Gara-gara Vinales, Joan Mir Kesal Gagal Menang di MotoGP Styria

Daftar Indodax

Berita MotoGP: Rider Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, tak memungkiri bahwa ia kesal dan kecewa dengan sikap Maverick Vinales yang telah membuat peluangnya memenangi balapan MotoGP pertamanya sirna.

Joan Mir tampil sangat unggul dan mendominasi MotoGP Styria di Red Bull Ring, Minggu (23/8/2020).

Mir bahkan unggul lebih dari 1 detik atas rival terdekatnya, Jack Miller (Pramac Ducati) yang berada di posisi kedua.

Namun, peluang besarnya untuk meraih kemenangan perlahan sirna setelah balapan harus diulang akibat berkibarnya red flag. Hal ini menyusul insiden yang dialami Maverick Vinales saat balapan menyisakan 12 lap lagi.

Vinales yang mengalami masalah pada sistem pengereman motornya memilih untuk menjatuhkan diri saat kuda besinya tengah melaju dalam kecepatan 230 km/jam.

Ia beruntung bisa selamat dari celaka, namun motor YZR-M1 yang dia kendarai menabrak pembatas sirkuit dan langsung terbakar. Race steward lantas mengibarkan bendera merah untuk menghentikan sementara balapan.

Setelah start ulang, Joan Mir mulai kehilangan ritme balapnya meski memimpin selama beberapa lap. Alhasil, perlahan Mir disalip para rivalnya hingga harus puas finis di posisi ke-4.

Hasil inilah yang kemudian membuat Mir merasa kesal dan marah dengan keputusan Vinales. Menurut Joan Mir, Vinales sebetulnya bisa saja keluar balapan lebih awal, tanpa mengganggu jalannya lomba.

Berdasarkan argumen inilah, Mir pun meminta pengurus FIM untuk menyelidiki tindakan Vinales pada balapan MotoGP Styria 2020.

“Saya mendengar Maverick mengalami masalah sejak lap keempat dan seterusnya,” tutur Mir seperti dikutip dari The Race.

Vinales memang sempat tertangkap kamera melambaikan tangan saat balapan berlangsung. Gestur seperti ini biasanya menandakan bahwa ada masalah dengan motor yang dikendarai sang pebalap.

Alih-alih berhenti, Vinales justru tetap melanjutkan balapan meski sudah terlempar dari urutan 10 besar.

“Tindakan tersebut adalah perilaku yang tidak bertanggung jawab karena membahayakan semua pembalap lainnya. Biasanya ketika ada pembalap yang menyebabkan bendera merah, mereka akan diselidiki. Saya berharap akan ada penyelidikan atas tindakannya,” tegas Mir.

Artikel Tag: joan mir, Maverick Vinales, MotoGP Styria

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *