Ini Alternatif Pengganti Paypal Jika Terjadi Pemblokiran Lagi

Wikimedan.com – Ini Alternatif Pengganti Paypal Jika Terjadi Pemblokiran Lagi. Semenjak pandemi makin banyak orang yang mendapatkan pekerjaan dari luar negeri (remote) meski secara fisik tetap berada di Tanah Air. Orang-orang ini biasa menggunakan PayPal untuk menerima gaji mereka.

Sayangnya, Paypal sempat masuk dalam 7 platform yang diblokir Kominfo karena tidak mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) hingga waktu yang telah ditentukan. Namun layanan tersebut memang bisa diakses sementara selama lima hari hingga Jumat (5/8/2022).

Paypal merupakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang melayani pengguna untuk mengelola dan memindahkan yang. Dalam laman resminya, perusahaan menjelaskan layanannya menawarkan pilihan dan fleksibilitas saat mengirim pembayaran, membayar, atau menerima pembayaran.

Paypal tersedia di 200 pasar dunia, dan menerima lebih dari 100 mata uang, menarik dana dalam 56 mata uang dan menyimpan saldo dalam akun untuk 25 mata uang.

Pada Kamis (4/8/2022), Paypal diketahui telah mendaftar ke Kominfo atas nama perusahaan Paypal PTE Ltd. Untuk sektornya, tertulis sebagai Sektor Keuangan.

Namun ada platform serupa yang bisa digunakan jika Paypal diblokir kembali.

Berikut beberapa di antaranya dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022):

 

1. Doku

Doku merupakan layanan pembayaran di Indonesia yang melayani pembayaran, menerima pembayaran, hingga transfer dana. Doku menghadirkan empat produk payment gateway, transfer services, c-commerce, dan QRIS.

Salah satu yang ditawarkan layanan ini adalah bisa menggunakan link pembayaran mengacu pada produk yang dijual penggunanya. Dengan begitu memudahkan akses dan bisa diakses lewat aplikasi chat.

Selain itu Doku juga memiliki fitur transfer dari luar negeri. Layanan lain adalah Doku Wallet untuk transaksi secara online.

2. Xendit

Layanan payment gateway ini juga bisa jadi alternatif Paypal. Xendit menawarkan pilihan integrasi seperti payment link, integrasi e-Commerce atau API.

Terdapat layanan terima pembayaran, yang salah satunya untuk terima berbagai metode pembayaran baik lokal maupun internasional. Selain itu juga bisa mengirimkan uang hingga refund.

3. Midtrans

Midtrans merupakan layanan keuangan yang menjadi bagian dari GoTo Financial. Salah satu yang ditawarkan adalah layanan pembayaran.

Midtrans memiliki hingga 24 metode pembayaran, mulai dari kredit/debit, ATM/bank transfer hingga e-wallet.

Selain itu juga bisa mengirimkan dan pencairan dana. Midtrans juga memiliki layanan untuk mengirimkan uang ke banyak penerima.

4. Flip

Sama seperti layanan lainnya, Flip juga memiliki beberapa layanan keuangan seperti transfer beda bank, top-up wallet, hingga mengirimkan uang ke luar negeri.

Selain itu pengguna Flip dapat melakukan pembayaran dari tagihan listrik, beli token, isi pulsa dan paket data.

5. Wise

Perusahaan teknologi finansial asal Inggris ini juga menawarkan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Pengiriman uang itu memiliki dua layanan yakni same day transfer atau instant money transfer.

Selain itu Wise juga punya fitur multi-currency account dan juga pengiriman uang dalam jumlah besar. Perusahaan menghadirkan layanan untuk mengirimkan uang lebih mudah dan murah pada perbankan selain itu juga dengan nilai tukar riil tanpa biaya yang disembunyikan.

Wise juga menerima pembayaran seperti lokal dalam 10 mata uang. Selain itu juga dapat melakukan konversi dan menahan 53 mata uang.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *