Dibanggakan Kim Jong Un, Inilah Air Koryo Si Maskapai Korut yang Malah Dipandang Remeh Dunia

Daftar Indodax

Dibanggakan Kim Jong Un, Inilah Air Koryo Si Maskapai Korut yang Malah Dipandang Remeh Dunia. Korea Utara memang terkenal negara yang tertutup, oleh sebab itu banyak yang menganggapnya terbelakang. Mulai dari keadaan kota hingga teknologi yang dianggap sangat ketinggalan zaman dengan negara lainnya. Oleh sebab itu, jarang sekali orang yang mau datang ke sana, selain karena takut dengan ketatnya peraturan yang ada Korut.

Nah pertanyaanya, apakah benar Korut benar-benar terbelakang seperti yang banyak orang pikirkan? Ternyata tidak, sejatinya juga banyak teknologi dan bisnis maju yang ada di sana, mungkin jarang kamu dengar. Salah satunya adalah adanya Air Koryo, si maskapai kebanggaan Kim Jong Un. Lalu seperti apa maskapai itu? Simak ulasan berikut.

Maskapai andalan oppa Kim malah dihujat dunia

Jika menganggap Korea Utara adalah negara yang sangat udik, maka kamu telah salah. Buktinya negara ini punya maskapai sendiri yang diandalkan oleh oppa Kim Jong Un. Dilansir dari laman Liputan6, dialah Air Koryo, maskapai yang mungkin bagi orang asing jarang didengar.

Lantaran negara ini hanya membuka penerbangan dari beberapa negara seperti Rusia, RRC dan Macau. Air Koryo sendiri ternyata sudah didirikan sejak 1955 dan telah memiliki 15 pesawat komersil buatan Rusia. Namun sayangnya, maskapai yang dibanggakan pemimpin agung Korut ini ternyata malah sempat jadi hujatan oleh dunia.

Rating yang buruk membuat Air Koryo jarang dipandang

Salah satu alasan mengapa dunia memandang Air Koryo sebelah mata adalah karena rating yang disematkan padanya. Seperti yang dilansir laman CNBC, Skytrax hanya memberikan satu bintang untuk maskapai ini. Keadaan yang tidak nyaman, hiburan berupa koran dan musik yang penuh propaganda, membuatnya dianggap jelek oleh dunia.

Bagi orang non-Korut pastinya akan merasa penat jika berada di dalam pesawat ini. Sebagai tambahan informasi, jangan harap kamu akan melihat penyanyi atau artis Korea Selatan saat mendegarkan lagu di pesawat ini. Pasalnya, Kim Kong Un hanya akan memutarkan video klip dari Moranbong, girlband asal Korea Utara.

Sering kecelakaan namun tak ada maut

Lantaran dinilai sebagai maskapai dengan rating buruk, wajar kalau fasilitas yang ada di sana dianggap sangat tak layak. Jadi wajar kalau kecelakaan bisa saja terjadi baik karena human error hingga teknis. Dilansir dari laman Kumparan, salah satu pesawatnya ternyata sempat mengalami 10 kali kecelakaan dan dua diantarnya dianggap fatal.

Hingga akhirnya sejak tahun 2006, Air Koryo tidak lagi diberitakan mengalami kecelakaan. Bisa dibilang maskapai ini telah mulai dalam membenahi dirinya. Entah hal itu dianggap bagus atau tidak, namun yang pasti pesawat ini sering mengalami kecelakaan kecil tapi tak pernah merenggut korban jiwa.

Mulai membenahi diri demi masa depan

Bukan Kim Jong Un kalau tidak belajar dari kesalahan, itu pula yang ternyata di lakukan oleh sang pemimpin agung Korut untuk maskapainya. Dirinya mulai membenahi Air Koryo yang merupakan salah satu penghasil devisa negara. Dilansir dari laman CNBC, perombakan besar dilakukan dengan pengadaan pesawat untuk Air Koryo.

Kini maskapai itu memiliki 64 pesawat yang akan siap mengantar para penumpang menuju atau keluar dari Korut. Oleh sebab itu, Skytrax mengubah status dari yang mulanya Air Koryo mendapatkan bintang satu, menjadi ‘Not Rated’ karena memang masih dilakukan penilaian ulang. Namun situs lain ternyata sempat menilai maskapai ini dengan angka 6/10, bukti kalau Air Koryo sudah mulai berbenah.

Masakpai kesayangan oppa Kim ini bisa dianggap sebagai ujung tombak bagi Korea Utara. Apalagi mengingat kalau negara itu sedang mulai membuka diri, bisa makin banyak devisa yang akan masuk. Jadi wajar kalau Kim Jong Un sampai memperhatikannya supaya bisa maju.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *