Ini Dia Kiat Memilih Lembaga Pinjaman Online Terbaik Bunga Rendah

Daftar Indodax

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya belakangan ini cukup marak keberadaan dari fintech atau lembaga pemberi pinjaman secara online. Bahkan ada lebih dari 10 fintech yang menawarkan produk pinjaman mereka secara mudah lewat aplikasi, dimana untuk pengajuannya sendiri dapat dilakukan secara mudah. Namun memang tidak semuanya termasuk pinjaman online terbaik bunga rendah. Tidak hanya satu atau dua kasus debitur yang dirugikan karena mengambil produk pinjaman online sembarangan.

Biasanya mereka dikenai dengan bunga yang begitu besar, bahkan membuat biaya atau hutang yang harus dikembalikan jumlahnya begitu besar. Bahkan nominalnya bisa berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah uang yang dipinjam. Jika tidak mampu untuk melunasi hutang tersebut maka ancamannya sendiri juga jelas. Yaitu penyebaran informasi pribadi, bisa juga nantinya pihak fintech tersebut nantinya akan memberikan ancaman, kekerasan secara verbal juga akan membuat psikis menjadi terguncang bukan.

Untuk itu penting sekali dalam memilih lembaga keuangan online atau fintech yang terpercaya dan menawarkan bunga rendah. Bagaimana caranya?, berikut ini yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Survey terlebih dahulu, artinya jangan hanya terpaku pada satu fintech, melainkan ada baiknya bagi Anda untuk survey. Membanding-bandingkan antara satu lembaga dengan yang lainnya, sehingga nantinya bisa menemukan manakah yang menawarkan suku bunga paling rendah dibandingkan dengan yang lain, sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Karena bagaimanapun tidak semua fintech memberikan bunga tinggi, masih ada juga diantaranya yang menerapkan bunga bersaing.
  2. Cermati penerapan bunganya apakah harian atau bulanan, ada yang menerapkan perhitungan bunga harian, namun juga ada yang dihitung bulanan. Biasanya yang memberlakukan sistem perhitungan harian ini maka bunganya lebih tinggi. hendaknya Anda mengkalkulasikannya terlebih dahulu.
  3. Cek simulasi kreditnya, jangan lupa untuk mengecek simulasi kredit, cara ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar uang pinjaman yang harus Anda bayarkan setelah ditambah dengan bunga. Begitu juga dengan nilai cicilan rutin yang harus dibayarkan setelah dibagi dengan tenor atau jangka waktu pelunasan. Umumnya di setiap aplikasi atau situs fintech tersebut telah dilengkapi dengan kalkulator simulasi ini, sehingga akan mempermudah Anda dalam mengeceknya.
  4. Perhatikan biaya-biaya tambah yang disertakan, faktanya tak hanya bunga saja yang menjadi biaya tambah dalam mengajukan kredit atau pinjaman online ini. Melainkan juga ada biaya lain yang ikut menyertai, seperti diantaranya adalah provisi, biaya administrasi sampai dengan denda jika seandainya Anda tidak sanggup di dalam melunasi hutang tersebut tepat pada waktunya. Maka akan diberi denda yang perhitungannya bisa setiap hari atau bulan.
  5. Pastikan lembaga tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, setiap regulasi perusahaan yang ada di Indonesia semuanya diawasi oleh OJK. Jika seandainya fintech tersebut belum terdaftar dalam OJK maka patut untuk diperhitungkan kembali untuk menggunakannya ataukah tidak. Karena artinya mereka belum memenuhi standard keamanan, sehingga masih belum terdaftar oleh OJK.

 

Susah-susah gampang memang mendapatkan lembaga pinjaman online terbaik bunga rendah di Indonesia. Apalagi sekarang ini makin banyak lembaga fintech yang juga menawarkan produknya. Carilah yang memang sudah terpercaya dan terjamin keamanannya. Pastikan juga jangan berlebihan di dalam mengajukan pinjaman, karena semakin tinggi nominal yang Anda pinjam, maka berdampak pada semakin tinggi bunga yang harus dibayarkan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *