Cermati Beberapa Perbedaan Xiaomi Redmi 9 dan Redmi 9T


Di minggu akhir Februari 2021, hashtag #Redmi9T masuk ke dalam daftar terpopuler di media sosial Twitter. Bukan tanpa sebab, kemunculan tagar tersebut bertepatan dengan perilisan Xiaomi Redmi 9T ke publik. Bisa dibilang, Redmi 9T adalah perangkat yang masuk ke jajaran entry-level dan bernaung di seri 9 pada Xiaomi.

Berbicara seri 9 pada Xiaomi, tentunya tidak asing lagi dengan Redmi 9 yang lahir lebih dulu daripada Redmi 9T. Jika disandingkan, kedua ponsel ini memiliki persamaan dalam aspek layar. Baik Redmi 9 ataupun Redmi 9T diselimuti oleh layar berpanel IPS LCD.

Tidak hanya itu, keduanya telah dibekali dengan teknologi Bluetooth versi 5.0 yang mempunyai jangkauan lebih luas dengan kecepatan komunikasi maksimal 2 Mbps. Lalu, para pengguna dari kedua ponsel ini disuguhkan dengan teknologi NFC (Near Field Communication), salah satu kegunaannya melakukan transaksi secara digital atau nirkabel.

Lantas adakah perbedaan dari kedua ponsel ini? Sebelum mengulik perbedaan apa saja yang ada di antara Xiaomi Redmi 9 dan Redmi 9T, alangkah bagusnya untuk berkenalan lebih dekat lagi dengan membaca spesifikasi dari kedua ponsel pintar tersebut di bawah ini:

Spesifikasi Redmi 9

 

  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 13 MP, 8 MP, 5 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5020 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi Redmi 9T

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 6000 mAh, tidak dapat dilepas

Perbedaan Xiaomi Redmi 9 dan Redmi 9T

Sudahkah kamu menemukan perbedaan dari kedua ponsel dari Xiaomi ini setelah membaca spesifikasinya di atas? Bila kamu masih belum memperoleh gambaran soal perbedaan antara Redmi 9 dengan Redmi 9T, jangan khawatir Wikimedan telah merangkumnya untukmu. Beberapa perbedaannya bisa kamu simak berikut ini:

1. Diferensiasi Minor pada Bodi dan Layar

Dilihat dari fisik kedua ponsel ini sudah terlihat perbedaannya, misalnya bagian cangkang pada Redmi 9T terdapat ukiran “Redmi” secara vertikal yang cukup besar dengan tekstur anti sidik jari berupa garis-garis melingkar atau disebut juga anti-fingerprint texture back, melindungi bagian belakang dari debu atau sidik jari.

Sedangkan, Redmi 9 ternyata sudah lebih awal mengimplementasikan desain anti sidik jari bertekstur garis melingkar pada bagian bodi belakangnya. Akan tetapi untuk tulisan “Redmi” berukuran lebih kecil tertempel secara horizontal di kawasan bawah tengah cangkang. Bagaimana pun kedua ponsel ini berhasil menarik perhatian calon pengguna dengan memunculkan suasana elegan dan kekinian.

Masih di area bodi belakang, Redmi 9 menaruh kamera utamanya di tengah atas memanjang ke bawah lengkap dengan kehadiran sidik jari. Berbeda dengan Redmi 9T menempelkan kamera belakangnya di sisi kiri secara vertikal. Dikarenakan menggunakan konsep side-mounted maka untuk lokasi sidik jari Redmi 9T berada di samping bingkai ponsel.

Pindah ke kawasan depan bodi, tidak ada yang berbeda dari kedua ponsel Xiaomi ini. Bagian depannya kompakan menggunakan konsep water drop atau notch, sehingga kamera selfie-nya diletakkan di tengah atas layar. Bisa dikatakan modelnya agak ketinggalan perkembangan, mengingat sekarang banyak yang beralih ke model punch hole. Namun, untuk kedua ponsel yang masuk ke jajaran pemula hal tersebut bisa dimaklumi.

Kedua ponsel yang dilapisi oleh pelindung Gorilla Glass 3 tersebut rupanya mempunyai perbedaan dimensi. Redmi 9 berdimensi 163.3 x 77 x 9.1 mm, sedangkan dimensi yang dimiliki Redmi 9T lebih kecil yakni  162.3 x 77.3 x 9.6 mm. Sementara, untuk bobot tidak ada masalah, keduanya serasi dengan berat yang ideal yaitu 198 gram.

Satu hal lain yang membedakan soal bodi ialah pengaplikasian konsep Water-repellent coating pada Redmi 9T, yang memungkinkan bodinya mampu menolak air. Sayangnya, konsep anti serap air ini tidak dapat dirasakan oleh pengguna Redmi 9.

Beralih ke tipe layar, baik Redmi 9 maupun Redmi 9T serasi mengenakan panel IPS LCD dengan tingkat kecerahan 400 nits. Begitu pun dengan resolusi layarnya berukuran 1080 x 2340 piksel dan ketajaman layarnya ~395 ppi. Sayangnya, kekompakan pada aspek layar ini harus dirobohkan dengan perbedaan layar-ke-bodi. Redmi 9T digarap dengan layar-ke-bodi yang sedikit lebih besar yaitu ~83,4%, sementara Redmi 9 hanya berjumlah ~83,2%. 

2. Beradu dalam Dapur Pacu

Kedua ponsel ini terlihat rampak dalam urusan sistem operasi, baik Redmi 9 atau Redmi 9T mengusung OS Android 10. Namun, kedua ponsel besutan Xiaomi ini memiliki variasi tampilan antarmuka yang berbeda. Redmi 9 masih menggunakan MIUI 11, sedangkan Redmi 9T mengalami peningkatan dengan menggandeng MIUI 12.

Pada MIUI 12, pengguna akan disuguhkan dengan banyak fitur yang lebih menarik dan terbaru dibandingkan versi sebelumnya. Salah satunya yaitu kemunculan fitur Floating Windows, memungkinkan pengguna Redmi 9T dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup salah satunya.

Redmi 9 menggandeng Mediatek untuk pemakaian chipset Helio G80 dengan fabrikasi 12 nanometer. Lalu, ditunggangi dengan CPU Octa-core terdiri dari 2 inti terbuat dari ARM Cortex A75 yang dapat berlari 2,0 GHz dan 6 inti berasal dari ARM Cortex A55 berukuran 1,8 GHz. Diperkuat dengan unit pemrosesan grafis bernama Mali-G52 MC2.

Lain halnya dengan Redmi 9T yang berkolaborasi dengan perusahaan prosesor Qualcomm melalui chipsetnya yaitu Snapdragon 662 berteknologi fabrikasi 11 nanometer. Perangkat ini didukung oleh Octa-core dengan konfigurasi 4 inti Kryo 260 Gold berkecepatan waktu 2,0 GHz dan 4 inti Kryo 260 Silver dengan clock speed 1,8 GHz. Demi menyuguhkan tampilan grafis yang maksimal, Redmi 9T menyematkan GPU Adreno 610.

Dengan prosesor yang disematkan, Redmi 9 mampu menghidangkan kinerja yang kuat dan stabil, multi-tasking yang mulus, dan pengalaman bermain gim yang baik. Sementara, Redmi 9T mengklaim memberikan kinerja yang tinggi, mencegah dari panas berlebihan, dan memastikan konsumsi daya yang rendah.

3. Selisih Resolusi Kamera

Bagian yang satu ini tidak kalah menarik untuk dibahas dalam perbandingan Redmi 9 dengan Redmi 9T, tidak lain konfigurasi kamera. Diawali dengan kamera depan yang tampaknya harmonis dengan resolusi 8M dan bukaan f/2.1, tapi untuk Redmi 9 dilengkapi dengan fitur HDR yang dapat menghasilkan gambar dengan kontras besar antara warna terang dan gelap.

Berpaling ke kamera utama, kedua ponsel ini memiliki empat lensa tetapi dengan resolusi yang berbeda. Untuk kamera Redmi 9 dibekali dengan lensa wide beresolusi 13 MP, lensa ultrawide berukuran 8 MP, lensa makro 5 MP, dan lensa kedalaman 2 MP, lengkap dengan fitur HDR, panorama, dan LED Flash.

Begitu pun dengan kamera belakang miliki Redmi 9T yang juga didukung dengan fitur LED Flash, panorama, dan HDR. Namun, untuk konfigurasi kameranya mengalami peningkatan yakni 48 MP untuk resolusi lensa wide, 8 MP untuk lensa ultrawide, dan masing-masing 2 MP untuk lensa makro serta lensa kedalaman. Bisa dibilang hasil bidikan Redmi 9T akan lebih jernih dan tajam dibandingkan Redmi 9.

4. Pertikaian Baterai Badak

Rasanya ada yang kurang, jika tidak mengulik soal kapasitas baterai saat mencari perbedaan dari dua buah ponsel pintar seperti antara Redmi 9 dengan Redmi 9T. Di awal kemunculan Redmi 9, tentunya banyak penggemar yang kagum dengan perangkat ini karena telah ditanamkan baterai Li-Po berukuran 5.020 mAh. Diklaim Redmi 9 dapat bertahan dua hari untuk pemakaian media sosial, non-gaming, dan komunikasi sehari-hari.

Namun, rasa kagum itu tak bertahan lama semenjak kehadiran Redmi 9T yang membawa baterai Li-Po berkapasitas badak alias lebih besar yakni 6.000 mAh. Dengan tagline “Jawara Baterai Gede”, memungkinkan Redmi 9T mampu menyala 56 jam untuk waktu menelepon, 195 jam mendengarkan musik, 17 jam memutar video, dan 28 hari dalam situasi stand-by time.

Yang lebih menariknya lagi, kapasitas baterai Redmi 9T ini cukup awet untuk penggunaan waktu yang cukup lama hingga 4 tahun. Hal ini berkat penggunaan teknologi high cycle battery pada baterai jumbonya. Jika berada dalam suhu ruangan, Redmi 9T punya masa baterai yang cukup lama sekitar 25% dibandingkan ponsel pintar lain.

Kedua ponsel ini juga telah disokong dengan teknologi pengisian cepat 18W, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai 100%. Akan tetapi pada Redmi 9T pengguna bisa menikmati fitur pengisian balik atau reverse charging berkecepatan 2.5W, yang memungkinkan pengguna perangkat ini dapat mengisi baterai dari ponsel pintar lain.

5. Konektivitas, Warna, Sensor, dan Harga

Selain perbedaan di atas, Wikimedan juga menemukan beberapa disimilaritas kecil antara Redmi 9 dengan Redmi 9T seperti pada kategori pengeras suara, ruang penyimpanan, konektivitas, sensor, warna, dan harga. Di mulai dari aspek pengeras suara yang ternyata Redmi 9T ditunjang dengan teknologi stereo speaker berukuran 24-bit/192kHz, sehingga ini menciptakan dentuman audio yang lebih baik daripada pengeras suara milik Redmi 9.

Kedua ponsel besutan Xiaomi ini memiliki slot untuk microSDXC, yang digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan. Untuk ruang penyimpanan internal, Redmi 9 hadir dengan campuran RAM dan ROM mulai 3/32 GB, 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB. Berbeda dengan Redmi 9T yang menawarkan RAM dan ROM berkombinasi 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB. Terlihat kalau Redmi 9 memberikan banyak pilihan pada ruang penyimpanannya.

Adapun sistem penyimpanannya yang tidak kompak dari kedua ponsel pintar ini, Redmi 9 masih betah menggunakan teknologi eMMC 5.1. Sedangkan, Redmi 9T telah mengusung teknologi UFS 2.1 untuk ROM 64 Gb dan UFS 2.2 untuk ROM 128 GB. Secara substansial, sistem penyimpanan UFS menawarkan peningkatan proporsi memori berkapasitas tinggi daripada eMMC.

Menyelami soal sensor, kedua ponsel ini telah disusupkan oleh beragam sensor mulai dari sensor akselerometer, kompas, proximity, dan sidik jari. Akan tetapi, pada sensor sidik jari ditemukan perbedaan tata letaknya. Bila Redmi 9 menaruh sidik jarinya di bagian belakang (rear-mounted) cangkang, sementara sidik jari Redmi 9T ditempelkan di sisi bingkai (side-mounted). Penempatan sidik jari di sisi bingkai tentu akan lebih nyaman dan praktis untuk diakses.

Ketidakkompakan juga terlihat pada aspek konektivitas salah satunya fitur navigasi. Pada fitur navigasi Redmi 9 berkolaborasi dengan A-GPS, GLONASS, dan BDS. Sedangkan, Redmi 9T mengangkut A-GPS, GLONASS, BDS, dan menggandeng satu perusahaan navigasi tambahan asal Rusia yaitu GALILEO. Navigasi tambahan ini berbasiskan ruang angkasa dan jumlah satelitnya cukup banyak, ini memungkinkan perangkat dapat mencari lokasi lebih akurat.

Masih mengulik perbedaan Redmi 9 dan Redmi 9T dari kategori konektivitas, tetapi kali ini pada fitur Radio. Redmi 9 menyajikan penggunanya Wireless FM Radio, yang memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan headphone untuk terhubung dengan jaringan Radio. Sementara, pengguna Redmi 9T tampaknya masih harus menggunakan headphone karena sistemnya masih berupa FM Radio.

Peminat Redmi 9 bisa memilih beragam warna mulai dari Carbon Gray, Sunset Purple, Ocean Green, Blue, dan Pink. Sementara, Redmi 9T hadir dengan varian warna Carbon Gray, Twilight Blue, Sunrise Orange, dan Ocean Green. 

Berlanjut pada harga dari kedua ponsel ini yang ternyata punya selisih minim Rp200 ribuan. Untuk Redmi 9 dengan kapasitas 3/32 GB dipatok Rp1,89 juta dan untuk ruang penyimpanan berukuran 4/64 GB dibanderol harga Rp2,05 juta. Sementara, Redmi 9T yang baru saja rilis menawarkan harga sekitar Rp1,8 juta dengan memori 4/64 GB dan kisaran Rp2,3 juta untuk memori 6/128 GB.

Simpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan kalau kedua ponsel pintar dari Xiaomi ini memiliki banyak perbedaan dari berbagai aspek. Perbedaan yang menonjol antara Redmi 9 dengan Redmi 9T terlihat dari kapasitas baterai, konfigurasi kamera, prosesor yang diusung, tampilan fisik, hingga harga yang kiranya terpaut Rp200 ribuan.

Sekarang sudah tahu kan perbedaan antara Redmi 9 dan Redmi 9T? Bila kamu menemukan perbedaan lain dair kedua ponsel ini, coba ceritakan di kolom komentar, ya! Jangan lupa untuk terus ikuti Wikimedan agar kamu mendapatkan informasi terbaru seputar perkembangan dunia teknologi dan gawai.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *