Dolar Australia Mengabaikan IHP Positif, Risk Off Membebani AUDUSD

Daftar Indodax

Dolar Australia Mengabaikan IHP Positif, Risk Off Membebani AUDUSD. Dolar Australia turun lagi terhadap Dolar AS di sesi Asia hari Jumat (29/1). Pasangan AUDUSD sepertinya telah gagal memberikan respon yang positif atas rilis data inflasi pabrik Aussie yang mengesankan. Pasangan tetap terjun menuju ke titik paling rendah dalam pergerakan harian di sekitar nilai tukar 0,7664. Salah satu alasan yang mungkin melatarbelakangi aksi bearish ini adalah arah risiko yang cenderung melemah.

Risk Off Membebani AUDUSD

Beberapa jam sebelumnya, Australia merilis data mengenai indeks harga produsen dengan hasil kenaikan yang baik menuju 0,5%. Data ini secara otomatis jauh lebih baik dari prediksi awal di 0,1% dan laporan sebelumnya yang berada di 0,4%. Sementara itu data dalam hitungan tahunan juga mengalami perbaikan sampai ke -0,1% dari harapan awal suram di -0,7%.

Sementara dari sisi lain Dolar Australia turun dihubungkan dengan adanya aksi pasar yang cenderung tenang. Salah satu penyebabnya adalah pembatasan saham bagi para pedagang eceran yang memicu turunnya kepercayaan beberapa waktu ini. Setelah peristiwa pada Gamestop, banyak dari pialang yang menghentikan penawaran beberapa saham.

Ada beberapa dukungan yang berpeluang membatasi aksi penurunan AUDUSD saat ini. Diantaranya seperti laporan dari Novavax yang mengatakan vaksinnya efektif sampai 89,3% pada uji klinis tahap ketiga. Diklaim juga bahwa vaksin buatan mereka efektif melawan varian baru yang meluas di Inggris. Sayangnya tidak efektif untuk varian baru di Afrika Selatan.

Dilansir dari Bloomberg, risiko cukup berat ketika Menteri keuangan AS yaitu Yellen menyarankan nilai tukar Dolar AS yang lebih rendah yang bisa memicu aksi perang mata uang. Kemudian beban lain yang bisa membawa Dolar Australia turun lebih dalam lagi adalah ketidakpastian dana bantuan AS. Lalu konflik yang terjadi antara AS dan China juga memanas kembali.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *