Ini Penjelasan Fitur Channel Muncul di WhatsApp

Wikimedan – Ini Penjelasan Fitur Channel Muncul di WhatsApp. WhatsApp baru saja mengumumkan fitur baru bernama Saluran atau Channel. Fitur itu berisi sejumlah kanal yang bisa diikuti pengguna dan berisi berbagai postingan di dalamnya.

Pengguna bisa bebas mengikuti Saluran apapun yang diinginkan. Daftar Channel yang sudah tersedia bisa dilihat melalui tab Updates, bersama fitur Status.

“Saluran bisa ditemukan, ada search di situ. Ada ikon mencari saluran yang ingin diikuti dan bisa juga ditemukan berdasarkan fitur filter,” kata Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh dalam Press Briefing, pada Rabu (13/9/2023).

Esther menjelaskan Saluran merupakan fitur berbasis persetujuan dan opsional. Jadi pengguna bisa memilih mau mengikuti atau tidak sebuah kanal dalam akunnya.

Setelah mengikuti Saluran tertentu, postingan terbaru juga bisa dilihat dalam tab Updates. Pengguna bisa melihat lebih lengkap dengan menekan postingan tersebut.

Pasang Iklan Disini

Semua postingan disajikan berdasarkan kronologis waktu diunggah. Pengikut Saluran tidak bisa mengomentari konten apapun, namun hanya bisa memberikan reaksi emoji di tiap unggahan.

Caranya dengan menekan postingan yang diinginkan. Berikutnya emoji akan muncul di bagian atas unggahan dan pilih salah satunya.

“Memberikan kemampuan organisasi atau individu melakukan siaran satu arah. Bisa update informasi atau konten ke follower yang memilih untuk mengikuti saluran,” kata Esther.

Untuk periode awal ini, mereka yang memiliki Saluran merupakan mitra tertentu dengan akun terverifikasi. Seiring berjalannya waktu akan dipertimbangkan pihak lain membuat Channel.

Fitur ini tidak didukung keamanan end-to-end encryption, teknologi yang populer digunakan dalam pesan pribadi di dalam WhatsApp. Namun, Esther menjelaskan Saluran memiliki Channel Guidelines untuk kenyamanan dan keamanan pengguna.

“Konten Saluran dilindungi Channel Guideline. Kalau melanggar guideline dan melanggar ketentuan WhatsApp secara umum, WhatsApp bisa secara proaktif mengetahui pelanggaran tersebut. Tujuannya menjaga keamanan dan kenyamanan dari pengguna,” jelas dia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *