Ini Fasilitas KRL Premium, dari Wifi Hingga Pembatasan Penumpang

Daftar Indodax

Wikimedan – Mulai pertengahan tahun depan, penumpang Commuter Line atau KRL akan memiliki pilihan untuk menggunakan moda transportasi berbasis rel itu. Karena PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan meluncurkan KRL Premium.

Direktur Pemasaran dan Operasional PT KCI Sobakir, mengatakan ada beberapa fasilitas yang diberikan jika penumpang menggunakan jasa KRL Premium ini. Seperti wifi, tidak semua stasiun berhenti, kapasitas angkut hanya 125 persen, serta menggunakan jalur kreta luar biasa (KLB).

“Ada beberapa fasilitas yang didapat penumpang, salah satunya kapasitas angkutnya hanya 125 persen, kalau sekarang kan tidak dibatasi. Seat-nya itu dimasukan ke posisi tiket kalau sudah habis 125 persen ya tidak bisa lagi. Beda dengan KRL masuk terus,” kata Sobakir, Jumat (21/12).

Ia menambahkan KRL premium ini sebagai tambahan layanan kepada masyarakat. Dirinya mengklaim tidak semata-mata untuk mengambil keuntungan. Sehingga penumpang memiliki pilihan untuk menggunakan jasa KRL.

“Ini sebagai tambahan layanan saja. Tidak semata-mata mengambil pendapatan. Jadi memberikan pelayanan tambahan saja. Ini juga tidak akan mendapatkan PSO (public service obligation),” katanya.

Seperti diketahui, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai 2019 akan mengoperasikan Commuter Line kelas Premium. Penumpang pun memiliki pilihan untuk menggunakan angkutan umum berbasis rel ini.

Diberi nama premium lantara harga dan fasilitas yang ditawarkan pun berbeda dengan KRL reguler. Untuk tiket dibanderol hingga Rp 20 ribu untuk satu kali perjalanan. 

Harga berbanding jauh bila membandingkan tarif KRL regular yang dikenaikan tarif Rp 3.000, setelah mendapatkan public service obligation (PSO) atau subsidi. 

Direktur Pemasaran dan Operasional PT KCI Sobakir mengatakan, rencananya Commuter Line kelas Premium ini akan dioperasikan pada pertengah tahun depan. Sebelumnya akan dilakukam uji coba terlebih dahulu. 

“Untuk tiketnya yah mudah-mudahan tidak lebih dari Rp 20.000,” kata Sobakir, Jumat (21/12).

(rgm/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *