EURUSD Terus Stabil, Menunggu Data Produksi Industri Eropa

Wikimedan.com – Pasangan mata uang EURUSD hari ini tidak menampilkan kinerja yang begitu jelas. Kondisi yang berkepanjangan memaksa pasangan untuk kembali menuju ke titik penutupan hari Jumat pekan lalu di sekitar 1,1844. Sebelumnya pada pekan lalu EURUSD mengalami pergerakan yang juga tidak begitu jelas naik dan turun. Namun pada saat penutupan, justru membentuk sebuah candlestick Doji yang menggambarkan bahwa pasar sedang berhati-hati dan penuh keraguan.

Euro hari ini tetap bergerak dalam kondisi yang stabil di sekitar nilai tukar 1,17533 sampai 1,1918. Semenetara itu ahli analisa dari Goldman Sachs yakin bahwa pasangan sedang berada pada posisi yang sangat baik untuk mengambil keuntungan di tengah pelemahan greenback.

Memang selama enam bulan terakhir,  indeks Dolar AS mengalami pelemahan yang sangat ekstrim sekali. Menurut bank investasi tersebut, nilai yang wajar pada EURUSD sebenarnya berada di kisaran nilai tukar 1,30. Sayangnya itu tidak terjadi dan Euro hari ini tetap bergerak di sekitar 1,70 sampai 1,190.

Mungkin selanjutnya para pelaku pasar dan investor akan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan di sekitar Dolar AS. Mengingat pada pekan ini hari Rabu, bank sentral AS akan melangsungkan pertemuan kebijakan moneternya.

Sebelumnya pada bulan kemarin, The Fed memberikan pernyataan kebijakan sesuai dengan apa yang diharapkan mengenai inflasi. Para pelaku pasar dan investor memprediksi The Fed tidak akan berubah banyak dibandingkan bulan sebelumnya. Inflasi akan tetap tinggi sebelum suku bunga dinaikkan oleh The Fed.

Dari sisi Euro hari ini, rilis data mengenai produksi sektor industri kawasan Euro menjadi fokus para investor. Data itu diprediksi akan mengalami kenaikan 10% lebih baik dari sebelumnya di 9,1%. Jika hal itu bisa terjadi, maka EURUSD bisa mencatatkan kenaikan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *