Ikan Bergigi Mirip Manusia Ditemukan Pemancing di AS, Kelihatannya Seram tapi Bisa Dimakan

Daftar Indodax

Ikan Bergigi Mirip Manusia Ditemukan Pemancing di AS, Kelihatannya Seram tapi Bisa Dimakan. Apa yang akan kalian pikirkan saat mendengar kata ikan? Sebuah hewan air dengan gigi tajam sebagai pemangsa karnivor dan beberapa ikan bergigi halus sebagai herbivor. Lalu, apakah kalian pernah melihat seekor ikan dengan gigi geraham bak manusia? Hmm, apa mungkin ada?

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan hadirnya ikan yang memiliki gigi geraham bak manusia. Lengkap di bagian depan, atas, dan bawah, serta beberapa di bagian dalam yang tersusun rapi bak garis lurus. Mungkinkah itu hanya sebuah rekayasa visual atau sebuah temuan nyata yang langka? Berikut ulasan lebih lanjutnya.

Ikan bergigi manusia ditemukan di Amerika  Serikat

Pada Selasa (3/8/21), sebuah akun Facebook Jennette’s Pier (tempat pemancingan ikan di Nag’s Head, North California) tampak mengunggah foto seorang pria bernama Nathan Martin, seorang pemancing yang kerap kali datang berkunjung. Setelah ditampilkan dari jarak dekat, ikan tersebut menunjukkan gigi yang sama persis dengan gigi manusia. Unggahan tersebut menjadi viral dengan tagar #bigtheethbigtimes.

Pengunjung yang datang di lokasi pemancingan pun geger dengan munculnya ikan tersebut. Ikan inj diketahui bernama sheephead dengan berat mencapai 4,5 kg. Disebut sheephead karena bagian mulut ikan menyerupai mulut kambing. Ikan tersebut juga mendapat julukan ikan penjara, karena garis hitam putih di tubuhnya yang lebih mirip seragam tahanan di AS.

Sudah pernah ditemukan

Penemuan ikan bergigi manusia ternyata bukan kali pertamanya. Nelayan Rusia bernama Alex Korobov (50) mengatakan jika dirinya pernah menangkap ikan dengan gigi manusia di Sungai Northern Dvina pada tahun 2014 lalu.

Sheephead ternyata disebut spesies laut yang umun ditemukan di Amerika Utara, tepatnya terbentang dari Cape Cod, Massachusetts, Teluk Meksiko, Nova Scotia, hingga Brasil. Ia termasuk dalam jenis ikan tawar yang bernama latin archosargus probatocephalus. Ikan ini biasanya berada di habitat pesisir sekitar tumpukan batu, terumbu karang, dermaga, dan hutan bakau. Sheephead bisa tumbuh hingga 91 cm dan berat mencapai 9,6 kilo dan bertahan hidup hingga usia 20 tahun.

Aman untuk dikonsumsi

Meski terlihat aneh dan mengerikan bagi sebagian orang, sheephead ternyata aman untuk dikonsumsi. Nathan Martin sendiri mengatakan jika ikan ini memiliki rasa yang enak. Pasalnya, sheephead merupakan jenis ikan yang suka hidup di air bersih. Saat menemukan air yang tercemar, ia kan pergi dan memilih air yang lebih bersih.

Dilansir dari laman Scientific American, ikan Sheephead merupakan ikan yang umumnya aman dikonsumsi atau tak menimbulkan gangguan pada tubuh. Sangat berbeda dengan keluarganya yang bernama salema porgy (sarpa salpa) yang disebut dreamfish. Disebut begitu arena beberapa kali ditemukan menjadi penyebab halusinasi dan mimpi buruk yang mengerikan.

Nah, sudah gak ngeri lagi kan jika mendengar ikan bergigi manusia. Bukannya aneh, sheephead justru terlihat lucu dan menggemaskan dengan gigi manusia yang tertata rapi. Bahkan, bisa dikonsumsi!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *