Dunia Pewayangan Berduka, Dalang Legendaris Indonesia Ki Manteb Meninggal Dunia

Daftar Indodax

Dunia Pewayangan Berduka, Dalang Legendaris Indonesia Ki Manteb Meninggal Dunia – Kabar duka datang dari dunia pewayangan Indonesia, dalang legendaris Ki Manteb Soedharsono baru saja berpulang menghadap Yang Maha Kuasa. Ki Manteb sendiri saat ini berusia 72 tahun. Pria yang lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, ini merupakan dalang terkenal yang dijuluki ‘Dalang Setan’ oleh para penggemarnya. Hal itu berkat kepiawaian dan kecepatannya dalam memaikan wayang, khususnya adegan perang.

Sebagai pelopor kesenian tradisional pewayangan dan seni musik modern, nama Ki Manteb memang sangat dikenal luas. Tak hanya melakukan pentas pewayangan, Ki Manteb juga sering menjadi bintang iklan nasional. Meninggalnya idola dunia pewayangan ini juga menjadi duka tersendiri. Berikut ini adalah beberapa fakta meninggalnya Ki Manteb.

Positif Covid-19

Beberapa hari sebelum meninggal, diketahui Ki Manteb sempat pergi ke Jakarta bersama istri, anak dan juga supirnya. Setelah kembali pun, Ki Manteb masih sempat pentas wayang yang dilakukan secara streaming. Karena kelelahan dan kondisi yang sudah sepuh, Ki Manteb jatuh sakit dan sempat memanggil dokter ke rumah. Setelah diperiksa dan dites antigen, baru diketahui jika Ki Manteb positif Covid-19.

Isolasi mandiri karena RS penuh

Sesaat setelah dinyatakan positif Covid-19, sebenarnya kerabat ingin segera membawa Ki Manteb ke rumah sakit. Namun sayangnya rumah sakit penuh. Ki Manteb pun hanya bisa dirawat dan melakukan isolasi mandiri di rumah, diinfus dan dipasang oksigen. Ade Irawan, keponakan Ki Manteb, menjelaskan jika sebenarnya Ki Manteb sempat akan dibawa ke rumah sakit setelah mendapat kabar jika ada RS yang sudah menerima pasien, namun sayangnya Ki Manteb lebih dulu berpulang sebelum sempat dibawa ke rumah sakit.

Punya riwayat paru-paru

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, diketahui jika Ki Manteb juga memiliki riwayat penyakit paru-paru. Anak dan supir Ki Manteb sendiri juga sempat dites antigen dan dinyatakan negatif, sedangkan hasil tes istrinya positif Covid-19. Pihak keluarga, bahkan bupati sepuh Sragen juga sudah berupaya memberikan penanganan medis terbaik, dengan meminta perawat dan dokter untuk menangani Ki Manteb. Namun ternyata takdir berkehendak lain, kondisi Ki Manteb makin turun dan akhirnya meninggal dunia.

Pemakaman sesuai prosedur di makam keluarga

Jenazah Ki Manteb sendiri dimakamkan di pemakaman keluarga di Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya sendiri tak jauh dari kediaman beliau. Karena meninggal dalam kondisi positif Covid-19, Ki Manteb pun dimakamkan sesuai protokol Covid-19. Hal itu diperlihatkan dari live streaming salah satu media Indonesia. Live tersebut disaksikan oleh ribuan netizen yang juga penggemar Ki Manteb. Tak sedikit yang menyampaikan rasa duka kepergian Ki Manteb di kolom komentar.

Meninggalnya Ki Manteb merupakan duka dunia pewayangan. Semoga dilapangkan kubur dan diterima segala amal ibadahnya. Dan semoga meninggalnya Ki Manteb, tidak menyurutkan ketenaran dunia wayang di Indonesia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *