Deretan Peraih Medali Bulu Tangkis Terbanyak di Olimpiade

Daftar Indodax

Berita Badminton: Dengan Olimpiade Tokyo yang masih satu tahun lagi, Federasi Badminton Dunia telah menunjuk pemain-pemain yang telah memenangkan 3 medali atau lebih di panggung Olimpiade, dan legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei menjadi satu-satunya pemain tunggal dalam daftar.

Sejak debutnya di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992, cabang bulu tangkis telah berpartisipasi dalam total 7 Olimpiade, di mana sebanyak 106 medali (34 emas, 34 perak, 38 perunggu) telah diberikan kepada 130 atlet dari 11 negara.

1. Gao Ling (2 emas, 1 perak dan 1 perunggu)

Gao Ling adalah satu-satunya pemain bulu tangkis yang memenangkan 4 medali Olimpiade dan pemain paling sukses dalam sejarah Olimpiade. Gao Ling dan pasangan ganda campurannya, Zhang Jun melakukan debut mereka di Olimpiade Sydney 2000, dan kemudian berhasil mempertahankan Olimpiade Athena 2004. Dia juga memenangkan medali perak dan satu perunggu dengan Qin Yiyuan dan Huang Sui masing-masing dalam sektor ganda putri.

2. Fu Haifeng (2 emas dan 1 perak)

Fu Haifeng dan Cai Yun bermain di kandang pada final ganda putra Olimpiade Beijing 2008, namun kalah dari Hendra dan Kido asal Indonesia, tetapi Ia berhasil mencicipi medali emas di Olimpiade London 2012, dan Fu Haifeng kemudian berpasangan dengan Zhang Nan di Olimpiade Rio 2016, saat kemudian mempertahankan gelarnya.

3. Zhang Nan (2 emas dan 1 perunggu)

Keberhasilan pertama Zhang Nan di Olimpiade adalah dengan Zhao Yunlei, keduanya memenangkan medali emas di Olimpiade London. Empat tahun kemudian, mereka mengalahkan Xu Chen dan Ma Jin untuk memenangkan medali perunggu di Rio. Zhang Nan juga bekerja sama dengan Fu Haifeng untuk melewati pertempuran sengit selama 70 menit saat mengalahkan kombinasi Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong untuk memenangkan emas ganda putra.

4. Zhao Yunlei (2 emas dan 1 perunggu)

Zhao Yunlei adalah satu-satunya pemain bulutangkis yang memenangkan dua medali emas di Olimpiade yang sama, bersama dengan Zhang Nan dan Tian Qing masing-masing membuat sejarah di Olimpiade London sektor ganda campuran dan ganda putri.

5. Jin Dongwen (2 emas dan 1 perunggu)

Bintang ganda ini sangat populer di Korea Selatan. Dia adalah satu-satunya pemain Korea Selatan yang memegang dua medali emas Olimpiade. Pada tahun 1996, Atlanta dan Ji Yong-a memenangkan kejuaraan ganda campuran. Ganda putra dan Ha Tae Kwon mendominasi di Athena. Di Olimpiade Sydney, ia memenangkan medali perunggu ganda putra.

6. Ji Yongya (1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu)

Bintang ganda ini memenangkan tiga medali Olimpiade dalam berbagai warna. Pada 1992, ia memenangkan medali perunggu di ganda putri bersama Shen Enting. Empat tahun kemudian, ia memenangkan medali perak bersama Zhang Huiyu dan juga memenangkan medali emas ganda campuran dengan Jin Dongwen.

7. Lee Chong Wei (3 perak)

Lee Chong Wei adalah satu-satunya pemain tunggal dalam daftar itu. Dia dikalahkan dua kali oleh lawan terbesarnya, Lin Dan di Olimpiade Beijing dan London. Dia kalah dari Chen Long di final Olimpiade Rio. Dia adalah pemain pertama dalam sejarah yang memenangkan medali perak dalam tiga Olimpiade berturut-turut.

Artikel Tag: zhang nan, Zhou Yunlei, lee chong wei, BWF, olimpiade

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *