Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad Pro


Wikimedan – Huawei MatePad Pro adalah tablet Huawei yang dirilis secara global pada bulan Desember 2019. Beberapa bulan kemudian, tepatnya tanggal 5 Mei 2020, Huawei secara resmi membawa produknya ini ke Indonesia dengan harga Rp 11 jutaan untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Jika menilik harganya, tablet ini jelas tidak ditujukan bagi konsumen menengah ke bawah. Lalu, apakah worth it membeli tablet Huawei MatePad Pro sementara Anda memiliki pilihan dari brand lain yang mungkin menawarkan spesifikasi yang lebih baik?

Di bawah ini Carisinyal akan mengupas beberapa kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad Pro dari kacamata pratinjau kami. Sebelumnya cek dulu spesifikasi Huawei MatePad Pro di bawah ini.

Spesifikasi Huawei MatePad Pro

  • Rilis: Mei 2020 (Indonesia)
  • Layar: IPS LCD 10,8 inci
  • Chipset: Kirin 990
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: Memori Nano hingga 256 GB
  • Kamera Belakang:  13 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 7250 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei MatePad Pro

Dengan harga jual yang cukup tinggi, apa saja yang menjadi kelebihan Huawei MatePad Pro dibandingkan produk kompetitor? Berikut adalah beberapa poin yang kami dapatkan.

1. Perangkat Keras Kelas Atas

Bagi banyak pecinta gadget di Indonesia, produk yang dijual di atas Rp 10 juta, baik itu ponsel maupun tablet sudah seharusnya menawarkan spesifikasi perangkat keras unggulan. Jika tidak, mungkin sulit bagi mereka untuk mempertimbangkan produk tersebut masuk ke dalam daftar keinginan mereka.

Di sini, Huawei MatePad Pro menjawabnya dengan menyertakan prosesor Kirin 990 8-inti dan GPU Mali-G76 16-inti yang disandingkan dengan RAM 6 GB. Selain itu, tablet ini juga dibekali dengan neural processing unit (NPU) yang secara cerdas mengalokasikan daya komputasi sambil meningkatkan kinerja AI.

Parameter-parameter ini membuat Huawei MatePad Pro menjadi salah satu tablet Android unggulan di pasaran. Dengan dapur pacu yang powerful, Anda dapat mengandalkan tablet ini untuk menunjang banyak pekerjaan dengan lancar, mulai dari produktivitas hingga kreativitas.

2. Tampilan yang Memuaskan

Untuk memberikan pengalaman visual yang hebat, Huawei MatePad Pro juga hadir dengan tampilan yang menakjubkan. Ia menampilkan layar IPS FullView 10,8 inci yang menawarkan reproduksi warna yang lumayan jika dibandingkan dengan layar OLED. Dengan resolusi tinggi 2560 x 1600 piksel, layar tablet ini mampu menampilkan gambar yang sangat tajam, yang sangat bagus untuk melihat foto atau video yang didukung.

Tampilan Huawei MatePad Pro juga memuaskan pandangan karena memiliki bezel yang tipis dan rasio layar-ke-bodi yang diklaim mencapai 90%. Sementara itu, gamut warna tingkat sinematik DCI-P3 dan kecerahan 540 nit-nya membuat setiap detail gelap atau cerah terlihat jelas. Tak lupa, layarnya juga disertifikasi oleh TÜV Rheinland, yang secara signifikan mengurangi cahaya biru untuk melindungi kesehatan mata Anda.

3. Fitur Pengisian yang Sangat Memadai

Huawei MatePad Pro adalah salah satu yang terbaik dalam hal fitur pengisian di dunia tablet Android. Baterainya yang berkapasitas besar tidak hanya mendukung pengisian cepat 40W saja (dalam paket penjualan di Indonesia hanya pengisi daya 20W), tetapi juga mendukung metode pengisian nirkabel cepat 15W dan pengisian balik nirkabel 7,5W yang menjadi nilai plus tersendiri untuk sebuah tablet. Secara keseluruhan, sulit untuk menemukan tablet Android lain dengan lebih banyak fitur yang berfokus pada baterai seperti MatePad Pro.

Huawei mengklaim kalau baterai MatePad Pro mampu bertahan hingga 12 jam pemakaian normal untuk satu kali pengisian penuh. Mereka juga menyebutkan kemampuan pengisi daya 20W-nya, di mana tablet dapat digunakan selama 3 jam dengan pengisian daya hanya 30 menit. Sementara itu, Anda dapat mengisi M Pencil (nama stylus Huawei) secara nirkabel hingga penuh dalam waktu satu jam saja.

4. Mendukung Stylus Khusus

Layaknya iPad Pro, Huawei MatePad Pro juga hadir dengan stylus khusus yang diberi nama M Pencil. Pensil magnetis dengan 4.096 Levels of Pressure Sensitivity ini tidak hanya berfungsi untuk mencatat saja, tetapi juga untuk membuat sketsa, lukisan digital dan desain grafis, dan manipulasi foto. Cukup tempelkan M Pencil di atas Huawei MatePad Pro untuk mengisi ulang dayanya secara praktis. Kabar baiknya, M Pencil bisa Anda dapatkan secara gratis bersamaan dengan papan ketik dalam paket penjualan MatePad Pro di toko resmi Huawei di sejumlah marketplace.

5. Suara Menggelegar

Bagi sebuah tablet, dapur pacu yang cepat dan tampilan yang hebat akan terasa hambar tanpa audio yang berkualitas. Maka dari itu, untuk memberikan pengalaman audio visual yang hebat, Huawei MatePad Pro hadir dengan setelan speaker Harman Kardon yang terkenal hebat di industri ponsel pintar dan tablet.

Terdapat sistem suara quad-channel dan quad-speaker dalam MatePad Pro yang mampu mengeluarkan suara yang bagus, jernih dan keras. Lebih dari itu, lima mikrofon melingkar yang memungkinkan pembatalan bising 360° memastikan suara Anda dapat didengar dengan jelas dan keras.

6. Desain Premium

Sebagai produk unggulan, Huawei MatePad Pro memang sudah seharusnya tampil stylish dan premium. Menurut kami, tablet ini dirancang dengan baik dengan desain menyerupai iPad Pro, membuatnya menyenangkan untuk digunakan. Di sisi lain, bobotnya tidak terlalu berat untuk dipegang namun kokoh. Secara keseluruhan, kami menyukai desain MatePad Pro yang berkelas dan tampak mewah. Rasio layar-ke-bodi yang tinggi pada tampilan depannya juga menjadi kelebihan lain dari desain tablet ini.

7. Menawarkan Mode PC

Pengguna perangkat premium Samsung pasti akrab dengan Samsung DeX untuk menghubungkan perangkat dengan komputer desktop atau monitor external secara nirkabel. Ini membantu pengguna meningkat produktivitas mereka dengan nyaman. Di sini Huawei juga menawarkan pengalaman yang hampir serupa kepada pengguna MatePad Pro untuk mengalihkan perangkat ini ke Mode PC hanya dengan satu sentuhan. Hal ini didukung oleh papan ketik eksternal yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dalam paket penjualan Huawei MatePad Pro di toko online resmi Huawei.

Kekurangan Huawei MatePad Pro

Setelah membahas beberapa kelebihan Huawei MatePad Pro, sekarang saatnya untuk berbicara mengenai kekurangannya.

1. Kurang Seru Tanpa Layanan Google

Bagi yang mengikuti perkembangan teknologi pasti mengetahui alasan dibalik Huawei tidak bisa menggunakan layanan Google dalam ponsel pintar dan tablet baru mereka. Layanan Google bisa dikatakan sebagai salah satu inti dari sistem operasi Android yang digunakan mayoritas ponsel dan tablet di dunia, termasuk MatePad Pro. Dengan demikian, tidak adanya layanan Google berarti banyak keseruan yang tidak bisa dinikmati.

Secara perangkat keras Huawei MatePad Pro adalah perangkat yang kuat, namun rapuh dari sisi perangkat lunak. Meski Huawei telah menyediakan opsi layanan mandiri, namun itu belum mampu menyaingi layanan Google yang telah tumbuh sangat besar. Jika ini masalah besar bagi Anda, sebaiknya Anda memilih tablet lain dengan kemampuan setara namun mendukung ekosistem aplikasi yang luas dan kompatibel.

2. Speakernya Bagus, Tapi…

Meskipun suara dari speaker Huawei MatePad Pro bisa terdengar sangat keras, namun suaranya datar tanpa peduli pada tingkat mana Anda menyetel volumenya. Pemosisian di samping juga berarti Anda memblokir speaker saat Anda memegangnya secara horizontal. Jika menurut Anda hal ini termasuk kekurangan, sebaiknya Anda mempertimbangkan tablet lain dengan suara yang lebih baik.

3. Kamera Depan Canggung

Alih-alih menempatkan sensor kamera depan di tengah, Huawei MatePad Pro menempatkannya di sisi layaknya sebuah ponsel pintar. Menurut kami, ini bisa membuat canggung pengguna yang hendak menggunakannya untuk swafoto atau untuk konferensi video. Huawei mungkin memiliki alasan tersendiri yang tidak kami ketahui, namun tetap saja menurut kami ini bukan opsi yang tepat untuk sebuah tablet.

Simpulan

Secara keseluruhan, kami memandang Huawei MatePad Pro adalah tablet Android yang hebat yang siap bersaing dengan kompetitor-kompetitornya. Bahkan ada yang menyebut kalau produk ini adalah iPad Pro killer karena menawarkan kemampuan yang hampir setara namun dengan harga jual yang lebih terjangkau.

Akan tetapi, absennya layanan Google membuat taring tablet ini berkurang, sehingga menjadi kurang menarik bagi sebagian orang. Pengguna yang sudah sangat akrab dengan layanan-layanan Google bahkan bisa sulit menerima Huawei MatePad Pro. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik membeli tablet ini untuk menunjang produktivitas Anda?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *