bagi Anda yang ingin terlihat beda.

4. Layar yang Sangat Lega

layar infinix note 7

Bisa dibilang, layar adalah komponen paling utama dari sebuah HP. Sebagian orang menyukai dimensi layar yang besar karena hal ini dapat memberikan pengalaman menonton dan bermain game yang lebih sinematis. Untuk Infinix Note 7 sendiri, dimensi layarnya tergolong yang paling besar di antara para kompetitornya, yakni 6,9 inci.

Layarnya yang besar ini juga semakin didukung oleh desain Infinity-O yang memuat punch hole kamera depan di pojok kiri atas. Sehingga, jika biasanya ada bezel atau bingkai untuk menampung lensa depan pada desain HP keluaran lama, Infinix Note 7 sama sekali tidak memiliki bezel, kecuali pada bagian bawah layar.

Selain luas, layar ini juga mampu menghasilkan tampilan HD+ yang memanjakan mata, dibalut dengan tingkat maksimal pencahayaan yang mencapai angka 480 nit. Dijamin, Anda akan mampu menikmati pengalaman menonton yang mengasyikkan dengan Infinix Note 7.

5. Performa Gaming Tergolong Baik

performa infinix note 7

Tidak semua orang menggunakan HP untuk bermain game. Tapi, untuk bisa mengetahui kinerja dari dapur pacu sebuah HP dengan mudah, Anda tinggal perlu lihat seberapa baik chipset yang digunakan meng-handle game berat seperti PUBG Mobile.

Untungnya, Infinix Note 7 merupakan HP dengan performa gaming yang tergolong baik untuk HP sekelasnya. Hadir dengan chipset Mediatek Helio G70 yang dibalut pengolah grafis Mali-G52 2EEMC2, Infinix Note 7 mampu melahap PUBG Mobile pada pengaturan HD dan High.

Pada video YouTube yang diunggah Super Mobile Fans dan PhoneWorld, HP ini tidak menampilkan lag ataupun stutter yang signifikan. Malahan, dari keseluruhan sesi gaming, Anda akan merasakan frame rate yang stabil di angka 30 fps. Bagi Anda yang menginginkan HP dengan performa bagus tapi tidak terlalu mahal, Infinix Note 7 sungguh layak dipertimbangkan.

6. Memiliki Port Audio 3,5 mm Jack

35 jack audio port infinix note 7

Ini dia fitur yang kerap kali hilang pada keluaran HP terbaru, terutama pada kelas premium. Ya, audio 3,5 mm jack yang pada umumnya hadir di semua HP, kini mulai dihilangkan karena berbagai alasan.

Contohnya, produsen HP ingin konsumen mengeluarkan biaya lebih untuk membeli headset Bluetooth. Beberapa merk juga melakukannya demi menghasilkan desain bodi HP yang lebih bersih dan lebih ramping.

Meski begitu, bagi sebagian orang, headset kabel tetaplah lebih unggul ketimbang wireless karena kualitas suara tidak akan berkurang akibat dari koneksi “jarak jauh” antara headset dan perangkat. Anda pun tidak perlu repot mengecas headset berkali-kali. Inilah salah satu keunggulan Infinix Note 7 yang 100% kompatibel dengan headset ataupun speaker 3,5 mm yang Anda punya.

7. Quad Camera

quad camera infinix note 7

Sepertinya sudah mulai sulit menemukan HP yang tidak dibekali dengan fitur quad camera. Mulai dari jajaran HP termurah dan termahal, fungsi empat kamera ini semakin marak supaya pengguna bisa menghasilkan foto dengan mode yang bervariasi.

Untuk Infinix Note 7 sendiri, ia hadir dengan lensa utama beresolusi 48 MP (wide), lensa 2 MP (makro), lensa 2 MP (kedalaman), dan terakhir lensa 2 MP (kamera video khusus).

Meski banyak HP memiliki konfigurasi empat kamera, kualitas hasil foto tentu saja beragam pada masing-masing perangkat. Infinix Note 7 adalah salah satu HP terjangkau dengan kinerja fotografi yang tidak boleh diremehkan. Saat menu kamera dibuka, Anda langsung dapat melihat beragam mode yang bisa dipilih seperti slow motionshort video, AI Cam, beauty, bokeh, dan lain-lain.

Dalam mode standar, Anda bisa mengambil gambar dengan resolusi 12 MP. Pada mode ini, Infinix Note 7 mampu menjaga keutuhan detil objek serta memperlihatkan kontras warna secara natural. Terdapat toggle untuk mengaktifkan mode 48 MP sehingga Anda bisa mengambil foto dengan resolusi yang jauh lebih tinggi – yang tentunya juga mampu menangkap detil yang lebih baik.

Sementara itu, kameranya pun mampu merekam video 1080p dengan kecepatan 30 fps. Fitur kamera ini juga hadir dengan bantuan peranti lunak untuk menstabilkan kamera agar tidak terlalu goyang saat merekam. Secara keseluruhan, Infinix Note 7 sungguh menyuguhkan kemampuan kamera yang layak untuk HP sekelasnya.

8. Hadir dengan Fingerprint Scanner dan Face Unlock

fingerprint infinix note 7

Seiring perkembangan waktu, produsen HP sudah mulai banyak mencari cara untuk mengaplikasikan metode membuka kunci layar yang cepat dan aman. Kini, sudah marak fitur pemindai sidik jari pada beragam HP dari segmen harga manapun, termasuk pada Infinix Note 7.

Umumnya fitur sidik jari terletak pada punggung bodi (rear-mounted) atau di dalam lapisan layar (in-display fingerprint). Namun, Infinix Note 7 adalah satu dari segelintir HP yang mengusung side-mounted fingerprint scanner – terletak pada tombol power di samping kanan bodi.

Bagi sebagian orang, posisi pemindai sidik jari ini sebuah keunggulan. Soalnya, kita tentu sudah terbiasa menempelkan jempol kanan pada tombol power secara natural. Jadi tidak perlu mengerahkan upaya untuk membiasakan jari menekan sensor pemindai.

Selain sensor pemindai sidik jari, Anda juga bisa membuka kunci layar menggunakan fitur Face Unlock yang semakin membuat HP ini terasa praktis. Tertarik?

Kekurangan Infinix Note 7

Beberapa kelebihan yang ditawarkan Infinix Note 7 memang terbilang mengesankan, namun HP ini bukanlah tanpa cela. Anda perlu memerhatikan beberapa kekurangan Infinix Note 7 berikut ini agar tidak salah dalam membeli.

1. Masih Menggunakan Micro USB 2.0

infinix note 7 microusb

Ada dua jenis port yang paling sering umum digunakan untuk mengecas HP atau mentransfer data – microUSB dan USB tipe-C. Koneksi USB tipe-C adalah tipe port yang sekarang lebih banyak dicari karena bisa dicolokkan pada HP dengan mudah.

Ujung dari microUSB berbentuk trapesium sehingga Anda harus memerhatikan bagian bawah dan atas agar bisa masuk ke lubang HP. Berbeda dengan USB tipe-C yang reversible – ujung kabel akan mudah terhubung dengan lubang karena bentuknya yang simetris.

Itu mengapa agak disayangkan Infinix Note 7 hanya dihadirkan dengan tipe koneksi microUSB yang notabene memiliki tingkat kecepatan transfer data yang lebih buruk ketimbang USB tipe-C.

2. Tidak Memiliki Fitur NFC

infinix note 7 tanpa nfc

Meski fitur NFC lekat dengan stigma HP mahal, nyatanya sudah banyak HP murah yang dibekali dengan fitur berguna ini. Bagi yang belum tahu, NFC adalah singkatan dari Near Field Communication yang sesuai namanya, mampu mentransferkan file antar dua HP dengan cepat. Selain itu, NFC juga bisa dipakai untuk melakukan transaksi pada mesin digital dan mengisi saldo pada kartu eMoney serta kartu eToll.

Nyatanya, fitur NFC ini tidak dapat ditemukan pada Infinix Note 7. Hal ini bisa menjadi deal-breaker bagi Anda yang hidup di kota metropolitan dan sering bepergian keluar kota menggunakan jalan tol.

Simpulan

Rupanya Infinix Note 7 memiliki berbagai kelebihan yang sulit disaingi HP lain di pasar yang sama. Baterai berkapasitas 5000 mAh yang dimilikinya sangat layak menemani Anda beraktivitas seharian penuh. Selain itu, layarnya yang besar dan desain bodinya yang memukau akan membuat Anda pede membawanya ke mana-mana.

Sayangnya, Infinix Note 7 masih menggunakan colokan kabel microUSB – sebuah koneksi yang terbilang obsolete di zaman yang sudah serba pakai USB tipe-C. Anda juga harus rela kehilangan fitur NFC yang akan memudahkan hidup Anda.

Semua kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 tadi sama-sama memiliki merit dan Anda perlu menimbang keduanya dengan matang agar bisa yakin pada keputusan yang Anda buat. Jadi, setelah membaca kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 tadi, apakah Anda memutuskan untuk membelinya? Jika iya, klik di sini untuk melihat harganya.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply