Dibanderol 2,6 Juta Rupiah, Inilah Deretan Fitur Unggulan Nokia 5.1 Plus

HMD Global ternyata punya satu produk baru untuk bersaing di ranah smartphone Android kelas menengah di Indonesia. Jika di kisaran harga 3 jutaan rupiah mereka mengandalkan Nokia 6.1 Plus, maka untuk bermain di level 2 jutaan jagoan mereka adalah Nokia 5.1 Plus.

Perlu diketahui bahwa Nokia 5.1 Plus sendiri sesungguhnya sudah resmi dibawah ke Tanah Air sejak akhir 2018 lalu. Namun untuk memperkenalkan lebih jauh seperti apa kecanggihannya, HMD menggelar sesi Media Workshop di Jakarta, Rabu (30/1).

Penasaran? Yuk, langsung saja simak deretan fitur unggulan yang bisa Anda temukan di Nokia 5.1 Plus:

1. Desain layar All-Screen

Jajaran smartphone Nokia selalu hadir dengan kualitas rancang bangun yang amat baik dan solid. Nokia 5.1 Plus pun demikian. HMD mengklaim smartphone dengan bahan metal serta polikarbonat ini telah teruji ketahanannya menghadapi suhu ekstrem maupun benturan.

Desainnya juga elegan dan dimensinya tidak terlalu besar berkat penggunaan layar 5,8 inci HD+. Nokia 5.1 Plus mengusung desain layar all-screen dengan aspect ratio 19:9. Disebut all-screen karena layar memenuhi nyaris seluruh bagian depan smartphone, hingga ke setiap ujungnya.

Nokia 5.1 Plus memiliki ketebalan hanya 8 mm. Dipadukan dengan sudut-sudut yang ergonomis, sensasi yang ditawarkannya ketika digenggam tetap sama seperti Nokia 6.1 Plus, yakni pas dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

2. Helio P60 untuk mendukung gaming

Miranda Warokka selaku Head of Marketing Indonesia for HMD Global menjelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar terbesar di industri game mobile global, apalagi dengan perkembangan multiplayer online battle arenas (MOBA) yang sesuai dengan pasar mereka.

“Kami ingin menghadirkan sebuah smartphone yang tidak hanya memberikan kinerja hebat, pencitraan AI yang cerdas, dan desain kontemporer. Lebih dari itu, kami ingin penggemar Nokia bisa menikmati pengalaman bermain game yang canggih,” ujarnya.

Karena itu, Nokia 5.1 Plus mempercayakan performa kepada chipset MediaTek Helio P60 dengan prosesor octa-core yang diklaim dapat menangani game, video, atau aplikasi multi-tasking dengan mudah.

RAM yang dibenamkan berkapasitas 3 GB, sementara memori internalnya 32 GB. Menurut pemerhati gadget, Lucky Sebastian, kapasitas RAM pada Nokia 5.1 Plus sudah mencukupi karena smartphone tersebut punya fitur yang akan mempelajari kebiasaan penggunanya, dan secara otomatis menutup aplikasi yang jarang dipakai.

3. Android 9.0 Pie murni

Sama seperti smartphone Nokia lainnya, Nokia 5.1 Plus juga termasuk dalam program Android One, sehingga sistem operasi yang dibenamkan di dalamnya merupakan Android murni tanpa modifikasi user interface.

Tidak hanya menjanjikan pengalaman penggunaan yang ringan dan mulus, program Android One juga membuat Nokia 5.1 Plus lebih cepat dalam menerima update OS. Hasilnya, Nokia 5.1 Plus saat ini sudah berjalan dengan OS terbaru, Android 9.0 Pie.

Ada beberapa fitur menarik yang dibawa khusus oleh Android 9.0 Pie. Salah satunya adalah App Actions, fitur eksklusif smartphone Android yang berguna untuk membantu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dengan memperkirakan langkah selanjutnya dan menampilkan tindakan yang tepat di ponsel.

Ada pula fitur-fitur Digital Wellbeing, misalnya Dashboard untuk menyoroti waktu layar dan penggunaan telepon termasuk berapa kali perangkat telah dibuka dan jumlah notifikasi yang diterima, App Timers untuk menetapkan batas waktu penggunaan aplikasi, serta Wind Down dan Do Not Disturb untuk mengatur jadwal harian untuk menyiapkan ponsel Anda saat tidur.

Yang tidak kalah menarik adalah Adaptive Battery, yang juga berperan pada manajemen RAM. Fitur ini menggunakan pembelajaran mendalam untuk memahami pola penggunaan dan memprioritaskan daya baterai pada aplikasi penting, sehingga baterai 3060 mAh bisa dipakai dengan lebih efisien.

4. Kamera belakang ganda dengan fitur bokeh

Beralih ke sektor fotografi, Nokia 5.1 Plus dibekali kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor utama 13 megapixel dam sensor kedua 5 megapixel, lengkap dengan fitur Bokeh dan stabilisasi video elektronik.

Itulah beberapa fitur unggulan dari Nokia 5.1 Plus. Saat ini, Nokia 5.1 Plus sudah dijual di Indonesia dan hadir dalam tiga pilihan warna, antara lain Gloss Black, Gloss White dan Gloss Midnight Blue. Bagi yang berminat, siapkan dana sebesar Rp2.599.000.

SpesifikasiNokia 5.1 Plus
LayarAll-screen 5,8 inci HD+ 19:9
SoCMediaTek Helio P60 Octa-core
RAM3 GB
Memori internal32 GB (ada slot microSD)
Kamera belakang13 megapixel f/2.0 + 5 megapixel
Kamera depan8 megapixel f/2.2
Sistem operasiAndroid 8.1 Oreo (update ke Android 9.0 Pie)
Konektivitas4G LTE, WiFi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, USB Type-C
Baterai3060 mAh
FiturSensor sidik jari

Komentar


Kategori : Berita Teknologi

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *