Dayana Yastremska Tuai Kontroversi Usai Unggah Foto Ini

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Ukraina, Dayana Yastremska terpaksa menghapus salah satu foto dari akun media sosialnya dan mengeluarkan pernyataan setelah ia dituduh tidak sensitif tentang isu rasial.

Petenis berusia 20 tahun, Yastremska memancing banyak kritikan setelah mengunggah sebuah foto diri dengan pose yang berbeda dan menuliskan ‘kesetaraan’ dalam captionfoto tersebut. Tetapi, foto yang diunggahnya tersebut menuai kontroversi karena ia memperlihatkan dirinya sebagai setengah wanita berkulit putih dan setengah wanita berkulit hitam.

Usai mengunggah foto tersebut, petenis yang telah mengantongi dua gelar Grand Slam, Naomi Osaka menuliskan komentar di unggahan foto tersebut, “Saya tahu kau tidak hanya melakukan wajah berkulit hitam,” dengan menambahkan emoji tengkorak.

Osaka yang ibu berasal dari Jepang dan ayah berasal dari Haiti, secara publik telah menyuarakan dukungannya terhadap gerakan Black Live Matter. Yastremska merespon komentar Osaka dengan emoji seorang yang tengah berdoa.

Yastremska lalu menghapus foto tersebut dari akun Twitter mau pun Instagram tidak lama setelah ia menerima banyak kritikan. Ia bersikeras bahwa ia tidak pernah berniat untuk melakukan serangan terhadap siapa pun.

Melalui Twitter, petenis peringkat 25 dunia, Yastremska pun meminta maaf kepada siapa pun yang merasa tersinggung atas tindakannya.

“Awal hari ini (09/07) saya mengunggah foto yang saya pikir bisa menyebarkan pesan kesetaraan. Hal itu tampaknya tidak terjadi dan telah mengakibatkan kesalahpahaman,” tulis Yastremska.

“Saya telah diperingati tentang dampak negatifnya, tetapi saya tidak – dan sampai saat ini pun tidak – mempertimbangkannya sebagai wajah berkulit hitam.”

“Saya tidak berniat untuk menyindir dengan karikatur, tetapi saya ingin membagikan perasaan saya tentang situasi saat ini. Kita semuanya seharusnya diperlakukan dengan setara. Saya sangat kecewa bahwa pesan saya telah menyebabkan kesalahpahaman. Saya dengan tulus meminta maah kepada semua orang yang merasa tersinggung.”

Artikel Tag: Tenis, Dayana Yastremska, Naomi Osaka

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *